Review Hawkhost Terbaru

Saat ini dengan keberadaan internet yang berkembang dan memudahkan banyak aspek kehidupan, tentu banyak pula layanan yang memanfaatkan internet ini. Menjamurnya website terkadang membuat Anda ingin membuat juga untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki.

Akan tetapi, apakah Anda tahu jika membuat website tidak semudah yang dibayangkan. Anda membutuhkan layanan web hosting untuk meningkatkan website. Web hosting secara garis besar adalah layanan yang digunakan untuk menyimpan data dari website Anda.

Tentu saat ini banyak layanan penyedia Hosting ini, salah satunya Hawkhost.

Profil Singkat Hawkhost

Hawkhost adalah sebuah perusahaan hosting yang tersebar di berbagai negara dan didirikan sejak tahun 2004 lalu. Beberapa negara yang menjadi tempat tersebar luasnya Hawkhost adalah New York, Dallas, Amsterdam, Los Angeles, Singapura, China, Toronto, dan juga negara di Asia, yakni Hongkong.

Kantor pusat Hawkhost dapat ditemukan di Kanada, lebih tepatnya di Fergus Ontario, Tower St South 710. Pemilik dari hosting yang mendunia ini adalah Tony Baird. Hawkhost merupakan hosting dari luar negeri yang menyediakan kesempatan bagi siapa saja menjadi reseller hosting satu ini.

Baca: daftar hosting luar negeri terbaik

Paket Hosting Hawkhost Beserta Harga

Untuk hosting, Hawkhost menyediakan 4 jenis paket yang layanan serta kisaran harganya berbeda satu sama lain. Keempat paket itu adalah paket Basic, Standard, Advanced, dan Super.

Mulai dari Basic, ruang yang disediakan adalah sebesar 3 GB dengan harga paket sekitar Rp 46.000 saja.

Sementara untuk paket Standard, ruang yang disediakan adalah sebesar 6 GB dengan harga bayar cukup Rp 70.000 saja. Nilai untuk kategori paket ini ialah 2.4 dengan jumlah situs yang bisa diakses tanpa batas. Seragam dengan paket Basic, lebar pita pada paket ini juga tidak terbatas.

Paket lainnya adalah Advanced yang menawarkan layanan dengan harga Rp 117.000 dan memberikan ruang penyimpanan lebih besar, yakni 12 GB.

Semua panel Hawkhost ada di cPanel, begitu juga dengan paket Super. Paket terakhir hosting ini dibanderol dengan harga Rp 150.000an saja. kapasitas ruang yang diberikan sebesar 24 GB dengan panel, bandwith, dan situs yang bisa diakses tanpa batas. Sama seperti paket-paket sebelumnya.

Layanan Hawkhost Lainnya

Hawkhost menyediakan berbagai layanan hosting beserta paket data yang bisa Anda pilih untuk berbagai kebutuhan. Kabar baiknya jika Anda mendaftar sekarang ada potongan harga sebesar 25% yang berlaku bagi semua jenis paket. Kita bahas jenis paketnya dengan harga mata uang dollar AS.

Harga terendah yang ditawarkan oleh Hawkhost adalah 2,24 dollar AS setelah dikenai diskon 25%. Harga normalnya mencapai 2,99 dolar AS. Cukup menguntungkan karena Anda bisa menggunakan 25% untuk dialokasikan bagi kebutuhan lain selama masa promo potongan harga masih berlaku saja.

Adapun paket-paket yang disediakan oleh Hawkhost adalah:

  • Reseller Hosting dengan biaya berlangganan sebesar 12,99 dolar per bulan. Kesempatan ini menjadi ranah bisnis yang renyah untuk bersaing di dunia digital.
  • Share Hosting atau SD Hosting yang memberikan Anda kesempatan untuk membayar sebesar 15,99 dolar. Yang didapatkan adalah extra memori, cpu, dan juga email.
  • Cloud Compute menjadi sarana alternatif yang bisa menampung berbagai kegiatan Anda di dunia digital. Untuk mendapatkan layanan ini cukup mengeluarkan uang sebesar 5,00 dolar.
  • Terakhir, VPS Hosting yang menerapkan tarif sebesar 5,00 dolar per bulan dan Anda sudah bisa melakukan banyak hal secara online.

Harga paket yang tertera masih dalam nilai dolar, maka untuk mengetahui berapa nilai rupiahnya, Anda bisa mengonversikannya ke rupiah sesuai dengan nilai dolar dari waktu ke waktu.

Kelebihan Hawkhost

Hadir sebagai hosting kekinian di era modern, Hawkhost tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan sebagai pelayanan jasa. Berbagai kelebihan yang bisa Anda temui ketika menggunakan Hawkhost adalah sebagai berikut.

  • Harga lebih murah, kisaran harga puluhan ribu yang diberikan hingga harga di bawah dua ratus ribu yang ditawarkan, Hawkhost memang menawarkan harga yang miring.
  • Server lokasi cukup terjangkau untuk didatangi karena berada di negara tetangga, Singapura.
  • Server yang digunakan Hawkhost terbilang unggul, yakni cloudlinux, SSD, intel xeon processor, DNS, memori minimal sebesar 232 GB, dan 1 GB port, serta ada server cadangan.
  • Cpanel atau control panel yang diberikan adalah model terbaru sehingga mendukung berbagai aktivitas yang dilakukan di dunia digital.
  • Tersedia free SSL atau sistem keamanan situs yang membuka halaman web terpercaya dan tidak membuat pengunjung ragu untuk melakukan browsing. Penerapan SSL ini sesuai dengan aturan yang ditetapkan Google.
  • Informatif dan komunikatif untuk mendengarkan suara pelanggan. Anda dapat bebas menghubungi Hawkhost melalui layanan chat, berkirim pesan di email, melakukan panggilan telepon, atau langsung berdiskusi dengan forum yang disediakan Hawkhost.

Banyak sekali, bukan, berbagai keuntungan yang diberikan hosting luar negeri satu ini? Namun, poinnya adalah sebelum memutuskan menggunakan Hawkhost, pastikan Anda mampu berkomunikasi dengan baik bersama server yang ada di Singapura, mengingat servernya ada di negara berbeda.

Kekurangan Hawkhost

Hadir dengan segudang kelebihan, tidak berarti Hawkhost eksis tanpa cela. Sebab ada juga berbagai kekurangan yang harus dibenahi Hawkhost. Apa saja kekurangan tersebut? Simak poin-poinnya satu per satu.

  • Layanan live chat kerap offline sehingga terlalu sulit jika Anda ingin berkomunikasi segera tanpa repot menelepon atau berkirim email. Meskipun ada juga layanan forum, namun berkomunikasi langsung serta spontan melalui live chat jauh lebih praktis dan membantu.
  • Anda harus bersabar jika melakukan panggilan telepon dan terkesan tidak ada satu orang pun yang mengangkat. Positive thinking saja bahwa banyak orang juga yang menelepon Hawkhost sehingga Customer Servicenya sedang sibuk melayani pelanggan.
  • Masih masalah komunikasi yang lambat, meninggalkan pesan yang disubmit pada Hawkhost terkadang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan jawaban. Mungkin cara terbaiknya memang berkomunikasi dari forum yang dibuat Hawkhost.
  • Server tidak tersedia di Indonesia sehingga untuk berkomunikasi mengenai a sampai z harus melalui jarak jauh. Meskipun Singapura merupakan negara tetangga, namun jika ada kasus pandemi covid-19 seperti ini, semuanya terasa serba sulit.

Web yang disediakan berbahasa Inggris, tidak menutup kemungkinan menjadi kekurangan bagi orang yang tidak begitu mahir berbahasa Inggris.
Hawkhost sudah berdiri selama 16 tahun lamanya, namun masih butuh koreksi di berbagai hal. Kekurangan-kekurangan Hawkhost tidak menjadi cela besar untuk berbagai keunggulan yang dimiliki. Ke depannya diharapkan Hawkhost akan terus memberikan layanan hosting berkualitas baik.