Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Hidup/Mati

Ada anya cara melacak iPhone yang hilang jadi, jangan langsung putus asa entah itu hilang dalam keadaan hidup atau off Anda bisa mengikuti langkah berikut.

Cara Melacak Iphone Hilang

Tidak ada orang yang ingin kehilangan ponsel, data pribadi, transaksi, semua ada disana. Ditambah lagi, bagaimana jika yang hilang iPhone, harganya yang lumayan membuat kerugian berlipat.

Akan tetapi, jangan khawatir iPhone hilang bukan akhir, ada cara melacak iPhone yang bisa membuatnya kembali.

Cara melacak ini bahkan dituliskan oleh Apple sendiri dalam laman resmi mereka. Itu berarti Apple memang sudah yakin bahwa cara ini akan berhasil dan percaya betul pada teknologi yang mereka miliki.

Anda mungkin sedang mencari ini: Cara Memasukkan Lagu ke iPhone Yang Layak Anda Coba

Jadi, seperti apa cara yang bisa membuat iPhone kesayangan kembali ke tangan?

1. Melacak iPhone Hilang dengan Fitur “Find My”

Cara melacak iPhone yang hilang ini bisa juga Anda gunakan untuk menemukan gadget Apple lain. Misalnya iPad atau iPod hilang, cara ini juga bisa langsung diterapkan. Silahkan langsung saja ikuti step by step yang ada di bawah ini :

  • Buka Find My app pada perangkat Apple lain contohnya iPad
  • Pilih tab Device yang berada di pojok kiri bawah
  • Setelah tab Device dipilih akan muncul pop up gadget Apple yang Anda miliki dan menggunakan  Apple ID yang sama.
  • Pilih iPhone yang hilang
  • Apabila pada peta lokasinya dekat, Anda bisa mengaktifkan Play Sound pada iPhone yang hilang tersebut agar iPhone bersuara. Dengan begini apabila benar-benar dekat, tinggal ikuti saja suara tersebut untuk menemukannya.
  • Apabila posisi iPhone jauh dan tidak bisa langsung didapatkan kembali lakukan step ini. Pilih opsi Mark As Lost, hal ini untuk memastikan iPhone Anda terkunci.
  • Anda juga bisa menampilkan pesan pada layar seperti nomor telepon supaya orang menemukan iPhone di jalan tahu bagaimana mengembalikannya.

Sampai disini Anda bisa mengetahui dimana lokasi ponsel berada. Seandainya Anda tidak bisa melakukan pencarian sendiri atau mengunjungi lokasi ponsel, hubungi pihak berwajib. Cara ini rasanya lebih aman, dan sekaligus menghindarkan Anda dari berbagai kemungkinan buruk.

Kalau Anda menghubungi pihak berwajib, Anda akan dimintai serial number ponsel. Umumnya Anda bisa melihat serial number atau imei pada bagian belakang atau slot sim card.

Sayangnya, pada kasus ini tentu imei iphone hilang juga, solusinya cari imei pada barcode kemasan atau kardus iPhone.

Cara melacak di atas mudah dilakukan bukan? Tahapannya juga tidak sulit. Akan tetapi, bagaimana jika Anda tidak memiliki perangkat iPhone lain?

Simak juga: Kenali Cara Backup iPhone Untuk Menyelamatkan Data Penting

2. Menemukan iPhone Hilang dengan iPhone Teman

Cara ini bisa juga dipakai untuk cara melacak iPhone teman yang hilang. Caranya persis sama seperti tahapan di atas, hanya saja Anda harus Login terlebih dahulu di https://icloud.com/. Begini cara Login yang benar di iPhone milik teman :

  • Buka fitur Find My app
  • Pilih tab Me
  • Kemudian pilih Help A Friend
  • Lalu login dengan Apple ID dan password milik Anda
  • Setelah Login, tahapannya persis sama seperti cara menemukan iPhone dengan fitur Find My app di atas.

Wah, ternyata tidak perlu bingung walaupun Anda tidak memiliki perangkat Apple lain, bisa meminjam milik teman.

Akan tetapi, apakah kedua cara tersebut akan tetap bisa jika ponsel dalam keadaan off? Apakah cara melacak iPhone yang offline tetap sama? Apa yang harus dilakukan jika ternyata ponsel sudah off duluan?

3. Cara Melacak iPhone Hilang yang Offline

Untuk melacak perangkat yang off atau offline, caranya juga tidak jauh berbeda. Anda bisa menggunakan gadget Apple lain milik Anda atau meminjam milik teman, caranya adalah :

  • Buka ke Find My app (jika memakai milik teman, login terlebih dahulu)
  • Buka tab Device
  • Pilih iPhone yang hilang pada pop up yang muncul, jika iPhone off, maka perangkat akan digambarkan dengan layar hitam’
  • Kemudian pilih “Notify When Found” pilihan ini dipergunakan untuk mengirimkan lokasi ketika ponsel menyala.
  • Langkah selanjutnya, bisa Anda ambil setelah menerima notifikasi lokasi ponsel. Apabila khawatir karena ponsel tidak kunjung mengirimkan notifikasi, bisa hubungi pihak berwajib langsung dan jangan lupa informasikan imei.
  • Apabila Anda melakukannya dengan tenang, cara-cara di atas bisa dilakukan dengan mudah. Semakin cepat langkah diambil semakin cepat pula iPhone kembali ke tangan bukan?

Sampai disini, semuanya sudah selesai dibahas dan Anda bisa langsung mencobanya. Caranya cukup sederhana ya, terkecuali bagaimana kalau ternyata tidak ada perangkat iPhone lain dan tidak bisa meminjam teman? Apakah harus langsung menyerah saja kalau keadaanya seperti ini?

Tenang, masih ada jalan lain yaitu dengan Android, ada cara melacak iPhone dengan Android yang bisa dicoba.

4. Cara Melacak iPhone Hilang dengan Android

Bagi Anda yang tidak memiliki gadget Apple lain dan tidak ada yang bisa dipinjami, bisa mencoba cara ini. Langkah-langkahnya juga cukup sederhana seperti berikut :

  • Buka browser Android dan login iCloud.com dengan Apple ID iPhone yang hilang
  • Pilih Find iPhone kemudian pilih iPhone yang hilang
  • Selanjutnya, Anda bisa mengikuti cara menemukan iPhone dengan fitur Find My app yang ada di atas.

Demikian informasi seputar cara melacak iPhone yang hilang. Semoga dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, Anda segera menemukan iPhone Anda yang hilang ya!

Mungkin anda juga membutuhkan ini: Cara Mengeluarkan Air Dari iPhone Dengan Mudah dan Praktis