Cara Merawat Komputer Dengan Benar Agar Awet

Sudah menjadi kewajiban setiap pengguna untuk selalu merawat komputernya dengan baik agar komputer tidak rusak dan hang. Apalagi dengan berbagai perangkat komputasi baru di tahun 2020 ini, seperti laptop, iPad, tablet, dan berbagai perangkat canggih yang sangat diminati masyarakat dunia.

Komputer tidak boleh digunakan dan hanya digunakan oleh kita saja begitu saja komputer harus dirawat pada komponen-komponennya untuk menjaga agar komputer tetap dapat bekerja dan dapat terus digunakan oleh kita.

1. Tutup Program Yang Tidak Dibutuhkan

Cara merawat komputer dengan benar yang pertama adalah menutup program yang tidak dibutuhkan. Setiap program yang di-load membutuhkan memory RAM, sehingga semakin banyak program yang dijalankan maka semakin banyak memory yang dikonsumsi.

Dengan adanya ini selain dapat menyebabkan komputer anda berjalan lambat juga beban kerja komputer anda menjadi lebih berat.

Pada akhirnya akan dapat memperpendek umur komponen pada komputer anda.

2. Pasang Ventilasi CPU Yang Memadai

Intinya tips komputer ini adalah anda menempatkan monitor dan CPU di ventilasi udara dari dinding ke monitor / CPU cukup lebar dan udara yang mengalir cukup lancar.

Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan pemanasan yang berlebihan, sehingga rangkaian komponen akan cepat, sehingga panas dapat memperpendek umur komponen. Oleh karena itu, pastikan jarak setidaknya 30 cm antara CPU dan monitor.

3. Instal Program Antivirus dan Update Berkala

Untuk dapat mengenali virus baru di komputer Anda harus update program antivirus Anda secara teratur. Virus yang sudah menyebar di komputer bisa membuat Anda menginstall ulang komputer Anda.

Selain itu, hal tersebut juga akan menyebabkan harddisk Anda menjadi lebih mudah rusak dibandingkan jika Anda tidak sering menginstal ulang.

4. Hapus Program Yang Tidak Anda Gunakan

Menghapus program yang tidak Anda gunakan adalah salah satu cara merawat komputer dengan benar.

Disk space yang penuh akan memperlambat proses read atau write drive, sehingga beban kerja komputer anda akan semakin berat sehingga harddisk akan lebih rentan rusak.

5. Gunakan UPS / Stabilizer

Gunakan UPS untuk mengantisipasi mati lampu / mati mendadak yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen komputer Anda, terutama pada harddisk.

Jika Anda tidak memiliki UPS, gunakan stabilizer untuk mengantisipasi dan menstabilkan fluktuasi tegangan catu daya.

6. Defragmentasi Hard Drive Secara Teratur

Fungsi defragment adalah untuk mengatur file berdasarkan jenis data di harddisk. Dengan cara ini, bisa memudahkan proses read / write di komputer Anda sehingga beban kerja komputer Anda juga akan lebih ringan. Pada akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk Anda.

Caranya klik menu Start> Programs> Accessories> System Tools> Disk Defragmenter.

Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan, termasuk screensaver yang aktif di komputer Anda karena akan mengganggu fungsi program defragment.

7. Bersihkan Recycle Bin dan File Sampah Secara Teratur

Sebenarnya file / folder yang Anda hapus tidak akan hilang dari harddisk karena akan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin untuk sementara saat Anda masih perlu mengembalikannya.

Recycle Bin yang banyak akan memakan ruang harddisk yang mungkin menyebabkan pembacaan harddisk jadi lambat.

Anda bisa delete file dalam recycle bin di menu Windows Explorer> klik Recycle Bin> klik File> klik Empty Recycle Bin .

Atau bisa menjalankan fungsi Disk Cleanup Cara Start> Program> Accessories> System Tools> Disk Cleanup> kemudian pilih drive yang ingin Anda bersihkan. Setelah itu centang opsi Recycle Bin jika perlu, lalu klik OK.

8. Pasang Kabel Ground

Kadang kita suka kaget saat memegang casing CPU, karena adanya listrik statis. Pasang kabel ground untuk mengantisipasi listrik statis pada casing CPU.

Caranya ambil panjang kabel seperlunya, salah satu ujungnya disambungkan ke bodi CPU (casing) sedangkan ujung satunya lagi ditanam di lantai/tembok.

Tindakan ini akan menetralkan arus listrik yang “nyasar” pada komputer anda menjadi hilang dan tidak tersengat lagi dan juga dapat membuat komponen elektronik komputer anda lebih awet dan tahan lama.

9. Jangan Letakkan Speaker Aktif Terlalu Dekat Dengan Monitor

Tips dan trik cara merawat komputer dengan benar yang satu ini terdengar seperti hal yang biasa dilakukan, karena pada umumnya speaker diletakkan di dekat monitor pada sisi kiri dan kanan monitor agar terlihat lebih rapi.

Namun tanpa Anda sadari medan magnet yang ada pada speaker monitor akan mempengaruhi warna monitor menjadi tidak rata atau berbintik-bintik. Bolehkah kami menyarankan Anda aktif speaker yang masing-masing di kiri dan kanan berukuran 30cm agar medan magnet pada speaker tersebut tidak mempengaruhi warna monitor Anda.

10. Bersihkan CPU Secara Berkala

Seiring waktu, biasanya di dalam CPU akan terdapat debu. Apalagi jika sudah lama digunakan, lapisan debu yang terkumpul bisa cukup tebal.

Hal ini bisa membuat komponen komputer anda lebih panas, yang pada akhirnya lebih rentan rusak.

Sebisa mungkin secara berkala bersihkan debu-debu dari dalam PC anda. Gunakan vakum cleaner atau kuas untuk membersihkannya dengan benar.

Demikain tips ringan untuk merawat dan menjaga komputer anda agar lebih awet digunakan. Semoga membantu.