Cara Meeting Online Dengan Webex

Beberapa waktu lalu, kabar ‘Zoom Bombing’ sempat santer diberitakan oleh awak media lantaran adanya pembocoran data pribadi dari para penggunanya. Tak ingin mengambil resiko, beberapa orang kemudian beralih pada aplikasi video conference lain yang bisa mengcover kebutuhannya.

Salah satu alternatif yang bisa dipilih adalah Webex. Mengapa demikian? Usut punya usut cara meeting online dengan Webex sangatlah sederhana untuk dilakukan.

Dibantu dengan berbagai fitur yang mudah untuk ditemukan dan digunakan, para pengguna bisa menjalankan aplikasi tanpa menemui kendala yang berarti.

Dibilang gampang, sebenarnya bagaimana sih cara untuk meeting online dengan menggunakan Webex?

Kelebihan Cisco Webex

Pada dasarnya, Cisco Webex atau yang juga kerap dipanggil dengan Webex saja, merupakan salah satu aplikasi panggilan video yang serupa dengan Google Meet, Zoom, atau Skype.

Dibandingkan dengan aplikasi panggilan video lainnya, Webex memiliki beberapa keunggulan:

  • Adanya kemudahan untuk bisa bergabung dengan jenis rapat atau acara apapun
  • Memungkinkan penggunanya untuk menggunakan perintah suara hands-free dengan fitur Google Home Hub dan Google Assistant
  • Kemudahan bagi para pengguna untuk bergabung secara langsung dari widget atau kalender yang sudah disesuaikan.
  • Anda juga bisa melakukan penjadwalan rapat atau memutar rekaman langsung dari aplikasi Webex.
  • Bisa mengatur tata letak video yang sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan keinginan masing-masing pengguna.
  • Dapat membagikan screen pada orang-orang yang tergabung dalam panggilan konferensi tersebut.
  • Memiliki fitur deteksi kebisingan dan saran bisu yang bisa diaplikasikan untuk melakukan panggilan video tanpa mendapati sedikitpun gangguan.

Cara Meeting Online Dengan Webex

Mungkin sebelumnya Anda masih asing dengan aplikasi video conference yang satu ini. Nah, Cisco Webex Meeting sendiri merupakan sebuah aplikasi video conference yang digawangi oleh pengembang kawakan bernama Cisco.

Bila Kita membandingkan Webex dengan Zoom, dua-duanya memiliki fitur yang bisa dibilang mirip dan cukup membantu selama program work from home dan school from home dari pemerintah.

Beberapa fitur yang dianggap mirip dari keduanya adalah tersedianya bentuk aplikasi secara multiplatform. Artinya bisa digunakan dalam perangkat apapun, baik itu smartphone Android atau IOs, pun dengan perangkat PC dan laptop. Selain itu, baik Webex maupun Zoom sama-sama bisa digunakan secara gratis, juga mampu menampung sekitar 100 orang peserta dalam satu kali pertemuan.

Lalu bagaimana cara menjalankan aplikasi Webex ini? Tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut? Simak ulasannya di bawah ini!

Cara Menggunakan Webex di HP Android & iPhone

Beberapa orang lebih menyukai meeting online di smartphone daripada di komputer. Alasannya sederhana, lebih ringkas dan bisa dilakukan dimana saja.

Entah itu Android ataupun IOS, Anda dapat mengikuti cara menggunakan aplikasi Webex di smartphone seperti yang tertera pada langkah-langkah berikut.

  • Pertama-tama, unduh aplikasi Webex di smartphone Anda. apabila Anda menggunakan Android, Anda dapat langsung meluncur ke aplikasi Google Play Store untuk menemukannya. Namun bila menggunakan IOs, Anda bisa mengunduhnya melalui App Store.
  • Jika Anda merupakan peserta meeting, Anda bisa langsung bergabung tanpa perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Cukup dengan menekan menu ‘Join Meeting’.
    Cara Meeting Online dengan Webex 1
  • Setelah itu, masukkan URL yang sebelumnya sudah dibagikan oleh Host, serta nama dan alamat email. Jika sudah, klik ‘Join’.
  • Apabila Anda ingin menjadi Host meeting di Webex, Anda harus melakukan login terlebih dahulu. Cukup dengan klik menu ‘Sign In’ yang tersedia pada halaman utama, masukkan alamat email dan password. Kemudian klik ‘Next’.
    Cara Meeting Online dengan Webex 2
  • Selanjutnya, untuk membuat sebuah ruang meeting baru, Anda hanya perlu menekan button ‘Start Meeting’. Lalu atur lebih dahulu video dan audio sesuai dengan preferensi dan kebutuhan dari meeting yang hendak dijalankan. Bila sudah sesuai, segerap tekan tombol ‘Start’.
    Cara Meeting Online dengan Webex 3
  • Berikutnya, undang teman atau peserta meeting untuk bergabung. Caranya sangatlah mudah, tinggal klik tombol 3 titik yang ada di bagian bawah dan cari menu info. Di situ, Anda bisa menyalin dan membagikan URL beserta Meeting Number yang ada.
    Cara Meeting Online dengan Webex 4
  • Setelah berhasil menciptakan ruang meeting online dengan menggunakan aplikasi Webex, ternyata Anda juga bisa mengganti background untuk mempercantik webcam Anda loh! Bahkan untuk versi Webex di IOs sekalipun. Disamping itu, Anda dapat mengaktifkan kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan.
  • Bila Meeting sudah selesai, Anda hanya perlu menekan tombol X dan meng-klik opsi ‘Leave Meeting’ untuk meninggalkan ruang konferensi.

Cara Meeting Online dengan Webex di Laptop

Beberapa meeting terkadang membutuhkan ‘Screen Sharing’ untuk menunjang presentasi yang sedang dilakukan. Untuk alasan ini, Anda bisa menjalankan aplikasi Webex di laptop atau komputer yang sudah mendukung adanya fitur microphone dan webcam. Informasi lebih detail terkait dengan cara penggunaan Webex di PC ialah sebagai berikut.

1. Download Aplikasi Webex di Laptop

Sama seperti step pertama dalam penggunaan Webex di smartphone, Anda harus mengunduh aplikasi Webex ini terlebih dahulu. Untuk dapat mengunduhnya, kunjungi situs resmi dari Cisco Webex dan cari menu download yang ada di laman utamanya.

2. Join Meeting Webex Sebagai Guest

Ketika Anda memilih untuk tidak mendaftar akun Webex, Anda dapat menggunakan opsi Use as Guest yang tersedia di halaman pertama aplikasi. Kemudian masukkan nama dan alamat email, dilanjutkan dengan menekan tombol ‘Continue as Guest’.

3. Mulai Bergabung dengan Meeting

Setelah itu, akan terbuka jendela baru. Masukkan link URL yang sudah dibagikan oleh Host pada kolom ‘Join a Meeting’. Lalu, klik ‘Join’ untuk masuk ke dalam konferensi.

4. Login ke Aplikasi Webex Laptop

Jika Anda berperan sebagai Host, masukkan alamat email yang sebelumnya sudah didaftarkan. Kemudian klik ‘Next’.

5. Mulai Membuat Meeting Room Baru

Pada sebuah jendela baru yang muncul, pilih menu ‘membuat meeting baru’. Selanjutnya, tekan menu ‘Start a Meeting’ yang biasanya terletak di bagian atas aplikasi Webex.

6. Pastikan Sambungan Video dan Audio

Pastikan sambungan video dan audio terlebih dahulu sebelum bergabung dalam meeting. Apakah keduanya bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Jika dirasa sudah sesuai, klik ‘Start Meeting’.

7. Undang Teman ke Meeting Room

Tugas seorang Host di samping menyiapkan ruang meeting adalah untuk mengundang para peserta pertemuan. Untuk dapat melakukannya, Anda hanya perlu membagikan link URL dan Meeting Number yang bisa diperoleh dengan menekan ikon ‘i’ di bagian kiri jendela aplikasi Webex.

8. Mengakhiri Meeting di Aplikasi Webex Laptop

Untuk mengakhiri dan meninggalkan ruang meeting, tekan ikon X berwarna merah pada bagian pojok kanan atas halaman aplikasi.

Itulah serangkaian cara meeting online dengan Webex menggunakan smartphone dan PC yang bisa Anda tiru. Bagaimana? Cukup mudah bukan?