Cara Mengatasi Adobe Reader Tidak Bisa Di Instal Di PC atau Laptop

Adobe Reader merupakan salah satu produk Adobe untuk bisa membaca file jenis PDF. Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi alternatif untuk membaca file PDF, namun Adobe Reader masih banyak digunakan hingga sekarang.

Akan tetapi, beberapa pengguna juga sempat mengeluh ketika Adobe Reader justru tidak  bisa diinstal pada PC atau laptop. Biasanya akan muncul keterangan “Adobe Acrobat Reader DC did not install successfully”.

Untuk bisa mengatasi itu, tentunya kita harus mengetahui dulu apa penyebabnya. Beberapa faktor Adobe reader tidak bisa diinstal pada Pc atau laptop adalah sebagai berikut:

cara mengatasi adobe reader tidak bisa diinstal pada pc atau laptop

Faktor Adobe Reader gagal diinstal

  • Sebelumnya pernah instal Adobe Reader tapi dihapus lagi.
  • Terdapat antivirus yang “melarang” Adobe Reader terinstal.
  • Koneksi yang tidak stabil menyebabkan file mengalami corrupt saat download.
  • Saat gagal instal Adobe Reader ada bacaan “Newer Version Already Installed”.

Cara mengatasi Adobe Reader Tidak Bisa Di Instal

1. Buka program “instal and Uninstall Troubleshooter”

Cara pertama untuk mengatasi ini adalah memanfaatkan program Instal and Uninstall Trobleshooter. Program tersebut bisa dijadikan solusi untuk memperbaiki software yang sulit diinstal.

Dengan begitu, program ini dapat memperbaiki pesan kesalahan saat  menginstal perangkat lunak. Untuk bisa membuka program Install dan Uninstall, ikuti petunjuknya sebagai berikut:

  • Buka browser dan masuklah ke halaman di sini.
  • Setelah itu, Anda harus download file tersebut dan menginstalnya.
  • Saat Anda akan menginstal, akan muncul sebuah halaman Trobleshoot and help prevent computer problems. Silakan klik Next.
  • Selanjutnya, pilihlah opsi installing.
  • Nanti akan muncul halaman untuk memilih aplikasi yang ingin diinstal atau tidak terdaftar. Karena kita membutuhkan Adobe Reader, maka pilih saja “Adobe Acrobat Reader DC” dan pilih Next.
  • Selesai, selanjutnya masuk ke tahap menginstal kembali Adobe Reader.

Cara pertama ini hanyalah membuka pintu agar aplikasi bisa terinstal pada PC atau laptop. Selanjutnya masuk ke bagian kedua.

Simak juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Unallocated

2. Download Adobe Reader lagi

Silakan Anda kembali download Adobe Reader yang terbaru. Jika sebelumnya sudah download, sebaiknya dihapus saja dan diganti dengan file baru. Pastikan Anda download file Adobe Reader melalui situs resminya.

3. Lakukan Run Adobe Reader installer as Administrator

Saat file Adobe Reader telah selesai didownload, selanjutnya jangan langsung double klik. Akan tetapi, klik kanan pada file Adobe Installer lalu klik “Run as Administrator”.

Hal ini dilakukan agar file installer dapat berjalan dengan hak admin. Dengan begitu, diharapkan tidak ada masalah ketika melakukan instal software.

Baca juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Di Format

4. Lakukan uninstall software Adobe Reader sebelumnya

Perlu Anda ketahui jika tidak semua aplikasi Adobe mendukung beragam versi Reader pada PC dan Laptop. Maka dari itu, pastikan Anda hapus aplikasi Adobe Reader versi lama.

Untuk melakukan uninstall bisa dengan cara biasa atau melalui aplikasi bernama Acrobat Cleaner Tool. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Advance Uninstaller PRO. Untuk caranya sendiri bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Silakan download aplikasi Advanced Uninstall PRO melalui halaman ini.
  • Setelah Anda melakukan download, jalankan aplikasi Advanced Uninstall PRO Setup Wizard untuk bisa menambahkan software pada PC atau laptop.
  • Jika sudah diinstal, silakan buka jendela Advanced Uninstall Pro dan klik Uninstall Programs.
  • Berikutnya pilih aplikasi Adobe Reader yang sudah terinstal sebelumnya.
  • Lalu klik saja tombol Uninstall.
  • Selanjutnya, klik tombol Use The leftover scanner dan pilh Yes untuk dapat melepas aplikasi Adobe Reader yang terinstal.
  • Setelah itu, Aplikasi Uninstall jendela akan terbuka di mana pun Anda dapat memilih File sisa dan juga bagian entri registri untuk dapat dihapus. Silakan pilih sisa file di sana dan klik Next agar dapat menghapusnya.
  • Jika sudah semuanya, silakan restart PC atau laptop yang digunakan agar proses penghapusannya berjalan lancar.
  • Setelah PC atau laptop hidup kembali, silakan instal Adobe Reader yang terbaru.

5. Kosongkan Windows File System Transaction Log

Apabila muncul pesan error yang tertulis “1935 Error” ketika menginstal Adobe Reader, maka kita mengosongkan Windows File System Transaction Log. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kesalahan pada bagian log transaksi.

Untuk bisa mengatasi hal ini, silakan ikuti caranya di bawah ini:

  • Klik kanan pada menu Start dan masuk ke Command Prompt. Anda juga bisa menggunakan cara lainnya seperti tekan tombol Windows + R. Setelah muncul program Run, silakan ketik CMD lalu klik OK.
  • Setelah Command Prompt terbuka, ketik fsutil Resource setautoreset True C:” dan tekan tombol return
  • Nantinya PC atau laptop akan melakukan restart dan cobalah Anda tunggu.

Baca juga: Cara Membagi File Besar

6. Turn Off McAfee Virus Scan

Biasanya anti virus McAfee menjadi penyebab Adobe Reader tidak bisa diinstal. Maka dari itu, untuk melakukan turn off antivirus ini, silakan dimak di bawah ini:

  • Klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager
  • Setelah itu, klik tab start up untuk membuka daftar program startup yang berjalan di PC atau laptop
  • Selanjutnya pilih McAffe VirusScan dan silakan tekan tombol Disable
  • Setelah itu, lakukan restart pada Windows. Pastikan Anda belum menginstal Adobe reader.

Itulah beberapa cara mengatasi Adobe Reader tidak bisa diinstal pada PC atau laptop. semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.