Ukuran Feed Instagram Terbaru

Apakah Anda termasuk salah satu yang mengikuti perkembangan fitur sosial Instagram? Rupanya perkembangan fitur sosial ini berdampak pada ukuran feed Instagram yang berbeda-beda.

Sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak, Instagram pun tidak henti-hentinya menghadirkan berbagai fitur baru. Mulai dari foto profile, post, story hingga IGTV memiliki aspek rasio masing-masing.

Tidak usah pusing, simak penjelasan mengenai ukuran gambar dan video Instagram berikut.

ukuran feed instagram

Untuk mempermudah, Anda bisa melihat tabel rangkuman ukuran feed Instagram di bawah ini:

Tabel Ukuran Feed Instagram

Jenis Feed InstagramUkuran
Foto Profil Instagram360 x 360 pixel
Instagram Square Post1080 x 1080 pixel (rasio 1 : 1)
Instagram Landscape Post1080 x 608 pixel (rasio 1.91 : 1)
Instagram Portrait Post1080 x 1350 pixel (rasio 4 : 5)
Instagram Story1080 x 1920 pixel (rasio 9 : 16)
Foto Sampul IGTV420 x 654 pixel (rasio 1 : 1.55)

Foto Profil Instagram

Jika Anda perhatikan, setiap user Instagram memiliki foto profil. Foto tersebut berbentuk lingkaran. Namun, Anda tidak perlu mengubah foto Anda menjadi lingkaran untuk menjadikannya foto profil.

Aspek rasio ukuran foto profil Instagram adalah 1 : 1 dengan ukuran piksel minimal 110px x 110px. Walaupun ukuran foto profil Instagram terlihat kecil, tapi gambar dengan ukuran di bawah itu akan membuat foto Anda blur.

Jika foto asli Anda berbentuk kotak, maka Instagram akan otomatis mengubahnya menjadi lingkaran. Walaupun tetap akan ada sedikit bagian foto yang terpotong.

Bagaimana jika rasio foto profil Anda bukan 1 : 1? Anda dapat memotong bagian lain atau menambahkan background kotak untuk membuatnya menjadi rasio 1 : 1.

Baca juga : Cara kompres video online

Instagram Square Post

Saat pertama kali diluncurkan, aplikasi Instagram hanya memiliki satu ukuran post yaitu square atau kotak. Ukuran ini memiliki rasio 1 : 1.

Anda bisa mengupload gambar dengan ukuran 1080px x 1080 px untuk menghasilkan kualitas gambar HD. Namun, ukuran 640px x 640px masih oke untuk kualitas gambar standar.

Ukuran square post ini juga merupakan tampilan yang akan Anda lihat pada profile Instagram seseorang. Di mana Anda akan melihat grid 3 kolom berbentuk kotak-kotak kecil. Jadi tidak heran, square post masih diminati oleh banyak orang.

Bagaimana Cara Membuat Square Post?

Jika gambar asli Anda tidak memiliki rasio 1 : 1, ada beberapa cara untuk membuatnya kotak, yaitu:

1. Dengan memotong atau crop gambar

Jika gambar asli Anda berbentuk landscape atau portrait, Anda dapat memotong atau meng crop gambar tersebut menjadi kotak. Gunakan settingan square 1 : 1 dan sesuaikan gambar yang ingin Anda potong. Cara ini memang lebih cepat, tapi Anda akan kehilangan sebagian frame gambar.

2. Mengisi bagian yang kosong

Jika Anda tidak ingin menghilangkan bagian dari gambar Anda, cara lain adalah dengan mengisi bagian yang kosong. Sehingga, rasio gambar menjadi 1 : 1.

Anda bisa menambahkan latar atau background berbentuk kotak, lalu menaruh foto Anda di depannya. Cara ini juga akan menambahkan estetika foto dan profile Instagram Anda.

Baca juga : Cara membuat link Whatsapp

Tips: Instagram Grid Puzzle

Pernah mendengar istilah Instagram grid puzzle? Ini adalah cara membuat feed instagram nyambung.

Dengan kata lain, satu foto akan dipecah beberapa bagian sesuai ukuran grid Instagram. Foto utuh pun akan terlihat pada halaman profil Instagram.

Ukuran grid puzzle ini harus memiliki 3 kolom dengan baris yang disesuaikan. Misalnya grid 3 x 2 atau 3 x 3.

Cara ini pernah populer beberapa waktu lalu dan tidak ada salahnya Anda coba untuk mempercantik profil Instagram.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba beberapa aplikasi berikut:

  • Grids For Instagram
  • Instagrid For Instagram
  • 9Cut For Instagram
  • PhotoGrid Square
  • Image Splitter

Instagram Landscape Post

Update terbaru dari Instagram kini memungkinkan Anda mengupload tidak hanya foto square, tapi juga foto landscape. Rasio foto landscape ini adalah 1.91 : 1 atau 1080 px x 608 px untuk ukuran foto HD.

Anda tidak perlu pusing dengan aspek rasio ini, karena Instagram akan otomatis mengatur foto Anda menjadi ukuran tersebut.

Bagaimana dengan video? Apakah ukurannya sama?

Ukuran video horizontal (landscape) Instagram sama dengan ukuran dan rasio foto. Jika tidak ingin terpotong, Anda perlu mengedit ukuran video lebih dulu.

Untuk melakukan hal ini, Anda perlu aplikasi tambahan, seperti:

  • inShot
  • Kapwing
  • Panda

Instagram Portrait Post

Bersamaan dengan fitur foto landscape, Instagram juga mengupdate fitur foto portrait. Aspek rasio foto portrait ini adalah 4 : 5 atau 1080 px x 1350 px untuk kualitas foto HD.

Tampilan portrait lebih disukai daripada tampilan landscape karena foto Anda akan terlihat lebih besar dan penuh di layar handphone.

Namun, tampilan foto landscape dan portrait ini akan menjadi square jika Anda melihatnya di grid Instagram profile. Anda perlu mengklik untuk melihat gambar dalam ukuran aslinya.

Begitu juga dengan ukuran video vertikal (portrait) Instagram, Anda perlu mengubah ukurannya lebih dulu jika tidak ingin tampilannya terpotong. Alternatif lain adalah Anda bisa mengupload IGTV untuk mendapatkan tampilan video yang lebih penuh.

Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengubah ukuran video seperti yang dijelaskan pada bagian Instagram Landscape Post di atas.

Instagram Story

Ukuran instagram story secara default adalah 1080px x 1920px atau rasio 9 : 16. Instagram berupaya menghadirkan konten yang dapat memenuhi layar handphone Anda.

Walaupun begitu, tidak semua foto memiliki aspek rasio 9 : 16. Jika demikian, Anda dapat memotong gambar lebih dulu atau menyesuaikan ukuran gambar saat mengedit story.

Perlu diingat juga bahwa ukuran layar handphone berbeda-beda, jadi tetap ada kemungkinan tampilan feed story akan terpotong untuk menyesuaikan layar handphone masing-masing.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengecilkan sedikit gambar, menambahkan hiasan pada pinggiran foto, mengubah latar atau background foto dan kreasi lainnya.

Foto Sampul IGTV

Ukuran foto sampul IGTV adalah 420 px x 654 px atau rasio 1 : 1.55. Kabar baiknya, Anda bisa memilih dan mengupload foto sampul sendiri sesuai dengan ukuran yang telah Anda siapkan. Jika tidak, Anda juga dapat memilih sampul dari cuplikan video.

Perlu diingat bahwa ini hanyalah ukuran untuk sampul dan bukannya ukuran video itu sendiri. Karena, video yang Anda upload akan tampil penuh di layar ketika video dimainkan.