Review Dewaweb Terbaru 2020

Dewaweb merupakan perusahaan layanan jasa yang berdiri di bawah asuhan PT Dewaweb. Perusahaan tersebut sudah ada sejak tahun 2014. Sehingga dalam hal web hosting sudah memiliki pengalaman sekitar 6 tahun lamanya. Dewaweb juga mengklaim telah mendapatkan kepercayaan dari 42.000 pelanggannya.

Meski masih terbilang muda sebagai perusahaan penyedia layanan hosting namun hal tersebut tidak membuat Dewaweb gentar. Untuk membuktikan kinerjanya Dewaweb berhasil menggaet sertifikat ISO 27001 untuk pertama kali. Secara umum Dewaweb diketahui tidak mengedepankan shared hosting lokal. Sebaliknya penyedia hosting tersebut menggunakan teknologi cloud.

Singkatnya, saat Anda menggunakan paket layanan tersebut website ditempatkan pada sejumlah server. Hal ini untuk menghindari permasalahan yang lebih besar saat server bermasalah. Sehingga saat yang satu mengalami downtime bisa diambil alih ke server lain. Dengan demikian downtime bisa diminimalisasi.

Dewaweb sendiri juga diketahui memanfaatkan data center provider yang berasal dari benua Eropa. Hal tersebut didukung dengan tenaga server HP Blade. Pada layanan cloud hosting terdapat tiga pilihan server yaitu Indonesia yang letaknya di Jakarta. Dua server lainnya berada di Singapura dan USA.

Lihat Dewaweb disini

Baca: hosting terbaik Indonesia, daftar lengkap

Paket Hosting Dewaweb Beserta Harga

Dewaweb memberikan beragam pilihan paket untuk para pengguna internet dan website. Namun, kami membaginya ke dalam menu paket utama dan layanan tambahan. Pada menu paket utama tersebut Dewaweb memberi nama Paket Cloud Hosting. Paket layanan hosting ini terbagi ke dalam dua pilihan.

Keduanya yaitu paket cloud hosting personal & SMB dan corporates. Untuk paket cloud hosting personal & SMB terdiri dari empat pilihan layanan. Pilihan tersebut disesuaikan dengan kapasitas ruang penyimpanan. Semakin besar ruang penyimpanannya secara otomatis harga per bulannya juga tinggi.

Misalnya layanan Scout yang cocok untuk mengelola blog ringan. Layanan tersebut dihargai Rp20.000 per bulan. Total media penyimpanan yang didapat mencapai 500mb. Sementara paket Hunter dengan media penyimpanan 2gb dihargai Rp40.000 per bulan. Ketiga paket Warior dengan harga Rp90.000 per bulan.

Paket keempat Guardian dengan harga Rp140.000 per bulan cocok untuk e-commerce. Total ruang penyimpannya mencapai 6gb. Sementara itu, paket corporates terbagi ke dalam tiga pilihan. Mulai dari Crusader, Paladin dan paket Oracle. Rentang harga yang diberikan dari Rp250.000 sampai Rp1.200.000 per bulan.

Lihat juga: review Domainesia

Layanan Dewaweb Lainnya

Dewaweb pun menghadirkan layanan tambahan untuk mendukung kinerja website. Salah satunya layanan SSD Cloud server. Layanan ini memungkinkan Anda mendapatkan fitur VPS atau virtual private server. Layanan ini cocok bagi Anda yang membutuhkan spesifikasi serta server yang melebihi shared hosting umumnya.

VPS umumnya dapat Anda kelola sendiri sesuai dengan ketentuan yang diinginkan. Menariknya Anda dapat mengubah setingan tanpa mengikuti aturan layaknya share hosting. Dewaweb memberikan dua variasi pilihan VPS. Keduanya seperti basis OS Linux maupun Windows. Layanan ini sudah termasuk fitur managed VPS.

Sayangnya Dewaweb tidak menyediakan paket layanan khusus tambahan untuk perihal dedicated server. Namun, Dewaweb memberikan pilihan layanan RankingCoach untuk para pelanggannya. Layanan tersebut memungkinkan Anda untuk mendapatkan tool SEO. Alat tersebut disediakan untuk mengoptimasi SEO pada halaman website. Sehingga halaman website berada di rank atas.

Tidak hanya itu, meski Dewaweb tidak menyertakan paket email hosting namun terdapat pilihan lain yang bisa menjadi alternatif. Misalnya seperti layanan gratis hosting untuk organisasi khususLayanan ini memungkinkan yayasan mendapatkan domain gratis. Terutama di bidang humanitarian, lingkungan hidup dan pendidikan.

Baca juga: review Ziehost

Kelebihan Dewaweb

Kelebihan yang unggul menjadi salah satu banyak pelanggan memercayakan masalah hosting pada Dewaweb. Salah satunya kelebihan dari segi harga setiap layanan yang ditawarkan. Hal tersebut terlihat pada variasi harga untuk paket layanan utama dan tambahan. Harga yang diberikan cenderung fleksibel untuk semua kalangan.

Dewaweb juga membekali layanan dengan support migrasi 24/7. Artinya Anda yang hendak migrasi dari server lama ke Dewaweb akan mendapatkan bantuan. Support diberikan sejak Anda memutuskan untuk migrasi sampai website berpindah server secara total. Hal ini untuk mencegah adanya downtime pada saat migrasi server hosting.

Menariknya lagi layanan support migrasi tersebut gratis. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan layanan tersebut. Kelebihan Dewaweb juga terlihat dari pemberian domain gratis. Tidak berhenti di situ saja domain tersebut diperpanjang secara otomatis selama di bawah kendali hosting Dewaweb.

Selanjutnya adalah perihal keamanan server yang disuguhkan oleh Dewaweb. Jangan khawatir saat menggunakan hosting dari Dewaweb pasalnya semua server sudah menggunakan teknologi mutakhir AI atau machine learning. Bahkan keamanan tersebut juga didukung dengan imunify. Sehingga hal tersebut lebih cepat mengantisipasi serangan dari cyber terbaru.

Lihat Dewaweb disini

Simak juga: review Jogjahost

Kekurangan Dewaweb

Meski dilengkapi dengan beragam kelebihan nyatanya masih ada kekurangan yang perlu dicermati di Dewaweb. Salah satunya adalah harga yang diberikan untuk kategori paket VPS. Layanan paket VPS memang memegang peranan penting. Untuk tipe Linux saja Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp300.000 selama sebulan.

Sementara untuk ruang data besar 8gb tipe Linux Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp1.600.000 selama satu bulan. Tentu biaya tersebut terbilang mahal. Di sisi lain untuk tipe windows SSD server Anda perlu dana sebesar lebih dari Rp1.900.000 untuk pemakaian sebulan.

Kekurangan lainnya terdapat pada jumlah add-on domain yang masih terbatas. Meski pada beberapa layanan pelanggan mendapatkan free domain. Namun, untuk add-on masih terbilang terbatas. Hal tersebut membuat Anda harus memutar otak saat menginginkan add-on domain untuk website bisnis dan jenis lainnya.

Secara umum Dewaweb sebagai penyedia hosting menghadirkan beragam pilihan layanan untuk para pelanggan. Meskipun pada beberapa layannya masih terselip kekurangan. Namun hal tersebut dapat ditutupi dengan kelebihannya. Sehingga hingga saat ini Dewaweb masih dipercaya pelanggannya dalam hal hosting dan layanan VPS.