contoh surat absentee

Surat absentee atau surat izin tidak masuk kerja adalah surat yang dibutuhkan ketika seorang karyawan tidak bisa hadir di tempat kerja karena alasan tertentu. Surat ini perlu disampaikan pada pihak yang berwenang di perusahaan sebagai tanda keseriusan dalam mengambil cuti. Berikut ini adalah beberapa contoh surat absentee yang bisa kamu gunakan sebagai referensi dan mengeditnya sesuai kebutuhan.

Contoh Surat Absentee: Sakit

Salam,

Dengan hormat, saya mohon izin tidak hadir di tempat kerja pada tanggal 10 Februari 2021 dikarenakan sakit.

Saya akan segera ke dokter dan akan memberikan bukti surat dokter pada hari berikutnya. Saya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin disebabkan oleh ketidakhadiran saya.

Terima kasih atas pengertian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Andi

Contoh Surat Absentee: Cuti Melahirkan

Kepada Bapak/Ibu HRD,

Dengan hormat, saya ingin meminta izin cuti melahirkan selama 3 bulan, mulai dari tanggal 1 Maret 2021. Saya memohon permohonan ini bisa disetujui.

Saya akan menyelesaikan pekerjaan saya sebelum tanggal tersebut dan sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan cuti. Saya juga akan memberikan informasi terkait pengganti saya selama cuti.

Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.

Hormat saya,

Ani

Contoh Surat Absentee: Wisuda

Kepada Bapak/Ibu HRD,

Dengan hormat, saya ingin meminta izin tidak hadir di tempat kerja pada tanggal 5 Mei 2021 dikarenakan saya akan menghadiri wisuda keluarga di luar kota. Saya akan berada di luar kota selama 3 hari dan akan kembali ke tempat kerja pada tanggal 8 Mei 2021.

Saya sudah meminta izin kepada atasan saya dan telah menyelesaikan semua pekerjaan yang diperlukan sebelum tanggal 5 Mei 2021. Saya juga telah mencari pengganti selama 3 hari tersebut.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Budi

Contoh Surat Absentee: Kondangan Pernikahan

Salam,

Dengan hormat, saya ingin meminta izin tidak hadir di tempat kerja pada tanggal 20 Maret 2021 dikarenakan kondangan pernikahan sahabat saya yang akan dilaksanakan di luar kota.

Saya akan berada di luar kota selama 2 hari dan akan kembali ke tempat kerja pada tanggal 22 Maret 2021. Saya sudah mencari pengganti selama 2 hari tersebut dan juga sudah menyelesaikan semua pekerjaan yang diperlukan sebelum tanggal 20 Maret 2021.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Dina

Contoh Surat Absentee: Meninggalnya Keluarga

Kepada Bapak/Ibu HRD,

Dengan hormat, saya ingin meminta izin tidak hadir di tempat kerja pada tanggal 7 April 2021 dikarenakan meninggalnya kakak saya. Saya perlu pergi ke luar kota untuk menghadiri pemakaman pada tanggal tersebut dan akan kembali ke tempat kerja pada tanggal 9 April 2021.

Saya sudah menyelesaikan semua pekerjaan yang diperlukan sebelum tanggal tersebut dan juga sudah mencari pengganti selama 2 hari tersebut.

Terima kasih atas perhatian dan pengertian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Cindy

Contoh Surat Absentee: Cuti Liburan

Salam,

Dengan hormat, saya ingin meminta izin cuti liburan selama 1 minggu, mulai dari tanggal 25 Juli 2021 sampai dengan tanggal 1 Agustus 2021. Saya akan pergi ke luar negeri bersama keluarga dan akan kembali ke tempat kerja pada tanggal 2 Agustus 2021.

Saya sudah menyelesaikan semua pekerjaan yang diperlukan sebelum tanggal tersebut dan juga sudah mencari pengganti selama 1 minggu tersebut. Saya juga telah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan cuti.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Eka

Contoh Surat Absentee: Pindah Tempat Tinggal

Kepada Bapak/Ibu HRD,

Dengan hormat, saya ingin meminta izin tidak hadir di tempat kerja pada tanggal 15 September 2021 dikarenakan saya akan pindah tempat tinggal ke kota lain. Saya akan membutuhkan waktu selama 2 hari untuk proses pindah dan akan kembali ke tempat kerja pada tanggal 17 September 2021.

Saya sudah menyelesaikan semua pekerjaan yang diperlukan sebelum tanggal tersebut dan sudah mencari pengganti selama 2 hari tersebut. Saya juga sudah memberikan informasi tentang pengganti saya kepada atasan saya.

Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Fani

Tips Menulis Surat Absentee

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika menulis surat absentee:

  • Pastikan alasan kamu dalam surat tersebut jelas dan spesifik.
  • Surat harus ditulis dengan sopan dan formal.
  • Pastikan memberikan informasi terkait kegiatan yang sudah kamu selesaikan sebelum meninggalkan pekerjaan.
  • Cantumkan tanggal kamu kembali ke tempat kerja.
  • Sebisa mungkin meminta izin ke atasan langsung untuk memastikan permohonan izin kamu disetujui.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana cara membuat surat absentee yang baik dan benar?

Surat absentee yang baik dan benar harus memenuhi beberapa kriteria, di antaranya alasan yang jelas dan spesifik, ditulis dengan sopan dan formal, memberikan informasi terkait kegiatan yang sudah selesai dilakukan sebelum meninggalkan pekerjaan, dan mencantumkan tanggal kamu kembali ke tempat kerja.

Apakah surat absentee harus dilengkapi dengan surat dokter?

Tidak selalu. Namun, jika kamu mengajukan cuti karena sakit, surat dokter bisa menjadi bukti untuk permohonan izin kamu.

Haruskah surat absentee disampaikan secara tertulis atau bisa melalui pesan singkat atau email?

Idealnya, surat absentee disampaikan secara tertulis. Namun, jika kamu tidak bisa mengirimkan surat secara tertulis, kamu bisa mengirimkan melalui pesan singkat atau email dengan mencantumkan alasan kamu dan tanggal kembali ke tempat kerja.

Apakah harus mencari pengganti ketika mengajukan absentee?

Idealnya, kamu harus mencari pengganti untuk pekerjaan kamu selama cuti agar pekerjaan bisa tetap berjalan dengan baik.

Kapan waktu yang tepat untuk mengajukan surat absentee?

Waktu yang tepat untuk mengajukan surat absentee bisa bervariasi tergantung pada alasan kamu. Namun, sebaiknya kamu mengajukan permohonan izin jauh-jauh hari sebelum tanggal kamu meninggalkan tempat kerja.

Apakah surat absentee bisa ditolak?

Ya, surat absentee bisa ditolak jika alasan kamu tidak jelas atau tidak memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Kesimpulan

Surat absentee adalah surat yang perlu disampaikan ketika kamu tidak bisa hadir di tempat kerja karena alasan tertentu. Dalam menulis surat absentee, pastikan alasan kamu jelas dan spesifik, ditulis dengan sopan dan formal, dan mencantumkan tanggal kamu kembali ke tempat kerja. Kamu juga harus mencari pengganti untuk pekerjaan kamu selama cuti agar pekerjaan bisa tetap berjalan dengan baik.