Cara Menjaga Keamanan Komputer Untuk Pemula

Saat ini komputer bukan lagi barang langka, karena seiring dengan perkembangan zaman hampir semuanya dikerjakan dengan bantuan komputer. Pada akhirnya menjaga keamanan komputer pada komputer anda beserta data yang tersimpan didalamnya sudah menjadi suatu kebutuhan.

Komputer memang berguna dan sangat membantu. Tapi terkadang kita sebagai pengguna yang sering ceroboh, ataupun tidak sengaja melakukan kesalahan. Tidak jarang kesalahan ini berujung komputer anda kena hack atau virus.

Untuk yang mengerti komputer, hal ini bukan masalah tentunya. Mereka bisa memperbaiki sendiri. Tapi untuk user biasa? bikin ribet! Tidak jarang kita jadi kehilangan data berharga.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pengguna komputer biasa, agar lebih aman.

cara menjaga keamanan komputer

Tips Menjaga Keamanan Komputer Dari Hacker

Kita tidak bisa sepenuhnya melindungi komputer kita dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, tetapi kita dapat mencegah hal-hal yang dapat merusak komputer kita. Disini saya akan menyajikan beberapa tips menjaga keamanan komputer yang bisa kita lakukan untuk menjaga keamanan dan data kita:

1. Instal program antivirus

Software antivirus biasanya akan memberitahukan tanda-tanda virus terdeteksi, biasanya sering terdeteksi pada saat kita sedang browsing internet atau saat komputer terhubung ke perangkat lain yang sudah terdeteksi adanya virus.

Ini penting sekali. Antivirus bisa menjadi benteng pertahanan pertama dari komputer anda.

Sebagian orang berargumen kalau antivirus cuma bikin lemot komputer. Ini kesalahan besar. Efeknya terasa nanti saat kita kehilangan data karena terserang virus. Baru menyesal nanti.

Anda bisa gunakan antivirus gratis seperti Avas, Avira, AVG, dan sejenisnya. Ini sudah lebih dari cukup untuk menjaga keamanan komputer anda.

2. Jangan Simpan Data Sensitif Begitu Saja

Jangan sekali-kali menyimpan data pribadi atau data penting milik Anda seperti nama lengkap Anda, nomor telepon, data yang berhubungan dengan pekerjaan, alamat rumah, nomor kartu kredit di PC komputer Anda, tanpa proteksi tambahan.

Gunakan software tambahan untuk mengunci folder yang berisi file-file penting dan file pribadi. Ini bisa menghindari data anda dicuri oleh orang lain yang mengakses komputer anda.

Paling tidak mereka nanti tidak akan bisa membuka file sensitif anda.

3. Jangan Sembarangan Membuka File Yang Tidak Dikenali

Jangan sembarangan membuka file yang tidak Anda kenal tanpa dipindai terlebih dahulu dengan software antivirus. Install juga software firewall, untuk mencegah data Anda dicuri, karena firewall akan berfungsi memeriksa setiap data yang keluar dan data yang masuk.

Jangan sembarangan mendownload file yang di email, apalagi jika email tersebut menggunakan bahasa inggris.

4. Jangan Sembarangan Membuka Link

Jangan sembarangan membuka link website yang dikirim spam di email anda. Biasanya link ini berisikan script tertentu yang bisa mencuri data anda.

Hindari membuka link yang aneh dalam email, ataupun dari website tertentu di internet.

5. Update Berkala

Jangan lupa untuk selalu update baik OS maupun software yang terinstal di komputer.

Kerentanan yang baru ditemukan dalam sistem operasi seperti Windows setiap hari, jadi seseorang harus selalu memperbarui sistem perangkat lunak mereka.

Perangkat lunak yang membuat Anda tetap up to date sangat penting, karena itu akan mencegah peretas membobol sistemnya.

6. Gunakan Password Yang Rumit

Ada begitu banyak perangkat lunak yang akan mencoba semua kemungkinan kombinasi untuk Crack Kata Sandi. Ini dikenal sebagai teknik Brute force.

Jika kata rahasia hanya terdiri dari 4 atau 5 karakter, maka dengan mudah akan dipecahkan. Password Anda menjadi sulit untuk di hack jika terdiri dari 8 atau 9 karakter juga termasuk angka, huruf dan karakter khusus.

Untuk memeriksa kekuatan kata sandi Anda, ada banyak alat di internet. Ini adalah tip keamanan komputer yang penting yang harus dipertimbangkan setiap orang.

7. Gunakan Password Yang Berbeda

Gunakan kata sandi yang sama sekali berbeda. Kesalahan paling umum yang biasa dilakukan adalah menggunakan kata sandi yang sama di mana pun melalui internet.

Ya, sangat sulit untuk mengingat kata sandi untuk semua akun, namun disarankan untuk memiliki kata sandi yang berbeda untuk akun yang berbeda.

Terlihat ribet memang, tapi terasa banget nanti manfaatnya. Misalnya saja anda menggunakan password yang sama untuk Facebook dan email. Saat facebook anda diretas, mudah sekali orang untuk sekaligus hack email anda. Jika berbeda, mereka juga akan kesulitan.

8. Hindari Sofware Bajakan

Nah ini adalah penyakit di pengguna komputer di negara kita. Sebagian besar masih menggunakan software bajakan.

Sebisa mungkin, selalu gunakan software yang resmi dan legal. Jika belum bisa membelinya, gunakan alternatif versi freeware dari software tersebut.

Software bajakan seringkali menggunakan script atau program khusus untuk membuatnya jadi bisa digunakan. Nah, script dan program inilah yang bisa membuat komputer anda rentan di hack.

Jika datang dari sumber yang tidak benar, script ini bisa sekaligus menanamkan backdoor ataupun virus ke komputer anda. Hasilnya? komputer anda jadi rentan kena hack.

Biasanya cara ini juga yang sering digunakan oleh virus ransomware yang mengunci file-file di komputer.

9. Gunakan Addon/Ekstensi Ad Blocker di Browser

Ini juga saya rasa penting sekali. Jika anda suka mengakses internet di komputer, selalu gunakan ekstensi ad block di browser yang anda gunakan.

Ekstensi ini bisa ngeblok iklan dari berbagai website yang anda akses. Tidak cuma itu, ekstensi ini juga bisa mencegah website yang anda akses mengunduh file jahat/malware ke dalam komputer anda secara otomatis.

Gunakan addon atau ekstensi ad block yang sesuai dengan browser yang biasa anda gunakan.

Demikian tips singkat untuk menjaga keamanan komputer anda dengan mudah. Semoga artikel ini bisa membantu anda.