Buat CV Menarik Dengan Aplikasi Membuat CV, Begini Formatnya

Di zaman sekarang ini, mencari pekerjaan sudah lumayan sulit. Karena  persaingan dalam dunia kerja sudah sangat ketat. Sekarang manusia tidak hanya bersaing dengan manusia lagi, tapi juga sudah bersaing dengan mesin dalam memperoleh pekerjaan. Maka dari itu diperlukan upaya dan taktik dalam melamar kerja. Salah satunya adalah dengan membuat CV menarik. Dan untuk membuat CV menarik Anda bisa menggunakan aplikasi membuat CV.

CV atau curiculum vitae ini memang merupakan unsur utama dalam melamar pekerjaan. Sebab dalam curiculum vitae terdapat identutas kita yang jelas. Maka jika curiculum vitae tidak disajikan semenarik mungkin maka bukan tidak mungkin jika lamaran pekerjaan yang Anda kirimkan tidak akan terlalu diperhatikan. Apalagi jika masuk ke perusahaan besar yang memiliki daya saing tinggi. Sebisa mungkin Anda membuat CV yang menarik supaya lamaran pekerjaan Anda bisa dilirik team HRD.

Aplikasi Cv

Dulu kebanyakan perusahaan meminta untuk CV ditulis tangan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, orang – orang kini mulai mengkreasikan pembuatan CV sehingga terlihat lebih menarik. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi membuat CV yang bisa didownload langsung di appstore atau google playstore.

Jika dahulu isi dari CV itu berupa nama, alamat, agama, jenis kelamin, dan identitas lainnya yang bersifat standar. Namun sekarang sudah banyak ditambah dan dikreasikan sehingga lebih komplit dan lebih menjelaskan identitas yang lengkap. Adapun format CV menarik ialah sebagai berikut :

Adanya Moto Hidup

Setiap perusahaan saat mengadakan pembukaan lowongan kerja pastinya ingin memperoleh kandidat sumber daya manusia yang terbaik. Sehingga sangat penting sekali bagi Anda untuk menjabarkan identitas Anda sebaik mungkin.

Melalui CV Anda bisa mempromosikan diri Anda sebaik mungkin. Seperti salah satunya dengan menambahkan motto hidup. Motto hidup akan menggambarkan bagaimana tujuan hidup seseorang. Dan motto hidup atau tujuan hidup itu akan menjadi tolak ukur pola pikir seseorang. Dengan begitu perusahaan juga dapat mengukur bagaimana kinerja seseorang dari tujuan hidupnya.

Semakin bagus motto hidup yang dituliskan maka akan semakin menambah nilai bagi Anda. Namun sebaiknya dalam mencantumkan motto hidup harus jujur atau harus sesuai dengan apa yang memang sudah menjadi tujuan hidup Anda. Jangan sampai mengada – ngada atau asal – asalan.

Motto hidup biasanya dicantumkan di bawah foto kita. Atau di bagian paling bawah dari foto . Namun tempat penyimpanan motto hidup bisa dimana saja tergantung dari desain CV nya.

Simak juga: Rekomendasi Aplikasi Cheat Mobile Legends Terbaru

Menggunakan Bahasa Inggris

Untuk menambah value atau nilai dari CV Anda, maka Anda bisa menggunakan bahasa Inggris dalam CV Anda. Karena dengan menulis CV menggunakan bahasa inggris, secara tidak langsung Anda menunjukkan kemampuan Anda dalam bidang bahasa inggris.

Sedangkan kemampuan bahasa Inggris memang sangat dibutuhkan ketika hendak melamar pekerjaan ke suatu perusahaan. Apalagi jika Anda hendak bekerja di perusahaan yang multinasional.

Menggunakan CV yang berbahasa inggris untuk melamar pekerjaan susah sudah menunjukkan bahwa Anda susah sudah memang benar benar menguasai bahasa Inggris sehingga sudah siap jika ditempatkan pada posisi pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa inggris.

Selain itu dengan menyajikan CV berbahasa Inggris , maka Anda akan lebih terlihat professional dan berjilai tinggi, sehingga CV Anda akan dipertimbangkan.

Hanya saja dalam menulis CV yang berbahasa inggris juga harus memperhatikan akurasi bahasa dan penggunaan kata yang tepat. Jangan sampai membuat CV bahasa Inggris dengan banyak kata yang salah, karena itu akan sangat memalukan.

Desain Tidak Monoton

Format selanjutnya untuk membuat CV Anda menjadi lebih menarik adalah dengan membuat desain yang tidak monoton atau tidak itu – itu saja. Dengan menggunakan aplikasi membuat CV maka Anda akan bisa memilih bagaimana desain dan tata letak dari CV supaya tidak terkesan monoton.

Misalnya dengan dibuat poin poin, atau dibuat kerangka dan lain sebagainya. Sekarang template untuk membuat CV sudah banyak dan bisa diunduh di aplikasi yang khusus untuk membuat CV.

Pemilihan warna pasa bingkai desain CV juga harus memilih warna yang tegas dan formal supaya lebih terkesan serius dan formal. Jangan memilih warna yang terkesan main – main.

Namun dalam membuat desain saru CV juga jangan terlalu berlebihan. Tetap harus singkat, padat dan jelas, namun dapat memukau pembaca. Dan cukup dapat menjelaskan diri Anda dengan elegan.

Sertakan Foto Terbaru

Dalam desain dan konsep CV juga jangan lupa untuk menyertakan foto dengan tampilan wajah terbaru. Seringkali kebanyakan orang malas memperbaharui fotonya. Padahal menyajikan lamaran kerja dengan foto terbaru itu penting supaya pihak HRD atau penerima lamaran Anda tidak menilai buruk tentang Anda. Jika fotonya beda dengan aslinya maka pasti akan ada pemikiran negatif.

Dan kondisi foto juga bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam penerimaan lamaran kerja. Maka dari itu pastikan jika foto di dalam CV Anda sudah foto terbaru.

Font Atau Gaya Tulisan

Untuk font atau gaya penulisan yang dipakai untuk membuat CV , sebaiknya jangan memilih font yang terlalu berlebihan. Gunakan font yang tegas namun tetap proporsional ketika ditampilkan pada kertas CV.

Anda mungkin menyukai ini: 8 Aplikasi Desain Grafis yang Menyuguhkan Fitur Menarik

Itulah beberapa format CV yang bisa Anda perhatikan untuk membuat CV Anda lebih menarik.  Namuan selebihnya dalam pembuatan CV Anda bisa pelajari lebih lanjut di aplikasi membuat CV.

Sebab dalam aplikasi yang dikhususkan untuk membuat CV itu sudah banyak fitur yang bisa diolah untuk membuat CV. Anda tinggal merangkai dalam aplikasi itu untuk menjadikan bagaimana supaya CV Anda menjadi menar8k.

Pembuatan CV yang menarik itu sangat penting mengingat CV adalah hal yang paling nomor satu yang satu yang selalu dipertimbangkan dalam penerimaan lamaran kerja. Lewat CV pihak perusahaan dapat menganalisa calon pegawainya baik secara fisik maupun psikis.

Selain desain dan tampilan CV yang harus diperhatikan, sebaiknya juga  Anda memperhatikan pula apa yang menjadi isi dari CV itu. Tidak cukip harus diisi dengan lengkap. Tetapi bobot atau kualitas dari isi CV itu juga sangat harus diperhatikan.

Jika Anda merupakan fresh graduate atau lulusan terbaru yang belum memiliki pengalaman kerja, maka Anda harus menunjukan atau menonjolkan kemampuan dan semangat bekerja Anda. Seperti lebih banyak menuliskan riwayat prestasi dan riwayat pendidikan. Kemudian riwayat organisasi yang pernah diikuti. Itu bisa menjadi kekuatan bagi pelamar fresh graduate.

Namun bagi yang sudah berpengalaman bekerja, bisa menuliskan riwayat pekerjaan yang sudah pernah diikuti. Dan bisa memasukkan beberapa data seperti sertifikasi yang berhubungan dengan posisi yang akan Anda ikuti.

Semua isi CV itu bisa Anda rangkai sebaik mungkin di aplikasi membuat CV seperti resume builder download di sini atau dengan menggunakan side keeper apps , dengan link download ini. Aplikasi ini bisa Anda untuk di google play store. Pilih yang paling populer atau yang memiliki kapasitas memori rendah.

Baca juga: Aplikasi Presentasi Yang Cocok Untuk Orang Kantoran Dan Mahasiswa