6 Aplikasi Pengolah Angka di Laptop / PC yang Terbukti Akurat

Angka tidak bisa terlepas dari perangkat komputer atau sejenisnya. Banyak hal yang dapat dibantu dengan menggunakan angka dan media komputer ini. Hal ini lebih banyak digunakan pada pekerjaan yang berhubungan dengan data atau sejenisnya. Biasanya dengan mengolahnya pada perangkat komputer langsung maka hasilnya bisa lebih akurat.

Pada perangkat komputer terdapat beberapa perangkat khusus atau aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mengolah data berupa angka.

Data tersebut sangat berguna bagi aktivitas Anda sehari-hari sehingga perlu pengolahan yang benar. Sebab, jika tidak maka Anda perlu menyelesaikan dengan cara manual yang biasanya lebih lama.

Aplikasi Pengolah Angka

Aplikasi pengolah angka di laptop / PC yang biasa kita kenal dan gunakan ialah Microsoft Excel. Berbagai fitur melengkapi setiap kebutuhan Anda dalam mengolah angka. Adapaula berbagai rumus serta fungsi yang bisa digunakan untuk melakukan perhitungan atau pengolahan data dalam bentuk angka.

Namun, sebenarnya aplikasi untuk mengolah data berupa angka tak hanya Ms. Excel saja. Faktanya ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk mengolah data yang menggunakan angka. Aplikasi tersebut bisa Anda gunakan sebagai pengganti maupun pendamping dari aplikasi Ms. Excel tersebut.

Jenis aplikasi lain sangat banyak dan sudah diluncurkan sejak lama. Namun beberapa diantaranya tidak seterkenal Microsoft Excel yang hingga kini masih banyak digunakan. Sebagiannya lagi ada yang menggunakan aplikasi tersebut karena dapat memenuhi kebutuhan mereka. Berikut aplikasi yang dimaksud untuk bisa Anda pelajari.

Simak juga: 6 Aplikasi Burning CD di Laptop/PC untuk Memindahkan Data

1. WPS Office

Pada aplikasi ini terdapat tiga jenis aplikasi lain untuk bisa Anda gunakan yang terdiri dari word, presentation, dan spreadsheet. Nah, untuk aplikasi pengolah angka di laptop/PC ini Anda bisa menggunakan Spreadsheet yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan software pengah angka lainnya.

Bedanya bentuk dari aplikasi dan fiturnya lebih disederhanakan tidak seperti aplikasi pengolah angka pada umumnya. Selain itu, didalamnya dilengkapi dengan menu dan desain yang ramah serta dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. Meskipun cenderung lebih sederhana namun fitur didalamnya tetap bisa membantu.

Anda tetap bisa menggunakan tabel, angka, rumus, ataupun fungsi dengan menggunakan aplikasi yang sering disebut dengan Kingsoft Office ini. Anda tak perlu khawatir karena data yang dibuat tetap dapat dibuka dan kemudian digunakan kembali. Unduh aplikasi WPS Office ini melalui link ini untuk bisa memasangnya.

2. Abacus

Aplikasi pengolah angka di laptop/PC ini merupakan hasil pengembangan dari sebuah proyek mahasiswa asal Portugal. Software yang satu ini dikembangkan menjadi sebuah software spreadsheet. Salah satu hal yang cukup menarik dari aplikasi ini yaitu ukurannya yang cukup kecil sehingga bisa masuk ke berbagai perangkat.

Selain itu, aplikasi tersebut memiliki fitur yang cukup mudah dipelajari dan digunakan. Bagi Anda yang baru menjadi penggunanya aplikasi tersebut cukup ramah dan bisa Anda pelajari dengan nyaman. Jika Anda merasa bosan dengan software pada umumnya maka Anda bisa segera mengunduhnya melalui link ini.

3. Xess

Sama seperti jenis aplikasi pengolah angka di laptop/PC sebelumnya software yang satu ini juga termasuk software spreadsheet yang bersifat multiplatform. Software ini dikembangkan oleh AIS atau Applied Information System. Anda dapat menggunakan beberapa versi dari software ini yaitu enterprise dan lite yang memiliki fungsi tersendiri.

Jika Anda ingin menggunakan versi enterprise maka Anda harus menggunakannya untuk kebutuhan perusahaan. Sebab versi ini sudah dirancang khusus untuk para pengguna dari kalangan perusahaan. Lain halnya jika Anda sebagai perorangan maka Anda bisa menggunakan versi lite yang sudah dirancang khusus untuk perorangan.

Sayangnya aplikasi ini dikenal memiliki harga yang cukup mahal. Bahkan aplikasi pengolah angka di laptop/PC ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan Microsoft Excel. Namun Anda tak perlu khawatir karena fungsi yang akan Anda peroleh cukup sepadan dengan harganya. Untuk memperoleh aplikasi ini Anda bisa menggunakan link ini.

Baca juga: 9 Aplikasi Gudang di Laptop / PC Banyak Fitur Tambahan Menarik

4. KSpread

Software berikutnya ini merupakan spreadsheet yang termasuk kedalam bagian dari keluarga KOffice. Software yang dikembangkan oleh KDE ini juga masih berhubungan dengan KWord yang dahulu diluncurkan untuk pengguna Windows dan Linux. Menariknya aplikasi pengolah angka di laptop/PC ini memiliki koleksi bahasa lebih dari 99 macam.

Di dalamnya Anda dapat menggunakan beberapa fitur khusus seperti lembar kerja dalam sebuah dokumen, lebih dari 100 fungsi, pemformatan, pemeriksa ejaan, template, diagram,  hyperlink serta pengurutan data. Selain Excel aplikasi ini juga menjadi favorit para pengguna sehingga sudah digunakan oleh banyak orang.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini dengan menggunakan sumber ini. Setelah itu, Anda dapat menikmati berbagai fitur didalamnya yang sangat bermanfaat dalam membuat pengolahan angka. Pada dasarnya aplikasi ini cukup mudah untuk dipelajari dan digunakan. Sehingga Anda tidak akan begitu kesulitan menggunakan aplikasi pengolah angka di laptop/PC ini.

5. WingZ

WingZ termasuk kedalam software yang bersifat multiplatform. Itu artinya aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa platform. Untuk bisa menggunakannya pada kebutuhan non komersial aplikasi ini bersifat free. Fitur yang paling menonjol ialah adanya perangkat yang dapat menganalisis beberapa data tertentu yang bersifat dinamis.

Fitur fungsi yang dapat digunakannya pun cukup lengkap yang bisa membantu pengolahan data di bidang statistik, rekayasa, ketersediaan matriks lembaran kerja serta data keuangan. Aplikasi pengolah angka di laptop/PC ini tentunya dapat membantu Anda dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan penting khususnya dalam sebuah perusahaan.

Anda bisa memperolehnya dengan melakukan proses pengunduhan secara langsung pada link ini. Setelah itu, Anda bisa segera melakukan proses instalasi kemudian menggunakan setiap fitur di dalamnya yang cukup mudah untuk dipelajari. Beberapa pekerjaan bisa segera terselesaikan dengan baik dan tepat.

6. OpenOffice Calc

Aplikasi pengolah angka di laptop/PC ini merupakan software yang dikembangkan oleh perusahaan terkenal bernama OpenOffice. Software ini bersifat open source yang berarti memiliki sumber yang terbuka. Selain itu itu software tersebut sangat mendukung sistem standar ODF yang dapat digunakan bertukar data standar dengan format file.

Menariknya software ini juga dapat mengenali beberapa macam jenis format yang berasal dari software pengolah angka lainnya. Dengan begitu, meskipun Anda mengerjakan pada perangkat lain format tersebut dapat terbuka dengan mudah dan sesuai dengan format sebelumnya. Hal ini tentu akan sangat membantu beberapa pekerjaan Anda.

Untuk bisa mengunduhnya Anda bisa menggunakan sumber ini untuk kemudian melakukan proses instalasi pada perangkat PC atau komputer. Kemudian Anda bisa mendapatkan beberapa fitur yang sangat bermanfaat dari aplikasi ini. Anda tak perlu khawatir karena sebagian besar menunya bisa dengan mudah Anda pelajari.

Mungkin ini yang anda butuhkan: 10 Aplikasi Cetak Foto Di Laptop/PC Dengan Berbagai Format

Demikianlah beberapa aplikasi pengolah angka di laptop/PC yang bisa Anda gunakan untuk melakukan proses pengolahan data dalam bentuk angka. Dengan mengunduh beberapa aplikasi tersebut maka proses penyelesaian pekerjaan bisa lebih cepat dan akurat. Pelajari dengan benar setiap fitur serta spesifikasi yang ada pada masing-masing aplikasi tersebut.