7 Daftar Emulator PS1 Terbaik Untuk PC Dan Juga Android

Emulator PS1 jadi salah satu solusi bagi mereka yang rindu ketika akan bermain game PS1. Sensasi bermain PS1 dengan menggunakan PC atau Android bisa saja dirasakan dengan seru. Sulitnya menemukan PS1 apalagi CD yang kini sudah tidak diperjual belikan membuat sebagian orang berpikir tidak lagi bisa bermain PS1.

Jawabannya ada di emulator PS1 di PC maupun emulator PS1 Android, yang membuatnya tidak lagi hal yang mustahil. Banyaknya pilihan emulator tersebut terkadang membuat sebagian orang bingung.

Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai apa saja daftar emulator tersebut supaya bisa jadi sedikit gambaran.

daftar emulator ps1 terbaik

1. Emulator ePSXe untuk PC Dan Android

Menjadi salah satu emulator PS1 PC terbaik saat ini, anda perlu banget mencobanya di rumah. Emulator ini sudah banyak yang menggunakannya untuk menikmati sensasi nostalgia bermain PS1 di PC. Diinstal lebih dari 1 juta pengguna membuktikan jika software ini memang favorit banyak orang pecinta PS1 saat ini.

Emulator PS1 untuk PC ini hanya berukuran 11 MB dengan pilihan kustomisasi banyak dengan plugin dan bios beragam. anda bisa menikmati hasil gambar lebih tajam dan FSP lebih stabil saat menggunakan Plugin dan setting berbeda. Tunggu apalagi, segera instal dan nikmati kenyamanan dan keasyikan bermain PS1 di PC.

Untuk pengguna android dan tidak punya PC sendiri, tidak usah berkecil hati karena software ini juga termasuk emulator PS1 android terbaru. Perangkat android yang mensupport dengan OS 2,3 (Gingerbread) dan tipe lebih tinggi darinya.

Walau demikian, perlu kita ingat betul jika aplikasi ini tidaklah gratis namun berkualitas.

Simak juga: Emulator PS3 terbaik

2. Mednafen Untuk PC

Ada Mednafen sebagai emulator PS1 buat PC yang patut sekali jadi rekomendasi terbaik saat ini. Software ini tersedia gratis untuk mereka penggila PS1 yang ingin kembali menikmati keseruannya. Agaknya untuk mereka yang belum punya PC, masih perlu bersabar karena aplikasi ini tidak tersedia dan diinstal di tempat lain.

Untuk mereka yang hanya mempunyai laptop, emulator PS1 di laptop ini bisa digunakan nantinya. anda tidak hanya menikmati sensasi bermain PS1, software tersebut juga menyediakan beberapa game dari konsol NES dan Game Boy.

Tunggu apalagi pengguna PC dan Laptop, segera instal software ini dan mainkan gamenya.

3. PcsxR Untuk PC

Emulator PS1 PC terbaik juga perlu banget disematkan pada software ini karena pengalamannya yang lama. Software ini sudah digunakan sebagian penikmat PS1 di PC sejak tahun 2010. Mereka terus saja berinovasi dan berkembang dengan baik hingga kini, selain software lebih responsif juga hasilkan gambar jauh lebih bagus.

Jika anda ingin mencari emulator PS1 PC ringan, software ini memang bisa menjadi jawabannya. Tunggu apalagi, segera unduh dan juga menginstalnya pada PC anda di rumah. Nikmati keseruan bernostalgia ketika dulu bermain PS1 dengan media yang pastinya berbeda dan kualitas yang cukup berkembang lebih baik lagi.

Baca: Game masak terbaik

4. FPse Untuk Android

Bukan termasuk emulator PS1 android free, namun software ini perlu banget ada di daftar emulator untuk PS1 terbaik. Anda bisa merasakan keseruan bermain game PS1 dengan grafik yang bagus karena menggunakan software OpenGL. Ada hal lain lagi yang menarik yaitu pilihan game menarik yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara menggunakan emulator PS1 di android dengan aplikasi FPse sebenarnya cukup mudah dilakukan. Setelah download dan file di extract, simpan pada SDcard dan kasih nama yang sesuai. Setelah siap, jalankan aplikasi tersebut hingga muncul suatu pemberitahuan adanya persetujuan untuk kemudian anda tekan “Yes”.

Emulator PS1 Apk ini nantinya akan ada pemberitahuan lagi berupa “First Instructions…” untuk kemudian tekan “OK”. Selanjutnya ada perintah untuk memasukan file ISO atau CD.

Pilih folder yang terdapat File ISO dan jika belum punya CD ada baiknya download terlebih dahulu di beberapa pencarian Google.

5. ClassicBoy

Emulator PS1 terbaik juga patut disematkan pada software ClassicBoy karena beberapa keunggulannya. Dengan kapasitas 20 MB, aplikasi ini ternyata sudah banyak yang mendownloadnya. Terbukti dengan lebih dari 1 juta kali download walau software ini harus di support oleh android OS 2.3 Gingerbread dan diatasnya.

Untuk pengguna PC, anda juga sebaiknya perlu sekali mencobanya di rumah karena termasuk emulator PS1 PC terbaru. Anda tidak hanya bisa merasakan permainan PS1 yang seru di sana, tapi ada beberapa konsol di sana.

Adapun konsol Nintendo, GameBoy, NES, Sega dan juga lainnya yang bisa dipilih sesuka hati anda sendiri.

Simak: Rekomendasi game online terbaik

6. EmuBox

Download emulator PS1 untuk android dengan nama EmuBox karena sudah banyak juga peminatnya. Lebih dari 500 kali diunduh, aplikasi ini sebenarnya mendukung android dengan OS 4,1 Jelly Bean.

Anda juga perlu mengingat betul jika aplikasi ini memang tidak menyediakan adanya ROM game, namun ada kelebihan lainnya juga.

Emulator PS one ini juga tidak hanya mendukung PS1 dan PSX, namun juga konsol game lainnya juga. Ada NDS, GBA, GBC, SNES dan juga tidak ketinggalan NES menjadi beberapa konsol yang tersedia di sana. Software ini juga mendukung gamepad berteknologi wireless, tunggu apalagi segera download dan gunakan.

7. RetroArch

Setelah melihat macam-macam emulator PS1 seperti tersebut di atas, anda sebaiknya tidak ketinggalan dengan RetroArch. Software ini punya konsep one-stop-shop dalam memenuhi kebutuhan akan hiburan. Anda bisa menggunakan dan mengunduhnya secara gratis dengan besaran bobot 97MB nantinya.

Termasuk cukup besar di kelasnya, software ini harus didukung oleh android 4,1 Jelly Bean dan perangkat yang ada di atasnya. Emulator PS1 game ini sudah banyak yang memang mengunduh dan menggunakannya lebih dari 1 juta kali unduh. Apa anda juga tertarik dengan software ini? Segera lakukan download dan instal.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kita tidak akan menjumpai adanya iklan dalam aplikasi saat dijalankan. Walau gratis, aplikasi ini sangat membuat nyaman penggunaannya. Biasanya ada banyak orang yang paling anti terhadap iklan yang mengganggu saat menikmati keseruan bermain game di android.

Setelah mengetahui daftar emulator PS1 seperti tersebut diatas, pasti anda sendiri sudah punya pilihan tersendiri. Segera instal software yang kiranya cocok dan terbaik ya.

Nikmati segera keseruan bermain PS1 layaknya bernostalgia pada masa-masa terdahulu saat ramai adanya PS1 pastinya.