Cara Cek iPhone Original Dengan Mudah

Ada banyak alasan mengapa banyak orang jatuh hati pada iPhone walaupun harganya jauh berbeda dibanding Android.

Salah satunya dikarenakan kualitas iPhone selalu yang terdepan. Jadi tidak heran, kalau iPhone menjadi smartphone impian bagi banyak orang.

Cek Iphone Original

Kalau Anda juga termasuk salah satunya dan sudah punya cukup budget untuk membeli iPhone. Pastikan untuk membeli iPhone yang asli atau original.

iPhone palsu sangat banyak di pasaran, ini yang menjadikan Anda harus berhati-hati sebelum membeli. Olehnya itu, ketahui dulu cara cek iPhone original yang akan Kami ulas di artikel kali ini.

Simak juga: Penting Diketahui! Ulasan Lengkap Cara Cek IMEI iPhone

Perhatikan Tampilan Luar/Fisik iPhone

Hal pertama yang tertangkap mata tentunya tampilan luar dari iPhone. iPhone yang asli memiliki cover yang berbahan campuran logam serta kaca.

Selain memastikan material yang digunakan, Anda juga perlu mengecek letak semua tombol dan konektor USB berada di tempat yang benar.

Jika perlu, cek lagi apa semua tombol dapat berfungsi dengan baik dan tombol tidak tersangkut atau susah dipencet. Kemudian logo Apple yang menjadi ciri khas semua iPhone, Pastikan warna dan lokasi logonya tepat.

Raba serta gosok logo Apple pada iPhone, jika tidak ada perubahan atau pergeseran logo maka bisa dipastikan itu asli.

Cek Ketiadaan Slot Memori Eksternal

Semua smartphone keluaran Apple hanya menggunakan memori internal tanpa ketersediaan slot untuk memori eksternal. Hal ini dikarenakan semua seri iPhone sudah dilengkapi memori internal berkapasitas besar.

Bahkan seri terbarunya menawarkan memori internal hingga 256 GB. Jadi, jika Anda menemukan iPhone yang memiliki slot untuk tambahan memori eksternal. Maka, iPhone tersebut terindikasi palsu.

Periksa Kecocokan Nomor IMEI iPhone

Cara yang juga ampuh membedakan iPhone asli dengan yang palsu yaitu dengan cek IMEI iPhone dan mencocokkan IMEI iPhone. Nomor IMEI iPhone bisa ditemukan pada boks pembelian iPhone, di cover bagian belakang iPhone, pada menu setting, di slot SIM Card, serta saat mendial nomor *#06#.

Jika semuanya menunjukkan nomor IMEI yang sama, maka iPhone bisa dijamin keasliannya.

Cek Kembali Aplikasi iPhone

Di setiap smartphone dari brand Apple sudah dilengkapi aplikasi standar atau default yang bisa jadi acuan untuk mengecek keaslian iPhone. Semua iPhone asli memiliki aplikasi App Store.

Jadi pastikan untuk mengecek keberadaan aplikasi default dari iPhone ini. Saat menemukannya, jangan lupa untuk mencoba membuka aplikasi App Store tersebut. Jika koneksi internetnya tersedia tapi App Store tidak bisa diakses, Anda patut curiga dengan keaslian iPhone.

Mungkin ini yang anda cari: Cara Mengecilkan Ukuran Foto (Kompres JPG) Lengkap

Cek Kelengkapan isi Boks iPhone

Perlu juga untuk mengecek kelengkapan isi boks untuk tiap pembelian iPhone. Cek keaslian iPhone dengan metode ini sangat mudah.

Setiap boks iPhone baru yang asli akan berisi iPhone, power adaptor, headphones, petunjuk manual, kabel USB, dan SIM card ejector. Jika Anda tidak menemukan salah satu diantara item tersebut, iPhone bisa dipastikan palsu.

Cek Garansi iPhone yang Akan Dibeli

Brand Apple selalu menyertakan garansi untuk tiap pembelian iPhone dengan masa garansi maksimal 1 tahun. Garansi akan sama, baik itu untuk pembelian di Apple Store langsung atau di Reseller.

Untuk melakukan pengecekan garansi, terlebih dahulu ketahui nomor seri iPhone yang dapat dicari pada menu setting. Selanjutnya cek keaslian garansi pada web resmi Apple. Jika iPhone yang akan dibeli palsu, maka info keaslian garansi tidak bisa diakses atau garansinya sudah kadaluarsa.

Coba Cek Koneksinya dengan iTunes

iTunes merupakan software eksklusif dari Apple yang diperuntukkan hanya bagi pemilik iPhone. iTunes bisa jadi alternatif untuk mengecek keaslian iPhone. Karena hanya iPhone yang asli saja yang bisa terkoneksi dengan iTunes.

Cara pengecekannya, Anda tinggal menghubungkan iPhone ke komputer yang telah memiliki software iTunes didalamnya. Jika iTunes bisa membaca dan terkoneksi dengan perangkat iPhone, maka iPhone dijamin asli.

Ketahui Harganya

Perbedaan mencolok antara iPhone asli dengan palsu yaitu harga. Harga iPhone asli cenderung stabil dan tentunya cukup mahal. Jadi, jika Anda menemukan penjual yang menawarkan iPhone dengan harga sangat murah hingga setengah harga dari harga iPhone sebenarnya. Maka, Anda patut curiga.

Tapi, saat Anda ditawari iPhone yang memasang harga asli. Anda tetap harus curiga dan melakukan pengecekan keaslian secara seksama.

Retina Display pada iPhone

Retina display menjadi fitur unggulan dari iPhone. Dengan keberadaan teknologi retina display, tampilan layar dari iPhone memiliki  resolusi yang tinggi. Jadi, jangan percaya saat Anda ditawari iPhone tapi tampilan layarnya buram.

Itulah beberapa cara cek iPhone original yang mesti Anda lakukan agar tidak tertipu untuk membeli iPhone palsu. Tidak ada salahnya melakukan pengecekan dengan teliti sebelum membeli iPhone.

Berhubung karena harganya juga mahal,  Anda tentunya tidak ingin kecewa dengan  membeli iPhone palsu,  bukan?

Mungkin anda menyukai ini: Kinemaster Pro Apk Mod [Unlocked dan Tanpa Watermark]