Rekomendasi Aplikasi Edit Lagu Untuk PC Dan Mac

Anda ingin mengedit lagu untuk konten video youtube maupun ig anda? Untuk keperluan ini, banyak aplikasi pengedit lagu yang bisa digunakan.

Lalu, aplikasi edit lagu dan audio apa saja yang bisa anda pakai?

Simak ulasannya berikut ini.

aplikasi edit lagu pc dan mac

Aplikasi Edit audio & lagu Untuk PC Windows

Untuk anda pengguna windows, anda bisa coba memakai aplikasi edit di bawah ini.

1. Audacity

Pertama ada aplikasi edit open source yang populer dan bisa anda unduh secara gratis yaitu audacity. Jika anda masih pemula anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini memiliki desain yang simple dan mudah digunakan meski oleh pemula.

Beberapa fitur yang disediakan aplikasi ini yaitu anda bisa menggabungkan file lagu dan suara, mengekspor rekaman dalam berbagai format, memiliki berbagai efek, support plugin VST, LV2 dan audio unit effect plugin.

Simak : Cara memperkecil ukuran video

2. Mp3 cutter

Selanjutnya ada salah satu aplikasi edit audio dan lagu secara online tanpa perlu mengunduh. Dengan alat ini anda bisa memotong lagu, menghapus bagian audio yang tidak dibutuhkan, tersedia beberapa efek, anda juga bisa mengkonversi file lagu menjadi berbagai format.

Alat ini bisa mendukung berbagai format seperti mp3, m4a, 3gp, mp4 dan masih banyak lagi. Anda bisa mengedit, memotong maupun memberi efek menggunakan alat ini secara gratis dengan mengunjungi situs mp3 cutter.

3. Power sound editor

Selanjutnya ada sebuah aplikasi edit lagu pc gratis khusus untuk windows yaitu power sound editor. Dengan menggunakan software ini anda bisa melakukan mixing dan record. Tidak hanya itu, disini anda bisa menyesuaikan equalizer bawaan lagu, menghasilkan efek gema dan terdapat 25 efek lain yang bisa anda pakai.

Tenang saja, aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga anda akan mudah menjalankannya.

Simak juga : Penyebab Blue Screen

4. Audio Tool

Untuk anda yang memiliki hobi edit sekaligus membuat music aplikasi ini cocok sekali untuk anda coba. Software ini sendiri memudahkan anda dalam melakukan rekaman, memberikan efek, mengedit, memotong dan mengubah equalizer. Anda bisa menggunakan software ini secara gratis dengan tanpa perlu mengunduhnya.

Anda cukup mengunjungi website audio tool untuk mendapat semua fitur yang ditawarkan. Selain itu, di aplikasi ini ada berbagai sampel yang bisa anda dengarkan.

5. Ocenaudio

Selanjutnya ada ocenaudio, sebuah aplikasi edit gratis bagus yang mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Dengan software ini anda dapat memberikan berbagai efek, terdapat fitur real time effect previewing untuk melihat preview dari lagu yang diedit dan mendukung plugin VST.

Aplikasi ini mirip dengan aplikasi audacity namun aplikasi ini memiliki fitur yang lebih sedikit namun dengan tampilan yang lebih mudah digunakan.

6. Adobe Audition

Selanjutnya ada aplikasi edit yang termasuk populer dan patut untuk anda coba yaitu adobe audition. Software ini dapat melakukan rekaman, mixer serta mengedit dan memberikan efek. Tidak hanya itu, software ini juga bisa mengubah format file, mendukung plugin VST serta dapat digunakan di berbagai sistem operasi.

Dengan software ini juga anda dapat mengurangi kebisingan dan memiliki banyak efek, filter dan alat. Namun untuk menikmati fitur tersebut anda perlu membayar sekitar $20 per bulannya.

7. Wavosaur

Selanjutnya ada wavosaur, sebuah software editor lagu gratis yang bisa anda gunakan untuk mengedit, memproses dan merekam. Hampir sama dengan software lain, dengan lt ini anda bisa memotong, menyalin, menempel lagu atau audio. Software ini juga mendukung plugin VST, driver iso dan file wav.

Fitur fitur yang bisa anda gunakan yaitu banyak opsi pemrosesan seperti mute, konversi, memasukkan efek hening, mengubah volume, efek fade in atau fade out, invert atau flip, menghapus vokal, mendukung berbagai format file. anda memasang alat ini di pc windows anda secara gratis.

8. Qtractor

Aplikasi ini merupakan aplikasi edit audio dan pembuat musik populer yang sudah banyak dipakai oleh banyak orang. Beberapa fitur yang disediakan alat ini yaitu multitrack dengan perekaman MIDI, memiliki jumlah trek tak terbatas, anda bisa menggabungkan, menghapus, menempel audio, undo dan redo.

Tidak hanya itu, alat  ini juga mendukung plugin DSSI, Ladspa, VST, LV2 dan plugin lainnya, terdapat efek fade in, fade out, crossfade, fitur rekaman loop dan ekspor file. Aplikasi dapat diunduh untuk anda yang menggunakan sistem operasi linux.

9. MP3 SPLT

Untuk software edit di windows terakhir yaitu ada mp3 splt yang bisa anda gunakan untuk mengedit music secara gratis dan bersifat open source. Software ini memiliki tampilan antarmuka yang mudah digunakan untuk anda yang baru pertama kali memakai aplikasi pengedit audio.

Aplikasi Edit Audio Untuk Mac

Untuk anda yang merupakan pengguna pc dengan sistem operasi Mac, anda bisa coba menggunakan aplikasi edit berikut.

1. Wavepad

Pertama yaitu ada wavepad, perangkat edit lagu yang bisa anda pakai untuk melakukan rekaman dan mengedit music secara gratis. Beberapa fitur yang disediakan alat ini diantaranya yaitu tampilan antar muka yang mudah dipakai, mendukung stereo maupun mono 8, 16, 24 maupun 32.

Tidak hanya itu, software ini juga mendukung berbagai format audio dan musik, dapat menghilangkan kebisingan, bisa mengkonversi file dengan batch, tersedia berbagai efek seperti echo, reverse, reverb, anda juga bisa memperkuat maupun menormalkan equalizer.

2. Twisted wave

Software edit music selanjutnya yaitu ada twisted wave yang bisa anda unduh tidak hanya di PC tetapi juga bisa anda pasang di tablet dan iphone. Alat ini bisa digunakan untuk merekam baik podcast maupun lagu, mendukung plugin VST, dapat mengkonversi file ke berbagai format dan pemrosesan batch.

Tidak hanya itu, alat ini menyediakan berbagai efek seperti fade out atau fade in, memotong lagu, menggunakan teknologi ZTX time stretch yang bisa mengubah nada dan kecepatan audio, anda juga bisa membuat nada dering untuk iphone anda, undo redo tak terbatas.

Anda Juga bisa mengimpor maupun ekspor file ke Mp3, mp4, m4r, wav dan masih banyak lagi. Namun aplikasi ini bukan aplikasi free sehingga anda harus membayar jika ingin memakai perangkat lunak ini.

Ada banyak sekali aplikasi untuk mengkreasikan lagu yang bisa anda pilih sesuai dengan sistem operasi yang anda pakai.

jika anda memiliki masalah dengan penyimpanan anda bisa menggunakan aplikasi edit musik online seperti audio tool dan mp3 cutter. Jadi, anda bisa mengubah lagu tanpa harus mengunduh terlebih dahulu.

Itulah beberapa aplikasi edit lagu untuk PC windows dan Mac yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih software yang berbayar maupun yang gratis. Untuk yang berbayar tentunya memiliki fitur fitur premium yang tidak bisa anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi gratis.