7 Aplikasi Kasir Gratis Dengan Fitur Terlengkap

Aplikasi kasir seperti Point of Sale (POS) semakin dikenal masyarakat, sehingga makin banyak pelaku usaha terutama UMKM yang turut menggunakan teknologi baru tersebut. Bisa mempermudah pelayanan di kasir dari konvensional menjadi lebih digital, aplikasi ini tentu lebih praktis juga efisien dalam melakukan pencatatan keuangan.

Aplikasi kasir biasanya juga telah terintegrasi dengan beberapa platform seperti email yang memudahkan saat membuat laporan rutin.

Dengan begitu pencatatan transaksi jadi lebih mudah dan cepat sehingga data yang dihasilkan bisa segera dianalisis sebagai bahan untuk strategi penjualan yang lebih baik lagi.

Aplikasi Kasir

Pengembangan ini diperlukan untuk mempersingkat waktu pembukuan yang sebelumnya dilakukan secara manual. Selain kurang praktis karena memakan banyak waktu, hal ini juga bisa menjadi celah untuk human error seperti transaksi yang tidak tercatat karena lupa dan sebagainya. Apalagi saat bisnis yang dikelola semakin besar, tidak mungkin untuk merekap semua datanya secara manual.

Untuk itu, berikut rekomendasi aplikasi kasir berbasis android yang gratis dan bisa anda gunakan untuk kegiatan bisnis yang dijalankan:

1.  Aplikasi Kasir VendHQ

VendHQ ini sangat cocok untuk kebutuhan usaha kecil menengah dengan jumlah stock barang yang tidak terlalu banyak. Anda juga bisa memilih fitur penyimpanan secara cloud (online) atau juga penyimpanan secara offline. Dan yang terpenting terdapat juga fitur inventaris, CRM, dan loyalty yang sangat membantu proses pelayanan di kasir. Aplikasi dapat didownload di sini

Mungkin anda menyukai ini: 10 Aplikasi Download Video dari Berbagai Sosial Media ke Galeri

2.  Aplikasi Kasir MokaPOS

Aplikasi yang satu ini berbasis cloud Indonesia dan telah memiliki banyak pengguna dari berbagai macam latar belakang bisnis berbeda. Aplikasi ini juga tersedia untuk sistem Android serta iOS. Selain ini terdapat berbagai macam fitur membuat laporan transaksi terkait stok barang, daftar harga bahkan list menu yang akan ditampilkan kepada pelanggan.

Aplikasi kasir MokaPOS ini memiliki banyak kelebihan seperti fitur cloud yang akan memudahkan Anda selaku owner bisnis agar bisa tetap memantau transaksi bisnis dari jarak jauh sekalipun. Ada laporan keuangan realtime yang bisa diakses secara online dan offline, serya kemudahan untuk pembayaran digital menggunakan GoPay, OVO, LinkAja Dana, Kredivo, Akulaku bahkan WeChatPay. Download di sini

3.  Aplikasi Kasir Olsera POS

Aplikasi ini juga menggunakan cloud sebagai media penyimpanannya. Karena memang saat ini cloud sangat diandalkan untuk menyimpang data-data besar yang akan memakan banyak memori. Seperti halnya kita ketahui bersama, aplikasi memuat banyak fitur terkait dengan POS.

Anda bisa mengakses data dari aplikasi ini dimanapun dan kapanpun berkat penyimpanan cloudnya. Namun tak perlu risau saat tak terkoneksi dengan internet, karena akan secara otomatis tersimpan offline dan langsung tersinkronkan ke cloud saat ada koneksi internet. Download di sini.

4.  Aplikasi Kasir Keyhut

Aplikasi kasir Keyhut mengingatkan kita dengan BIOS lama Windows, dari segi font juga backgroundnya memiliki warna yang sangat mirip dengan tampilan BIOS hanya saja ini merupakan aplikasi kasir versi desktop yang memiliki fungsi berbeda.

Keyhut ini memiliki banyak fitur POS seperti pelacakan inventaris, CRM, laporan transaksi penjualan serta manajemen karyawan. Dan yang paling membuat beda ialah dengan adanya fitur tambahan untuk manajemen karyawan yang tidak ditemui pada aplikasi sejenis. Download di sini.

Baca juga: 7 Aplikasi Desain Rumah di Android Ini Mampu Wujudkan Rumah Impian Anda

5.  Aplikasi Kasir ProfitCentre

Rekomendasi aplikasi selanjutnya ialah Profitcentre yang merupakan aplikasi kasir berbasis PC. Aplikasi ini full gratis dan bisa Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis. Hanya saja program ini baru bisa mensupport komputer Windows. Adapun untuk fitur ialah seperti support untuk berbagai mata uang, update secara gratis, dan free support, serta berbagai macam fitur lain termasuk untuk melihat kinerja keuangan pada bisnis yang Anda jalankan. Download di sini.

6.  Aplikasi Kasir Pintar Free

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis. Aplikasi kasir ini dibuat secara khusus untuk para pengguna smartphone, sehingga Anda sebagai owner bisa menghemat budget inventaris tanpa perlu membeli banyak PC. Kasir pintar free ini sudah berbasis cloud seperti aplikasi kasir lain, juga memiliki fitur unggulan scan barcode yang sangat bermanfaat untuk transaksi serba digital yang saat ini mulai banyak digunakan masyarakat perkotaan. Download di sini.

7.  Aplikasi Kasir Toko Portable

Yang terakhir ialah Kasir Toko Portable yang dari segi tampilannya memiliki desain sederhana juga praktis dan mudah untuk dioperasikan. Aplikasi ini juga cocok untuk penggunaan bisnis F&B, apotik, bengkel, toko kelontong, serta toko fashion. Download di sini.

Pembukuan data transaksi pada setiap usaha ialah hal yang penting, karena dengan mengetahui data terkait jumlah transaksi, Anda tentunya bisa mengetahui berapa keuntungan dan kerugian dari usaha tersebut. Karena saat barang yang Anda jual masih sedikit, mungkin masih bisa dihafal dengan cukup mudah. Tapi akan sangat berbeda saat usaha Anda semakin besar dengan penjualan yang lebih banyak berikut dengan harganya yang berbeda?

Seorang kasir juga akan kesulitan mengingat harga dari masing-masing barang secara satu persatu. Karena itu pemilik usaha biasanya akan mencatat beberapa barang beserta harga pada buku tertentu agar saat dia lupa bisa melihat di buku daftar harga tersebut.

Selanjutnya kasir juga dituntut untuk menulis atapun mencetak struk pembelian sebagai bukti transaksi. Karenanya jika semua kegiatan tersebut dikerjakan dengan cara yang masih tradisional atau secara manual,  pasti akan menghabiskan banyak waktu. Apalagi jika usaha yang Anda jalankan sering didatangi oleh pembeli setia, hingga mereka harus merelakan waktunya hanya untuk menunggu.

Mayoritas pasti setuju jika menunggu benar-benar sangat membosankan. Sehingga dapat kita perhitungkan dengan baik yaitu jika pelayanannya tidak ditingkatkan maka pembeli akan segera berpaling ke tempat lain karena terlalu lama menunggu. Karena itu kasir harus pandai melayani pembeli dengan cepat juga tepat.

Solusi terbaik untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi kasir yang dapat digunakan dengan lebih praktis. Karena dengan aplikasi kasir anda tak perlu mencatat juga mengingat setiap transaksi dan harga barang. Aplikasi ini akan secara otomatis mengalkulasi transaksi penjualannya setiap hari secara rutin.

Teknologi ini tentunya membawa dampak yang cukup besar pada kehidupan kita sehari-hari. Salah satu yang paling berpengaruh ialah untuk masalah bisnis, usaha, keuangan atau rekapitulasi penjualan dari bisnis yang kita kerjakan. Melalui inovasi tersebut, maka catatan penjualan serta pembukuan kini bisa dikerjakan dengan lebih mudah.

Berkat aplikasi ini pula, urusan laporan keuangan dan penjualan juga saat akan membuat pembukuan bisa dilakukan dengan praktis. Aplikasi POS (point of sale) ini sangat membantu dalam menjalankan usaha sederhana seperti UMKM dalam berbagai bidang, karena dengan perangkat tersebut maka kita sudah bisa memperoleh aplikasi seperti kasir di supermarket atau toko modern lain.

Sehingga aplikasi tersebut bisa dimaksimalkan penggunaannya hingga ke daerah. Pemerataan teknologi yang akan sangat berdampak pada kegiatan kita sehari-hari ini harus sampai keseluruh negeri hingga dapat dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak pihak. Dengan begitu perekonomian kita juga akan semakin berkembang, tidak hanya di perkotaan tapi sampai ke desa-desa.

Sekian ulasan mengenai 7 aplikasi kasir gratis dengan fitur terlengkap yang bisa anda gunakan untuk membantu proses transaksi pada bisnis yang anda jalankan. Saat ini semakin banyak kesempatan untuk kita bisa memulai sebuah usaha karena tidak ada yang tidak mungkin, jadi cobalah dulu semua peluang hingga stok kegagalan kita habis dan kita bisa terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Simak juga: Rekomendasi Aplikasi Video Bokeh Terbaik