Daftar Emulator PS2 Terbaik Untuk PC dan Android

Ingin bermain game PS2 di PC atau Android? Anda bisa melakukannya dengan menggunakan PS2 Emulator.

Terdapat cukup banyak Emulator PS2 yang dapat Anda jalankan untuk bermain semua game PS2 di PC atau Android. Simak daftarnya di bawah ini.

Berikut ini daftar Emulator PS2 PC yang dapat Anda jalankan untuk bermain game PS2 di komputer Anda.

emulator ps 2

PS2 Emulator PC Terbaik

1. PCSX2

PCSX2 merupakan Emulator PS2 terbaik PC yang sampai sekarang memiliki jumlah pengguna terbanyak diantara emulator lainnya.

Emulator ini bahkan memiliki kompatibilitas sebesar 90% terhadap semua judul permainan di Playstation 2. Jadi dengan menjalankan PCSX2, Anda dapat bermain hampir semua game yang ada di PS2.

Tidak hanya itu, PCSX2 juga mendukung resolusi layar hingga 4096 x 4096 pixel, yang membuat gambar visual menjadi semakin jelas.

PCSX2 juga sudah mendukung resolusi HD dengan tambahan fitur anti-aliasing, yang mampu membuat tekstur pada gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik dan lebih halus.

Saat sedang bermain game, PCSX2 juga memberikan fitur khusus yang bisa membuat Anda bisa menyimpan (save) permainan kapan saja, dan membukanya kembali tanpa harus kehilangan momen berharga di game. Fitur tersebut tentu sangat menarik, layaknya fitur yang ada pada beberapa game saat ini.

Lalu pada segi controller bagaimana? Anda tidak perlu khawatir, karena PCSX2 mendukung semua kontroler PC. Seperti Controller Xbox 360, Logitech, PS3, PS2, dan kontroler lain yang bisa dihubungkan ke PC.

Last but not least, PCSX2 juga menghadirkan fitur recording dengan hasil Full HD. Rekam permainan Anda dengan tombol F12 (default).

Baca juga: Cara menghapus file duplikat di laptop

2. Retroarch

Aplikasi Emulator PS2 PC yang kedua adalah Retroarch. Retroarch hadir dengan tampilan antar muka yang sangat elegan dan user friendly.

Emulator PS2 ini hadir dengan fitur pengaturan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi PC Anda. Mulai dari pengaturan resolusi, kalibrasi shader video, monitor synchronization, pengaturan suara, hingga pengaturan controller. Retroarch juga sangat cocok untuk Anda gunakan jika Anda menggunakan PC dengan spesifikasi menengah ke bawah atau low end.

Bahkan Retroarch juga menyediakan Emulator PS2 Online. Dengan Retroarch online tersebut, Anda bisa bermain game PS2 apa saja tanpa harus mendownload file game tersebut. Anda hanya cukup membuka situs tersebut, lalu mulai bermain game Playstation 2 yang Anda inginkan.

Anda juga dapat bermain secara online dengan pengguna lain melalui server Netplay. Bahkan Anda juga dapat melakukan Live Streaming di Twitch atau YouTube secara langsung menggunakan Emulator PS2 tersebut.

3. Play!

Play! merupakan Emulator PS2 ringan dengan tampilan yang sangat sederhana dan user friendly. Bahkan Play! juga tidak membutuhkan BIOS khusus untuk dapat menjalankan emulator tersebut.

Anda bisa bermain lebih dari 1100 game PS2 yang sudah kompatibel dengan aplikasi ini. Meski tidak memiliki berbagai fitur menarik, namun Play! tentu sangat cocok untuk Anda gunakan jika laptop Anda memiliki spesifikasi rendah.

Simak: Aplikasi kamera laptop terbaik

4. PS2Emu

PS2Emu merupakan Emulator PS2 PC yang masih dalam tahap pengembangan yang dilakukan setiap minggunya. PS2Emu hadir dengan tampilan yang mendasar dan mungkin tidak cocok untuk digunakan bagi Anda yang tergolong pengguna komputer pemula.

PS2Emu memiliki antarmuka layar penuh dengan 3 jendela utama yang memiliki fungsi berbeda. Emulator PS2 ini cocok untuk Anda mainkan jika Anda sangat suka dengan dunia programming dan memodifikasi aplikasi sesuai keinginan Anda.

Namun jika Anda tergolong masih awam, sebaiknya gunakan saja Emulator lain.

5.  nSX2

nSX2 merupakan Emulator Playstation 2 yang sudah ada sejak hampir 20 tahun yang lalu. Dengan aplikasi ini, Anda bahkan bisa memainkan game yang ada di PS1.

Anda juga bisa melakukan beberapa penyesuaian melalui menu Settings yang ada di Emulator ini untuk menyesuaikan pengaturan dengan spesifikasi laptop Anda.

6. hps2x64

Emulator PS2 laptop yang terakhir adalah hps2x64. Hps2x64 adalah Emulator Playstation open source yang sudah dikembangkan sejak tahun 2018. Emulator ini hadir dengan beberapa fitur dasar seperti pengaturan video, pengaturan suara, dukungan gamepad, dan beberapa fitur lain.

Hps2x64 juga mendukung dua gamepad sekaligus untuk bermain game multiplayer seperti Tekken, FIFA, dan beberapa game lainnya. Jika Anda menemukan beberapa game yang belum bisa Anda mainkan di Emulator ini, itu sangat wajar terjadi karena Emulator ini hingga saat ini masih dalam masa pengembangan.

Baca: Cara mengatasi port USB tidak berfungsi

PS2 Emulator Android Terbaik

Jika Anda ingin bermain game PS2 di Android, tentu Anda dapat melakukannya dengan menggunakan salah satu aplikasi dari daftar APK Emulator PS2 Android terbaik berikut ini.

1. DamonPS2 Pro

Emulator PS2 Android ini sangat layak untuk berada di daftar paling atas. Anda bisa memainkan hingga 90% dari game PS2 melalui emulator DamonPs2 Pro.

DamonPS2 Pro juga sudah digunakan oleh lebih dari 100 ribu pengguna Android hingga sekarang. Untuk dapat menjalankan emulator ini, Anda harus membelinya dengan harga sekitar Rp 139.999,00.

Jika harga tersebut dirasa terlalu tinggi, Anda bisa memilih untuk menggunakan versi gratisnya yaitu DamonPS2.

Namun pada versi gratisnya, Anda tentu tidak akan mendapatkan berbagai fitur menarik yang ada di DamonPS2 Pro. Seperti pengaturan resolusi, pengaturan grafis, hingga fitur menarik lainnya seperti menyimpan game kapan saja.

Untuk menggunakan aplikasi emulator tersebut, Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store.

2. Play!

Selain tersedia di PC, Play! juga tersedia untuk Android. Fitur yang ditawarkan pada Emulator PS2 ringan ini juga hampir sama dengan apa yang ada di PC.

Play! memiliki ukuran tidak lebih 10 MB yang membuat aplikasi ini juga sangat ringan untuk Anda jalankan di Android. Hingga saat ini, emulator ini berhasil mendapatkan jumlah download lebih dari 100 ribu unduhan.

Namun sayangnya, masih ada beberapa game PS2 yang masih belum bisa Anda jalankan menggunakan emulator Play!. Jadi sebelum bermain, sebaiknya Anda periksa lebih dahulu daftar game PS2 yang sudah kompatibel dengan aplikasi ini.

3. Gold PS2 Emulator

Pada posisi terakhir ada Gold PS2 Emulator. Untuk bisa menjalankan aplikasi ini, Anda harus mencari dan mendownloadnya di internet, karena saat ini emulator ini sudah tidak tersedia di Google Play Store.

Emulator PS2 ini bisa Anda jalankan tanpa memerlukan file BIOS seperti kebanyakan emulator lainnya. Namun meski begitu, Anda harus menggunakan Android dengan versi 4.4 atau yang lebih tinggi agar bisa menjalankan emulator yang satu ini.

Menariknya, Anda juga bisa menjalankan game dengan format selain ISO, melainkan Anda juga dapat menjalankan game PS2 dengan format RAR, ZIP, dan 7Zip.

Semua PS2 Emulator di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi silahkan tentukan sendiri emulator mana yang akan Anda gunakan. Selamat bermain!