Cara Menggunakan Open VPN Connect di Android

VPN (Virtual Private Network) merupakan layanan koneksi yang memberikan kamu akses ke situs website secara aman dan private. Caranya dengan mengubah arah jalur koneksi melalui saluran server, serta menyembunyikan pertukaran data yang akan atau sudah terjadi.

Secara sederhana, VPN dapat mengoneksikan smartphone kamu, tablet-mu, maupun PC milikmu ke komputer yang lainnya, hal ini biasa disebut juga dengan VPN Server, tentunya di suatu tempat yang telah terhubung dengan jaringan internet.

Hal tersebut akan mengizinkan kamu untuk menjelajahi internet dengan menggunakan jaringan internet dari komputer tadi.

 

cara menggunakan open vpn connect di android

Jadi, apabila komputer atau server yang ada di negara yang berbeda, hal itu akan membuatnya menjadi lokasi negara yang kamu gunakan ketika jaringan internet mencoba menghubungkan kamu melalui koneksi internet tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat mengakses sesuatu yang bahkan tidak bisa kamu akses dari negara asalmu.

Baca juga: Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Aplikasi

Hal Yang Di Perlukan

Open VPN merupakan salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuka situs yang telah terblokir dari sekian banyak jenis aplikasi vpn yang gratis tanpa berbayar maupun yang telah berbayar.

Ada dua hal yang kamu butuhkan untuk menggunakan open vpn connect di android ini yaitu;

  1. Akun VPN dan Aplikasinya yaitu Open VPN
  2. Smartphone, dalam hal ini adalah android.

Cara Mendapatkan Akun VPN Gratis

Agar kamu bisa mendapatkan akun VPN yang gratis, caranyapun cukuplah mudah, berikut ini penjelasannya.

  • Kunjungilah situs VPN seperti di samping ini, https://www.vpnjantit.com/free-openvpn.html
  • Kamu akan diharuskan untuk memilih lokasi negara mana yang ingin kamu pakai nantinya. Misalnya saja kamu memilih Negara Singapore. Hal ini sangat dianjurkan karena lokasi negara Singapore sendiri sangatlah dekat dengan lokasi negara tempat kita tinggali yaitu, Indonesia.
  • Klik Create Account kemudian create account openvpn
  • Masukkan username dan password yang kamu inginkan. Kemudian klik Create Account openvpn gratis
  • Apabila sudah berhasil, maka akan muncul sebuah username dan password kamu tepatnya di bagian sebelah kanan. Lalu, lakukan klik Download Config dengan menggunakan akun openvpn tadi.
  • Setelah itu, secara otomatis config akan mulai terunduh namun masih dalam bentuk zip. Ekstraklah file zip tersebut, di dalamnya akan terdapat banyak sekali kumpulan akun openvpn yang dapat kamu gunakan
  • Jika sudah, berarti saat ini kamu sudah memiliki akun openvpn-nya. Langkah selanjutnya adalah menggunakannya di android.

Sedikit catatan, untuk akun VPN yang berasal dari jantit sendiri hanya dapat digunakan untuk dalam waktu 3 hari saja. Jadi, setiap 3 hari sekali, kamu harus membuat akun vpn yang baru lagi agar tetap bisa terus digunakan.

Simak: Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android

Cara Menggunakan OpenVPN Connect di HP Android

  1. Downloadlah aplikasi OpenVPN yang ada di playstore
  2. Lalu, pindahkan akun VPN yang sudah terdownload tersebut ke hp androidmu. Jalankan aplikasinya.
  3. Setelah aplikasi OpenVPN sudah kamu install di androidmu, bukalah aplikasi tersebut dan kemudian kliklah Files cara menggunakan openvpn yang sudah kamu buat tadi.
  4. Selanjutnya, klik Browse. Lalu klik menu import.free vpn Singapore. Sudah dijelaskan di penjelasan sebelumnya bahwa di sini kita akan menggunakan negara Singapore dalam proses ini.
  5. Setelah itu, masukkanlah username dan password yang sudah kamu buat tadi.
  6. Lalu, lakukan klik Add.menggunakan openvpn tersebut.
  7. Untuk cara menghubungkan akun vpn, kliklah tombol yang memiliki warna abu-abu.
  8. Apabila sudah dapat terhubung, maka tombol tadi akan berubah warna dari abu-abu menjadi warna hijau. Dan akan muncul sebuah statistika koneksi kamu.

Saat ini, kamu sudah bisa mengakses vpn menggunakan openvpn connect di android kamu. Jadi, sekarang kamu sudah bisa mengakses situs yang telah diblokir di negara asalmu.

Manfaat VPN

Setelah kamu mengetahui fungsinya, dan cara menggunakannya, kamu juga harus mengetahui apa manfaat dari VPN itu sendiri.

Secara umum dan keseluruhan, VPN adalah hal yang mampu menjaga sebuah privasi milik seseorang karena juga mampu menyembunyikan jaringan koneksi saat sedang  berselancar di internet tersebut.

Hal ini juga bisa dilakukan karena nomor IP penggunanya juga akan otomatis disamarkan. Jadi, orang-orang tidak akan tahu dari mana lokasi asal pengguna VPN tersebut.

VPN juga bermanfaat bagi para pekerja di bidang IT. Dengan VPN ini, mereka dapat mengakses jaringan computer milik kantor yang berasal dari mana saja melalui sebuah jaringan internet. Selain itu juga, VPN pun bisa menjaga sebuah kerahasiaan dan keamanan sebuah data dari serangan para peretas (hacker).

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi Android dengan Apex Launcher

Itulah dia penjelasan mengenai inti dari cara menggunakan OpenVPN connect di android. Semoga dapat membantu masalah yang sedang kamu alami.