Cara Mengembalikan File Foto Yang Telah Terhapus Pada Android

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini tentunya sangat mendukung kita semua dalam berkomunikasi. Semakin canggih teknologi yang kian berkembang akan lebih membantu tentunya pada anak-anak muda yang juga sedang merintis usaha. Namun di tengah canggihnya teknologi, tentunya ada juga kendala yang harus dicermati para pengguna.

Salah satu musibah yang datang dari canggihnya teknologi saat ini adalah apabila kamu tidak sengaja menghapus foto dalam handphone androidmu. Mungkin karena terlalu berambisi untuk melihat ulang kenangan yang telah silam, sampai akhirnya kepencet terhapus. Pastinya sangat disayangkan bukan, pasti terngiang fatal.

Namun kini kamu tak perlu cemas, disini akan kami bahas mengenai 2 cara mengembalikan file foto yang telah terhapus pada handphone androidmu. Banyak aplikasi lain yang mungkin masih mampu menopang permasalahan ini, namun disini kami sajikan dua dari berbagai macam yang terbaik sesuai keunggulan yang dimiliki aplikasi tersebut.

Tak bisa dipungkiri memang kumpulan foto merupakan sekumpulan kenangan yang tak mungkin jadi sekedar angan. Namun menjadi sebuah kenangan kamu dengan keluarga, kerabat atau bahkan orang lain. Seperti contoh yaitu berbagai foto pada saat bersekolah atau bahkan pada saat moment wisuda, atau foto pernikahan bahkan kelahiran sang buah hati.

Tentu disayangkan ketika tidak ada usaha apapun dalam mengembalikan kehilangan file tersebut bukan. Dua metode yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan file foto yang terhapus di handphone androidmu adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang sebenarnya telah disediakan android. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi-aplikasi tersebut melalui play store yang kemudian siap pakai untuk segera mengatasi permasalahan kehilangan moment istimewa ini,  antara lain:

Baca:   Cara Mengaktifkan Developer Option di Smartphone Samsung

Lihat : Cara menggunakan WhatsApp web, menyadap WhatsApp, dan trik lain

Aplikasi Dumpster

Salah satu aplikasi pendukung untuk mengembalikan file foto yang telah terhapus pada android yaitu aplikasi dumpster. Dumpster bisa  disebut recycle bin yang merupakan sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk mengembalikan berbagai file yang telah terhapus.

File tersebut diantaranya adalah foto, video, atau bahkan dokumen pendukung yang ada pada android lainnya. Cara menggunakan aplikasi dumpster cukuplah mudah antara lain:

Install Aplikasi Dumpster

Cara Mengembalikan File Foto Yang Telah Terhapus Pada Android 1

Pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menginstall aplikasi dumpster dari play store androidmu. Masuklah ke play store androidmu, kemudian pilih aplikasi dumpster. Aplikasi ini membuat androidmu terlihat layaknya pada windows dimana terdapat recycle bin untuk tetap menyimpan berbagai file yang telah terhapus. Sangat menarik bukan, dimana kamu bisa merasakan sensasi windows pada andoridmu sendiri.

Baca:   5 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Yang Tidak Berfungsi

Karena pada dasarnya aplikasi dumpster ini memang disetting untuk menyimpan file yang telah terhapus. Aplikasi inipun sudah merupakan salah satu aplikasi pemulihan dokumen atau file foto terbaik. Aplikasi dumpster inipun mampu mencover file yang telah terhapus dalam bentuk  foto, video, docx, PDF, mp3 dan lain sebagainya.

Dumpster 1

Deep Scan Recovery

Setelah kamu install, kamu sudah bisa langsung menggunakannya dengan memilih ikon tiga garis yang berada di pojok kiri atas, kemudian pilih deep scan recovery.

Pilih Dokumen

Setelah kamu memilih deep scan recovery, maka aplikasi akan menampilkan berbagai dokumen atau foto yang tersimpan  sekaligus yang telah terhapus.

Disini segeralah kamu bebas memilih mana saja dokumen yang akan kamu tarik kembali. Aplikasi ini cukup membantu mempermudah meringankan keluhanmu kawan, jangan takut sebentar lagi dokumen atau file fotomu akan kembali ke galeri.

Dumpster 3

Restore to Gallery

Kemudian setelah memilih berbagai dokumen foto yang akan kamu kembalikan, dokumen foto tersebut akan otomatis kembali ke galeri androidmu.

Aplikasi Google Photos

Dalam metode pengembalian file foto yang telah terhapus pada android, selain aplikasi Dumpster, kamu bisa juga memakai aplikasi Google Photos. Kedua aplikasi ini sama-sama unggul dalam penarikan kembali beberapa dokumen terutama foto, dengan cara:

Baca:   Cara Root dan Instal TWRP di Xiaomi Redmi Note 4

Install Aplikasi Google Photos

Pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menginstall aplikasi google photos di play store androidmu. Aplikasi inipun tak kalah canggih dengan aplikasi dumpster dalam media pengembalian berkas file foto yang telah terhapus.

Pilih Trash

Setelah kamu install, kamu sudah bisa langsung menggunakannya dengan memilih ikon tiga garis yang berada di pojok kiri atas, kemudian pilih trash.

Pilih Dokumen

Setelah kamu memilih trash, maka aplikasi akan menampilkan berbagai dokumen atau foto yang tersimpan  sekaligus yang telah terhapus. Disini segeralah kamu bebas memilih mana saja dokumen yang akan kamu tarik kembali. Kamu bebas memilih foto atau dokumen apapun yang sekirangya telah terhapus. Dengan aplikasi ini sangatlah memudahkan.

Restore to Gallery

Kemudian setelah memilih berbagai dokumen foto yang akan kamu kembalikan,  kamu pilih ikon tiga titik  di kanan atas, pilih Restore. Dokumen foto yang kamu tarik akan  otomatis muncul di galeri.

Kedua aplikasi diatas sama-sama memiliki keunggulan yaitu dengan cepat dan mudah mengembalikan file foto yang telah terhapus supaya muncul kembali di galeri androidmu. Tidak lain tidak bukan, kecepatan perkembangan teknologi sekarang ini mampu menyaingi kepintaran-kepintaran kita.

google photo 1

Semoga informasi ini berguna unutk anda.

Categories Tips

Leave a Comment