Review Ardhosting Terbaru 2020

Perkembangan teknologi di seluruh dunia semakin pesat. Salah satu implementasi penggunaan teknologi komputer maupun internet yaitu terciptanya website atau situs. Salah satu fungsi website yang sangat signifikan adalah untuk menyebarkan informasi ke seluruh penjuru dunia hanya melalui teknologi yang disebut internet.

Untuk menampilkan informasi yang Anda miliki kepada publik, Anda memerlukan suatu perangkat yang disebut web host. Web host berfungsi untuk menerjemahkan informasi yang tersimpan di dalam server kepada pengguna yang mengakses website Anda.

Namun, mengelola web host tentunya sangat merepotkan dan butuh proses yang rumit.

Profil Singkat Ardhosting

Untuk itu, layanan web hosting hadir sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan pengelolaan website. Keberadaan provider web hosting mampu memberikan kemudahan bagi pemilik website agar bisa lebih fokus pada konten. Salah satu penyedia web host yang hadir memenuhi kebutuhan masyarakat adalah Ardhosting.

Ardhosting adalah pemain lama di dunia hosting Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2000. Ardhosting memiliki server yang lokasinya ada di Indonesia, Singapura, dan Amerika Serikat.

Ada beberapa paket hosting menarik yang ditawarkan seperti WordPress hosting, cloud hosting, VPS, hingga dedicated server.

Berikut review lengkap mengenai Ardhosting.

Baca juga: daftar hosting terbaik lokal

Paket Hosting Ardhosting Beserta Harga

Belum lengkap rasanya jika mengetahui profil layanan jasa ini tanpa memahami pilihan paket yang ditawarkan. Ada beberapa paket yang mereka tawarkan dengan harga berbeda tergantung jenisnya.

1. Paket Hosting UKM

Paket ini cocok bagi Anda yang menjalankan usaha kecil menengah. Ada 5 paket yang ditawarkan dengan spesfikasi fitur bervariasi. Harga yang ditawarkan mulai Rp260.000 per tahun sampai Rp400.000/tahun.

Fitur utama yang tersedia antara lain SSD storage 500-2500 MB, cPanel, unmetered bandwidth, gratis SSL, cloudlinux, litespeed, dan unlimited email.

2. Paket WordPress Hosting

Bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress, Ardhosting menyediakan paket WordPress hosting dengan pilihan 10 paket cloudMax.

Mulai harga Rp22.500/bulan hingga Rp162.000/bulan, Anda bisa memperoleh fitur SSD storage 1-10 GB, unmetered bandwidth, 512-5120 MB memori, CPU core 0.5-5. Paket ini dapat menghost-kan 1-10 website.

3. Paket Hosting E-Commerce

Paket ini cocok bagi Anda yang memiliki bisnis e-commerce dengan website bertraffic tinggi. Ada 8 macam paket hosting e-commerce dengan harga dan spesifikasi fitur bervariasi.

Fitur utamanya antara lain SSD storage 3-100 GB, unlimited email, unmetered bandwidth, cPanel, gratis SSL dan domain, litespeed web server. Harga mulai Rp22.015-399.415/bulan.

4. Paket Unlimited Hosting

Paket Platinum hosting ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki akses unlimited . Dengan fitur unlimited SSD storage, unmetered bandwidth, unlimited email, litespeed web server, performa website Anda akan maksimal.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk paket ini yaitu Rp612.000/bulan untuk server Indonesia, Singapura, dan USA.

5. Paket Corporate Hosting

Paket ini adalah pilihan tepat untuk kinerja website yang optimal. Ada 3 tipe corporate hosting dengan spesifikasi fitur berbeda.

Fasilitas yang tersedia antara lain SSD storage 25-75 GB unmetered bandwidth IIX, gratis domain, unlimited email, unlimited subdomain. Harga paket ini dibanderol mulai Rp227.500-525.000 per tahun untuk server Indonesia.

Simak: review Dracoola

Layanan Ardhosting Lainnya

Selain pilihan paket dengan harga yang berbeda, pelanggan akan mendapat beberapa layanan yang menunjang web mereka.

Berikut ini adalah layanan yang ditawarkan oleh Ardhosting untuk pelanggannya.

1. Layanan VPS Indonesia dan USA

Bagi Anda yang membutuhkan server khusus, namun memiliki keterbatasan budget, maka VPS hosting adalah solusi tepat. Ardhosting menawarkan layanan VPS hosting dengan server Indonesia dan USA.

Dengan VPS, Anda lebih leluasa dalam mengatur konfigurasi dan tidak ada batasan dalam jumlah email, database dan situs.

2. Dedicated Server

Website yang memiliki traffic tinggi membutuhkan server dengan kinerja maksimal. Untuk memperluas jaringan dan mengembangkan website, Anda dapat memilih layanan dedicated server.

Ardhosting memiliki layanan dedicated server Indonesia untuk kebutuhan Anda. Dengan harga mulai Rp760.000/bulan, Anda dapat menggunakan layanan Ardhosting ini.

3. Colocation Server

Ardhosting memiliki layanan colocation server bagi Anda yang telah mempunyai server sendiri namun masih bingung dalam memilih data center.

Melalui layanan colocation server, Ardhosting menyewakan tempat di data center Ardhosting untuk server Anda. Dengan memanfaatkan layanan ini, website Anda dapat diakses secara lancar dan cepat.

4. Windows Hosting

Selain Linux hosting, Ardhosting juga memiliki layanan Windows hosting untuk Anda yang menggunakan script Windows.

Dengan layanan Windows Share Hosting, Anda dapat mengoperasikan script Visual Basic, .NET, ASP, MSSQL, Javascript, dan sebagainya. Control panel yang digunakan dalam paket Windows hosting adalah Plesk.

Simak: review Indowebsite

Kelebihan Ardhosting

Tentunya setiap jasa web hosting menawarkan kelebihan untuk menarik pelanggan. Hal ini juga dimiliki oleh Ardhosting.

Berikut beberapa kelibihan yang dimilikinya.

1. Uptime Stabil

Ardhosting memiliki server dengan performa uptime yang cukup stabil. Dengan catatan positif ini, website Anda memiliki risiko down yang lebih kecil.

Dengan memercayakan website Anda kepada hosting yang uptimenya bagus dan stabil, situs Anda dapat dinikmati oleh pelanggan dengan nyaman dan lancar.

2. Fitur Utama yang Mumpuni

Ardhosting dilengkapi dengan dukungan teknologi yang mumpuni seperti hardware dari server Supermicro, pure SSD storage, dan web server litespeed.

Teknologi ini memungkinkan website Anda dapat berjalan dengan lebih maksimal. Jadi, saat pengunjung berselancar di website Anda, informasi dapat diterjemahkan dengan cepat dan efisien.

3. Gratis Migrasi Hosting dan Gratis Domain untuk Semua Paket

Fasilitas gratis migrasi hosting memang sudah umum diberikan oleh provider web hosting. Kelebihan Ardhosting lainnya yaitu memberikan fasilitas gratis domain untuk semua paket linux hosting yang ditawarkan.

Jadi, meskipun membeli paket termurah, tetap dapat domain secara gratis. Pilihan domainnya di antaranya .com, .net, .org, dan sebagainya.

4. Fitur Backup Harian, Mingguan, Bulanan

Untuk melindungi data website Anda, sangat penting memperhatikan sistem backup yang ditawarkan oleh hosting. Ardhosting memiliki layanan layered backup local dan remote yang mampu mencadangkan data Anda dalam waktu harian, mingguan, dan bulanan.

Namun, tak ada salahnya Anda melakukan backup manual untuk langkah kehati-hatian.

Baca juga: review Dapur Hosting

Kekurangan Ardhosting

Meski memiliki banyak kelebihan, namun penyedia jasa ini ternyata juga memiliki kekurangan. Pelanggan akan merasakan beberapa kekurangan seperti di bawah ini jika menggunakan layanan jasa Ardhosting.

1. Garansi Hanya 7 Hari

Penyedia web hosting rata-rata memberikan garansi 30 hari kepada penggunanya. Sayangnya hal ini tidak akan Anda temukan jika memilih Ardhosting sebagai web host Anda.

Ardhosting hanya memberikan garansi selama 7 hari. Selain itu, jika penggunaan resource bandwidth melebihi 50%, maka garansi tidak dapat dipakai alias hangus.

2. Terdapat Biaya-Biaya Tambahan

Ardhosting memberlakukan sejumlah biaya tambahan untuk beberapa layanan mereka.

Misalnya downgrade paket dikenakan budget Rp50.000, pergantian main domain dikenakan Rp50.000, dan pergantian server dikenakan biaya Rp50.000. Hal ini termasuk salah satu kekurangan Ardhosting karena umumnya layanan tersebut diberikan secara cuma-cuma alias tanpa biaya tambahan.

3. Layanan Support Belum Maksimal

Meskipun Ardhosting mengklaim bahwa mereka memiliki support 24/7, namun nyatanya support yang diberikan belum benar-benar maksimal. Alih-alih memberikan jawaban yang menjelaskan dengan detail, support cenderung mengandalkan link panduan untuk menjawab pertanyaan user.

Dari segi service, tentunya hal ini tidak cukup. Namun, Ardhosting menyediakan live chat.

Ardhosting memiliki sejumlah kelebihan seperti rata-rata uptime yang stabil, sistem backup berlapis secara harian, mingguan, dan bulanan, fitur utama berkualitas, hingga gratis domain untuk semua paket hosting. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangannya dari segi garansi, biaya, dan kualitas support. Review ini dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum menggunakan Ardhosting.