9 Software Untuk Cek Komponen Laptop Yang Sering Rusak

Laptop maupun PC merupakan sebuah perangkat elektronik yang saat ini cukup banyak dibutuhkan banyak orang. Secanggih apapun laptop maupun PC, tetap tidak bisa lepas dari kemungkinan adanya kerusakan komponen di dalamnya. Baik itu laptop menjadi lemot, hang, layar gelap dan masih banyak lagi.

Nah, untuk kita yang masih awam dengan perangkat PC dan Laptop ini terkadang bingung komponen mana yang mengalami kerusakan. Biasanya kita akan langsung membawa laptop ke tempat servis jika ada komponen yang bermasalah.

Namun kini hal tersebut bisa kita deteksi secara cepat dan mudah menggunakan software. Kira-kira apa saja software untuk mengecek komponen laptop yang sering rusak? Ikuti penjelasannya di bawah ini.

Software Untuk Mengecek Komponen Laptop

1. AIDA64

Software pertama yang bisa Anda coba adalah AIDA64. Software satu ini bisa digunakan untuk menganalisis kerusakan sebuah laptop dan PC dengan sangat mudah.

Keunggulan yang diberikan software ini  adalah dapat mengatur lisensi, memantau jaringan, diagnosis hardware dengan lengkap dan akiurat, hingga melakukan remote control dari jarak jauh. Anda bisa download softwarenya di sini.

Simak: Software Untuk Membuat Subtitle Video

2. Heavy Load

Software Heavy Load adalah salah satu software yang perlu Anda instal. Sebab di dalam Haevy Load memiliki keunggulan dalam mendeteksi komponen laptop maupun PC dengan sangat baik. Contohnya Anda bisa mengecek kualitas Harddisk,VGA, RAM, dan lain-lain menggunakan software ini.

Dari sisi metode pengecekannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Contohnya untuk processor, Anda bisa melihat apakah kecepatannya masih stabil atau tidak. fitur yang dimiliki Heavy Load cukup banyak meliputi semua komponen laptop. Yuk download softwarenya di sini.

3. Passmark Performance Test

Software Passmark terbilang cukup lengkap untuk mengecek kerusakan pada komponen laptop. Berbagai komponen yang bisa dicek antara lain harddisk, bateai, DVD, VGA, CPU, RAM, dan masih banyak lagi.

Tidak haya mengecek komponennya saja, Passmark juga dapat mendeteksi spesifikasi pada laptop maupun PC secara lengkap. Bahkan, kita juga bisa melakukan pengujian untuk mengetahui apakah komponennya bermasalah atau tidak. Silakan download aplikasinya di sini.

Baca juga: Cara Screenshot di Laptop dan PC

4. Sisoft Sandra

Software Sisoft Sandar bisa menjadi pilihan selanjutnya. Software yang memiliki nama lengkap SiSofware Sandra ini sering digunakan untu melakukan analisis sistem, diagnostic hingga melakukan pelaporan asisstant.

Fitur di dalam Sisoft Sandra terbilang cukup lengkap. Anda bisa melakukan pendeteksi komponen laptop yang kemungkinan rusak hingga mengecek spesifikasi laptop atau PC secara keseluruha. Ditambah lagi software ini juga termasuk ringan hingga tidak memberatkan memori di laptop. Silakan unduh aplikasinya di sini.

5. Stress My PC

Dari namanya mungkin Anda merasa ada yang aneh. Meskipun begitu, software Stress My PC merupakan salah satu software yang cukup menarik. Hal itu dikarenakan software ini dapat digunakan secara portable.

Software ini cukup baik untuk melakukan pengujian pada laptop maupun PC. Fitur yang ada dalam software ini antara lain dapat mengecek grafis, CPU, hingga bagian Hard Drive. Anda bisa mendownloadnya di sini.

6. The Ultimate Troubleshooter

Software berikutnya yang bisa Anda coba adalah The Ultimate Troubleshooter. Software ini sejatinya merupakan software berbayar. Meskipun begitu, Anda bisa mencoba versi trialnya sebanyak 10 kali.

Keunggulan dari software The Ultimate Toubleshooter ini adalah tampilannya cukup bagus sehingga nyaman di mata. Selain itu, fitur di dalamnya juga terbilang lengkap. Maka dari itu tidak mengherankan jika software ini berbayar. Silakan Anda coba dengan download di sini.

Baca juga: Cara Mematikan Update Windows 10

7. Furmark

Untuk Anda mencari software khusus untuk mengecek performa VGA, maka Furmark bisa menjadi solusinya. Software ini bisa mendeteksi penyebab kerusakan pada VGA pada bagian komputasi. Hal ini tentunya sangat mudah dan juga praktis.

Sayangnya ada syarat khusus untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Hal tersebut adalah kartu grafis harus menggunakan versi OpenGL 2.0 compilant: Nvidia Geforce 6. Silakan Anda download aplikasinya di sini.

8. Memtest86+

Jika software sebelumnya lebih fokus pada VGA, maka pada software satu ini lebih fokus untuk RAM. Software Memtest86+ ini memiliki fitur yang cukup menarik. Bahkan bisa mengungguli diagnostic bawaan dari sistem operasi.

Fitur yang diberikan Memtest86+ antara lain pengujian memori asli, melakukan boot dari USB, hingga melalkukan tes RAM untuk laptop atau PC. Software ini memiliki dua versi, yakni berbayar dan gratis. Silakan Anda coba duku dengan mendownloadnya di sini.

9. Prime95

Software Prime95 terbilang cukup terkenal di kalangan teknisi komputer. Hal tersbeut dikarenakan software ini memiliki tingkat keakuratan dan kecepatan yang sangat bagus. Software ini dapat menguji kapasitas prosesor pada laptop maupun PC dengan baik. Silakan Anda Download di sini.

Itulah beberapa daftar software untuk mengecek komponen laptop yang sering rusak. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda.