Apakah Tor Browser Aman Digunakan?

Kira-kira apakah Tor Browser aman digunakan sebagai aplikasi browser sehari-hari? Jawabannya adalah ya, dan bahkan Tor Browser  ini bisa diandalkan untuk membuka situs-situs khusus seperti Dark Web.

Banyak orang yang tidak mengenal Tor browser. Hal ini memang wajar mengingat Tor Browser tidak setenar beberapa browser lainnya seperti Firefox, Google Chrome, atau Opera.

Jika Anda berencana ingin menginstal Tor Browser ini, sebaiknya pahami dulu apa itu Tor Browser dari penjelasan di bawah ini.

Apakah Tor Browser Aman

Apa Itu Tor Browser

Jika dilihat dari pengertiannya Tor Browser merupakan aplikasi komputer seperti browser secara umum. Akan tetapi, Tor Browser memiliki tingkat privasi serta keamanan tinggi untuk penggunanya.

Nama TOR sendiri merupakan sebuah singkatan dari The Onion Router. Maksud dari kata tersebut adalah sebuah jaringan virtual agar dapat meningkatkan keamanan serta rahasia data.

Filosofi Onion atau bawang pada logonya adalah skema TOR sendiri yang memiliki banyak lapisan. Dengan begitu, data pengguna akan disembunyikan dari traffic dan akan aman dari adanya hacker maupun stalker.

Baca juga: Cara Memindahkan Email Lama Ke Gmail Baru

Sistem kerja Tor Browser

Sistem yang diberikan Tor Browser adalah sistem anonim. Artinya, Tor Browser dapat digunakan hanya pada jaringan khusus yang memiliki banyak server. Saat kita menggunakan Tor Browser, maka server akan dipilih secara acak.

Saat koneksi terhubung,  maka jaringannya harus melewati sebuah enkripsi. Hal ini memang dilakukan untuk melindungi data pengguna sehingga tidak dapat tersebar secara sembarangan. Dengan begitu, orang lain akan kesulitan melacak IP Anda.

Keunggulan Tor Browser

Dengan penjelasan sistem kerja Tor Browser sebelumnya, maka kita bisa mengetahui bahwa aplikasi ini memiliki beragam keunggulan. berbagai keunggulan yang bisa dirasakan pengguna antara lain sebagai berikut:

1. Mendapatkan VPN gratis

Hal pertama yang bisa pengguna dapatkan adalah VPN gratis. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua browser menyediakan VPN bawaan. Tor Browser termasuk ke dalam browser yang memiliki VPN bawaan tersebut sehingga memudahkan untuk masuk ke situs yang terblokir.

Dengan begitu, kita tidak perlu melakukan instal aplikasi VPN secara manual. Sebab menginstal aplikasi VPN yang lain berpotensi tidak aman terhadap keamanan data Anda.

2. Terdapat fitur Enkripsi dan juga Tracker blocking

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa menggunakan Tor Browser ini semua data Anda akan dienkripsi. Apalagi di dalam Tor Browser memiliki fitur tambahan seperti Trcaker Blocking.

Untuk Anda yang tidak tahu, Tracker Blocking adalah sebuah fitur untuk memutus jaringan yang bisa jadi menguntit data Anda. Hal ini lah yang ditakutkan dalam penggunaan VPN karena jika salah menggunakannya, data pentingkita bisa diketahui orang lain tanpa izin.

Dengan adanya Tracker Blocking ini, Anda akan terlindungi selama melakukan penjelajahan di dunia maya. Bahkan saat Anda menjelajah ke situs terlarang pun akan lebih aman lagi dengan Tor Browser.

Baca juga: Cara membuka Email Gmail Tanpa Verifikasi

Kekurangan Tor Browser

Dibalik kelebihan, pastinya ada juga kekurangan. Hal itu juga berlaku untuk Tor Browser ini. beberapa kekurangan Tor Browser antara lain sebagai berikut.

1. Kecepatan internet yang lebih lambat

Karena jaringan yang digunakan harus disaring terlebih dahulu, maka secara otomatis jaringan internetnya bisa jadi lebih lambat. Hal ini memang mengganggu kita saat akan membukan situs yang cukup berat. Bahkan untuk situs dengan ukuran kecil seperti Google pun sedikit bermasalah.

2. Potensi terkena virus

Dengan menggunakan Tor Browser yang bisa mengakses situs terblokir hingga dark web, maka kemungkinan terkena virus sangat besar. Perlu Anda ketahui bahwa situs yang diblokir dengan dark web banyak sekali ancaman pada perangkat Anda.

Tidak hanya berpotensi mengambil data, tetapi juga bisa mengancam perangkat seperti smartphone dan komputer melalui virus. Biasanya virus yang disebar sejenis malware. Maka dari itu, Anda harus menginstal antivirus untuk pencegahannya.

Download Tor Browser

Ada beberapa versi browser Tor yang bisa anda gunakan. Anda bisa unduh dan install di komputer windows, linux, OS X, ataupun android.

Untuk Anda yang ingin mencoba Tor Browser, silakan ikuti link di sini.

Kesimpulan

Setelah kita menyimak dari awal dan sesuai dengan judul, apakah Tor Browser ini aman digunakan? Jawaban secara umum adalah ya. Tor Browser ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang mencari browser dengan fasilitas bagus untuk keamanan data.

Akan tetapi, sekalipun Tor browser sudah memiliki tingkat keamaan sebaik mungkin, Anda juga tidak boleh terlalu sering mengunjungi dark web atau situs yang diblokir. Bisa dikatakan situs-situs tersebut sangta terlarang dan tentunya berbahaya jika terlalu sering mengunjunginya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Auto Pause di Youtube

Akan jauh lebih baik jika Anda membuka dark web atau situs terlarang jika membutuhkannya saja. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan update baik itu pada smartphone, Tor browser maupun aplikasi keamanan lainnya.

Dengan melakukan update, maka secara otomatis sistem keamanan pada perangkat juga diperbaharui. Hal ini membuat Anda semakin nyaman ketika berselancar di internet.