5 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Yang Tidak Berfungsi

Sering kali fitur fingerprint Xiaomi membuat kita jengkel karena fungsinya yang sudah tidak prima seperti biasanya atau malah tidak berfungsi sama sekali.

Untuk itu, artikel ini saya tulis dengan topik utama cara mengatasi fingerprint Xiaomi yang tidak berfungsi agar informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu. Langsung saja simak informasi selengkapnya ya.

1. Atasi Masalah Fingerprint dengan Restart HP

Ada apa dengan Restart HP? apakah cukup mengatasi masalah fingerprint dengan hanya merestart HP saja? Yaps. Kenapa tidak. Restart HP adalah salah satu cara mengatasi fingerprint Xiaomi yang tidak berfungsi. Walaupun Restart HP terkesan tidak begitu penting, tapi nyatanya ada problem pada HP android yang bisa selesai dengan cara merestart HP.

Tujuannya sudah pasti untuk menyegarkan atau refresh system ponsel android itu sendiri. Metode ini tidak hanya berlaku untuk Xiaomi saja, namun untuk semua HP android yang menggunakan fitur fingerprint.

Jadi, cara mengatasi fingerprint Xiaomi yang tidak berfungsi dengan metode yang pertama adalah restart HP Xiaomi kamu. Caranya adalah, tekan tombol power HP Xiaomi mu beberapa detik, lalu pilih atau tap restart. Maka, proses restart HP Xiaomi mu akan segera dimulai.

Baca:   3 Cara Reset Ulang HP Samsung Galaxy Agar Seperti Baru Lagi

5 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Yang Tidak Berfungsi 1

2. Jangan-jangan, Sidik Jarimu Kotor

Penyebab fingerprint Xiaomi tidak berfungsi atau kurang maksimal fungsinya tidak selalu diakibatkan oleh perangkat. Sidik jari bekas makan gorengan, makan pakai tangan, atau bekas memegang barang yang penuh debu adalah salah satu penyebabnya. Bisa jadi karena sidik jari mu kotor.

Fingerprint adalah fitur lock/unlock dengan cara mendeteksi sidik jari. Jika jari jemari mu kotor, bagaimana mungkin fitur fingerprint ini bisa berfungsi dengan baik untuk mendeteksi sidik jari kamu.

Jadi, tips yang kedua adalah periksa kebersihan sidik jari mu. Jika fitur fingerprint HP Xiaomi mu tidak berfungsi, coba cuci dulu tanganmu ya. Dan, metode ini juga tidak hanya berlaku untuk HP Xiaomi saja, namun untuk semua HP yang memakai fitur fingerprint.

Baca : Cara menggunakan WA web, menyadap WhatsApp, dan trik lain

3. Upgrade ROM MIUI ke Versi Terbaru

Pernahkah kamu berpikir untuk apa developer menciptakan versi ROM MIUI terbaru? Yaps. Benar sekali. Maksud dari developer menciptakan versi ROM MIUI terbaru tentunya untuk memperkecil adanya bugs atau kesalahan pada perangkat Xiaomi.

Selain itu, tentunya kamu  juga bisa mencoba lebih banyak fitur baru yang tidak disediakan pada versi ROM MIUI yang kamu pakai sebelumnya. Kemungkinan lain, bisa jadi penyebab fingerprint HP Xiaomi kamu yang eror itu terjadi karena kesalahan sistem yang kamu lakukan secara tidak sengaja.

Baca:   Ini Dia Cara Download Video Instagram di HP Android

Maka dari itu, tidak ada salah juga kan jika kamu melakukan upgrade ROM MIUI ke versi terbaru agar tidak terjadi bugs atau kesalahan pada system. Jadi, untuk mengatasi masalah fingerprint ini, kamu bisa coba metode upgrade ROM MIUI ke versi terbaru.

5 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Yang Tidak Berfungsi 2

4. Flash ROM ke ROM Resmi Gobal Stable

Jika cara mengatasi fingerprint Xiaomi yang tidak berfungsi di atas sudah kamu lakukan namun belum menemukan hasil, cobalah lakukan cara yang satu ini, yaitu dengan cara melakukan flash ROM ke ROM resmi global stable. Seperti yang sudah  kita tahu bersama, saat ini tidak sedikit handphone Xiaomi yang beredar dengan menggunakan ROM distributor pada sistemnya.

Padahal ROM distributor ini memiliki banyak kekurangan yang berpotensi menyebabkan terjadinya berbagai masalah kecil hingga masalah besar pada perangkat Xiaomi.

Maka dari itu, melakukan flashing ROM ke ROM resmi Global Stable bisa menjadi solusi yang tepat untuk menyelesaikan trouble fingerprint yang tidak berfungsi pada HP Xiaomi kamu. Jadi metode untuk mengatasi masalah fingerprint Xiaomi yang satu ini adalah melakukan flash ROM ke ROM resmi global stable.

Baca:   2 Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara di HP Android

5. Bawa HP Xiaomi Mu ke Service Center

Jika semua cara yang saya paparkan diatas sudah kamu lakukan namun belum juga memiliki hasil, mungkin cara satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah membawa HP Xiaomi kamu ke service center Xiaomi untuk diperbaiki permasalahan sensor fingerprintnya.

Kamu bisa cek atau melihat lokasi service center terdekat Xiaomi dengan searching Google. Buka Google dan ketik saja service center Xiaomi terdekat di daerah tempat tinggalmu pada kolom pencarian. Tentunya, cara ini membuat kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Atau mungkin kamu memang harus ganti handphone baru.

Nah seperti itulah cara mengatasi fingerprint Xiaomi yang tidak berfungsi yang bisa saya share saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat. Dan jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman mu yang lain. Share ke media sosial mu seperti instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya. Atau, jadikan informasi ini sebagai bahan obrolan bersama teman-teman mu ya. Karena siapa tau teman-teman mu yang lain sedang membutuhkan informasi ini.

Categories Tips

Leave a Comment