Rekomendasi VPN Terbaik Untuk PC 2020

VPN sudah umum digunakan sebagai keamanan data baik hanya dalam skala ponsel maupun jaringan komputer di perusahaan besar. Banyaknya penyedia layanan tersebut menyebabkan pengguna sedikit kebingungan untuk memilihnya.

Namun jangan khawatir, ada banyak rekomendasi VPN terbaik saat ini.

Rekomendasi VPN Terbaik 2020

  1. Namecheap vpn
  2. Surfshark
  3. Proton vpn
  4. Ipvanish
  5. Nordvpn
  6. Cyberghost
  7. Express vpn
  8. Private Internet Access
  9. Hotspot Shield
  10. Strong VPN
  11. TunnelBear
  12. Vypr VPN
  13. Windscribe
  14. HideMyAss
  15. Torguard

Berikut ini adalah review singkat dari masing-masing layanan vpn di atas. Silahkan anda simak langsung saja dibawah ini:

1. Namecheap VPN

Rekomendasi pertama jatuh pada Namecheap VPN, merupakan sebuah perusahaan dari Arizona yang memudahkan penggunanya saat mendaftarkan nama domain, paket hosting dengan biaya terjangkau serta banyak aplikasi ditawarkan.

Berikut spesifikasinya:

Fitur yang Disediakan

VPN ini memungkinkan penggunanya bisa terhubung dalam lebih dari 1000 server yang telah tersebar sekitar >75 lokasi. Namecheap VPN dapat diakses mulai dari Inggris, Amerika Serikat, Swiss, Malaysia bahkan negara-negara kecil seperti Albania, Rumania, Serbia dan Slovakia.

Perusahaan ini mempunyai jaringan server dengan kecepatan tinggi, koneksi stabil serta efektif untuk sistem paling intensif. Namecheap VPN bisa digunakan sampai 5 perangkat dalam satu waktu sehingga menjadikannya pilihan pertama yang memberikan keamanan serta fleksibilitas bagi penggunanya.

Segi Keamanan

Namecheap VPN menggunakan IKEv2 dan OpenVPN, keduanya dikenal sebagai protokol paling aman di dunia ketika sedang terkoneksi internet. Selain itu, perusahaan tersebut telah menerapkan kebijakan terkait pelarangan mata-mata di Amerika Serikat untuk meminimalkan adanya kebocoran data.

Kemudian memilih AES-256 yang dikenal menjadi grade militer. Penggunaan enkripsi tersebut memungkinkan pengguna tidak akan terganggu dengan ramainya lalu lintas data. Namecheap sendiri memiliki Killswitch yang secara otomatis mematikan sambungan jika VPN diganggu oleh pihak asing.

Kisaran Harga

Namecheap VPN menyediakan layanan berlangganan data bagi penggunanya jangka waktu, mulai dari ¼, 1/2 , 1 dan 2 tahun. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan masa percobaan dengan biaya lebih rendah dalam kurun waktu satu bulan pertama.

Jika pelanggan ingin belangganan untuk beberapa bulan ke depan, dipatok harga 5,88$/ bulan ($2,99 pada bulan pertama. Paket 1 tahun $2,88 /bulan ($34,56) dan paket 3 tahun $1,88 /bulan ($67,68/ tahun)

2. Surfshark

VPN ini dikenal masih baru daripada sebab muncul pada tahun 2018. Namun meskipun begitu, Surfshark telah sukses membangun berbagai jaringan server yang impresif. Baiknya lagi dipercaya tersedia dalam harga lebih terjangkau dibanding lainnya. Inilah sedikit ulasannya:

Fitur Unggulan

Beberapa fitur unggulan yang masih belum dimiliki oleh VPN lainnya tengah dikembangkan oleh Surfshark antara lain Whitelister. Menu ini memungkinkan penggunanya bisa mengizinkan beberapa aplikasi berjalan guna melewati lalu lintas jaringan.

Kemudian tersedia fitur No Border Mode yang memungkinkan penggunanya tetap dapat mengakses layanan VPN, meskipun berada pada area sangat ketat seperti Tiongkok. Menu lainnya yaitu Clean Web, bisa membersihkan beberapa iklan serta pemblokir sehingga menjelajahi web lebih nyaman.

Keamanan Proteksi Data

Surfshark juga memilih IKEv2 dan OpenVPN yang telah diuji coba memberikan kecepatan tinggi serta keamanan terjamin. Selain itu VPN ini memiliki Shadowsocks, dikenal proxy enkripsi. Menu ini berfungsi agar pengguna tetap bisa mendapatkan akses meskipun berada di lokasi minim pelayanan internet.

Surfshark telah menjamin bahwa tidak akan ada pencatatan aktivitas internet, sebab biasanya riwayat log dapat dilacak oleh pihak kurang bertanggung jawab. Hal ini menunjukkan VPN tersebut menjunjung tinggi keamanan bagi penggunanya.

Kisaran Harga

Surfshark dikenal memiliki harga terjangkau, cukup dengan $1,99 setiap bulannya untuk berlangganan dua tahun. VPN ini juga menyediakan berbagai paket dalam jangka waktu tertentu yang bisa dijajal oleh penggunanya.

Jika pengguna berlangganan per bulannya cukup membayar RM 49,0 setiap bulannya. Apabila membeli paket per tahun maka dipatok harga RM 24.00/ bulan dan total biayanya RM 294.70/ tahun. Selain itu terdapat tawaran selama dua tahun dengan RM 8.20/ bulan sehingga RM 195/ 2 tahunnya.

3. Proton VPN

Perusahaan ini awalnya berdiri sebagai penyedia layanan email terpercaya sejak 2014, namun kini mulai mengembangkan usahanya di area VPN. Berlokasi di negara Swiss, Proton VPN menjamin keamanan kepada pengguna dengan memberikan sistem privasi ketat. Berikut ulasannya:

Keunggulan Proton VPN

Proton mengandalkan beberapa protokol dalam menjamin privasi penggunanya. Beberapa penyedia layanan VPN akan memberikan kebebasan pada konsumen untuk memilihnya, namun berbeda dengan yang satu ini karena telah menentukan tingkat enkripsi terbaik di antara lainnya.

Proton VPN juga telah mengembangkan jaringannya ke seluruh dunia yang sampai saat ini sudah bisa diakses lebih dari 41 negara dengan menangani sekitar 500 server. Fitur unggulannya ialah pengguna dapat mengakses konten Netflix luar negeri.

Keamanan Data

Proton VPN menggunakan konsep secure core yang dikenal sebagi solusi multi lompatan, artinya koneksi dari pegguna akan dialirkan lewat serangkaian server untuk menambah tingkat keamanan. Proteksi paling tinggi berada di tiga negara yaitu Swedia, Islandia dan Swiss.

Fitur penjagaan data lainnya ialah evaluasi dalam kebocoran DNS dan Web RTC yang nyatanya tidak terjadi di Proton VPN. Perusahaan telah menambahkan kebijakan larangan log sangat ketat untuk meminimalkan kebocoran data penggunanya.

Kisaran Harga

Proton VPN menawarkan coba gratis yang bisa digunakan oleh konsumen ketika ingin mencoba pelayanannya meskipun sangat terbatas dalam kecepatan maupun area server. Selain itu, Anda juga dapat memilih berbagai jenis tingkatan paket setelahnya.

Terdapat tiga paket yang ditawarkan oleh Proton VPN yaitu. Basic (2 perangkat) dengan harga Rp. 55.792/ bulan, Plus (5 perangkat) memiliki kisaran Rp. 111.584/ bulan dan terakhir Visionary (10 perangkat), Anda harus membayar Rp. 334.752 setiap bulannya.

4. IP Vanish

Rekomendasi VPN terbaik selanjutnya ialah IP Vanish, dikembangkan oleh pakar teknologi di Mudhook Media, Inc. Awalnya hanya berkembang dengan 30 server pada tahun 2012 hingga sekarang bisa memperbanyaknya sampai 1000 server.

Kecepatan Koneksi dan Keamanan

Pelanggan IP Vanish telah merasakan respons cepat ketika menggunakannya. Ketika digunakan streaming layanan acara yang beda negara tidak begitu menampilkan masalah buffering sehingga dapat dinikmati dengan nyaman.

IP Vanish memakai enkripsi AES256-bit untuk meningkatkan proteksi data penggunanya. Protokol tersebut sama dengan yang dipakai oleh Amerika Serikat guna meminimalkan kebocoran data serta didukung oleh beberapa penganjur privasi terbaik di dunia.

Kisaran Harga

Sayangnya IP Vanish tidak menyediakan layanan coba gratis bagi penggunanya. Sebab banyak pelanggan yang suka mencoba sebelum benar-benar membeli kontrak bulan atau tahunan untuk mendapatkan layanan VPN.

IP Vanish menyediakan tiga paket yang berbeda yaitu 1 dan 3 bulan serta 1 tahun. Seperti biasanya, semakin lama waktu maka banyak mendapatkan diskon. Untuk 1 bulan Anda perlu membayar $10.00, $8,99/ bulan selama tiga bulan dan $6,49/ bulan dalam setahun.

5. Nord VPN

Nord VPN merupakan pesaing penyedia layanan VPN yang cukup kuat seba memiliki fitur canggih dalam bidang kecepatan, privasi keamanan serta menawarkan harga terjangkau. Sejak tahun 2018, perusahaan ini telah mengelola sekitar 4000 server di lebih dari 60 negara. Berikut ulasannya:

Fitur Unggulan

Nord VPN memungkinkan penggunanya untuk bisa menghubungkan sampai dari 6 perangkat. Banyak platform yang dapat dioperasikan secara bersamaan. Selain itu, koneksi kecepatan juga sangat diunggulkan oleh penyedia layanan VPN satu ini.

Salah satu pengujian mengaku bisa mencapai kecepatan hingga diatas 45Mbps. Nord VPN telah mengembangkan jaringannya mencapai sekitar 4000 server di lebih dari 60 negara. Hal ini menunjukkan bahwa performanya telah diakui banyak orang.

Penjagaan Privasi Pengguna

Hal paling menarik dari Nord VPN ialah kantor pusatnya yang terletak di Panama, meskipun tidak begitu penting namun negara tersebut tak diatur oleh peraturan penyimpanan data dan pengawasan internet, artinya tidak akan ada penyimpanan log aktivitas sehingga lebih aman untuk privasi pengguna.

Selain lokasi terbilang aman, Nord VPN juga memakai standar enkripsi canggih dan unggul. Seperti penyedia layanan VPN lainnya menggunakan AES256-bit. Tidak hanya itu saja, perusahaan ini memiliki kunci PGP yang berfungsi melindungi akun dari pengguna secara detail.

Kisaran Harga

Penawaran menarik dari Nord VPN ialah adanya jaminan uang dikembalikan dalam 30 hari jika terdapat ketidakpuasan layanan bagi pelanggan. Selain itu, harga yang ditawarkan juga terbilang cukup terjangkau untuk kualitas fitur unggulannya.

Nord VPN menyediakan tiga paket yang bisa dicoba yaitu 1 bulan, 1 dan 2 tahun. Untuk berlangganan satu bulan diberi kisaran harga Rp. 166.673/ bulannya. Sedangkan 1 tahun, pelanggan harus membayar Rp. 97.496/ bulannya dan terakhir 2 tahun dipatok Rp. 69.000/ bulannya.

6. Cyberghost

Cyberghost sudah dikenal oleh banyak orang dengan kemampuan terbaiknya untuk memberi layanan VPN. Perusahaan ini berkantor pusat di Rumania dan telah menunjukkan kualitasnya melalui pencapaian pengelolaan server sekitar 3000 di lebiih dari 30 negara seluruh dunia. Apa saja yang diunggulkan?

Memfokuskan di Area Eropa

Cyberghost memang berdiri di kawasan Eropa dengan target pasarnya hanya dimaksimalkan pada area tersebut. Hal ini bertujuan agar layanan VPN terfokus di pasar tertentu sehingga kecepatan tinggi bisa dirasakan di lokasi itu.

Namun hal ini bisa menjadi kelemahan bagi Cyberghost sebab menimbulkan perbedaan kecepatan akan dirasakan oleh pelanggan di luar kawasan Eropa. Namun kebijakan tersebut dapat memberikan gambaran agar tidak salah memilih dalam memilih penyedia layanan VPN.

Fitur Multi Platform dan Kecepatan Stabil

Cyberghost menyediakan fitur agar penggunanya dapat memakai satu akun dalam 7 perangkat berbeda mulai dari Windows, Linux, Mac serta berbagai jenis ponsel dan tablet. Jika Anda memiliki platform tersebut di rumah atau kantor, maka sebaiknya pilihlah rekomendasi penyedia VPN ini.

Meskipun bisa dioperasikan dalam berbagai jenis perangkat, kecepatan Cyberghost tidak akan terganggu sekalipun. Saat uji koneksinya, pengguna dapat mengakses sekitar 30 – 40 Mbps dan disesuaikan berdasarkan jarak dengan servernya.

Kisaran Harga

Pelanggan akan merasa harga terlalu mahal apabila berlangganan hanya satu bulan sebab diharuskan membayar Rp. 181.324/ bulan. Meskipun terdapat jaminan uang kembali dalam 14 hari apabila layanan VPN dari Cyberghost tidak maksimal.

Dua paket berikutnya yaitu 1 tahun, diberi harga Rp. 73.227/ bulan dengan total tagihan di akhir Rp. 878.724. Sedangkan untuk 2 tahun cukup membayar Rp. 48.181/ bulan yang biaya keseluruhannya seperti sebelumnya yaitu Rp. 878.724. Keduanya memiliki garansi uang dikembalikan dalam 45 hari.

7. Express VPN

Rekomendasi VPN terbaik selanjutnya ialah Express VPN. Dalam maraknya bisnis penyedia layanan VPN, perusahaan ini merupakan salah satu yang cukup meraih kesuksesan sebab menawarkan berbagai fitur unggulan bagi pelanggannya. Inilah penjelasannya:

Keunggulan dalam Segi Keamanan

Express VPN memiliki sebuah fitur Kill Switch atau kunci jaringan yang akan bekerja ketika koneksi internet ke server tengah terhenti. Apabila situasi ini terjadi, fitur tersebut akan secara otomatis memutus jalannya lalu lintas data baik keluar maupun masuk perangkat penggunanya.

Untuk menjamin keamanan privasi penggunanya, Express VPN menyatakan bahwa tidak akan menyimpan log aktivitas dari pengunanya sebab dapat memuat informasi sensitif sehingga memicu kebocoran data.

Fitur Enkripsi

Express VPN menggunakan enkripsi mutakhir dengan 256 bit (AES 256) yang meningkatkan kecepatan serta privasi data dari penggunanya, sebab kedua aspek tersebut merupakan komponen paling penting di dalam VPN.

Standar enkripsi yang digunakan tersebut dapat mengamankan banyak data rahasia bahkan sekelas pemerintah. Express VPN menggunan 256 bit menandakan bahwa kemungkinan beberapa kombinasi untuk menembus data sebelum dibaca orang lain.

Kisaran Harga

Harga yang dipatok oleh Expres VPN dapat diikuti oleh semua kalangan, jika Anda membayar setiap bulannya akan memiliki tagihan Rp. 180.626 per bulannya. Apabila memilih membayar setiap 6 bulannya maka bisa berkurang Rp. 139.340 per bulan.

Tawaran terbagus jika Anda memilih membayar per tahun, tarifnya akan turun menjadi Rp. 116.047 per bulannya. Artinya dengan harga tersebut, pelanggan mendapatkan gratis 6 bulan dibandingkan melakukan pembayaran per bulannya.

8. Private Internet Access

Private Internet Access atau biasa disebut dengan PIA VPN dikenal menawarkan layanan dapat diandalkan meskipun lokasinya dikenal kurang menguntungkan sebab, memiliki kantor pusat di Amerika Serikat. Alasannya memiliki penjagaan data serta pengawasan internet sangat ketat. Berikut ulasannya:

Fitur Unggulan PIA

Meskipun memiliki lokasi yang sangat ketat penjagaannya, PIA memiliki fitur lebih baik daripada penyedia VPN lainnya dengan kisaran harga sama. Perusahaan ini memiliki beberapa keunggulan seperti proteksi kebocoran data DNS, tombol pemutus, enkripsi level top dan kompatibilitas SOCKS5.

PIA sudah mengembangkan layanan VPN nya sekitar 3000 lebih server di lebih dari 49 negara. Meskipun kecepatannya dibilang cukup baik, namun tidak akan menyebabkan masalah buffering yang mengganggu.

Kisaran Harga

PIA menyediakan garansi dikembalikannya uang selama 30 hari apabila pelanggan tidak puas oleh layanannya. Seperti pada umumnya, Private Internet Access memberikan tiga pilihan yaitu tagihan per bulan, 6 bulan serta per tahunnya dengan bonus gratis selama 2 bulan.

Jika Anda memilih tagihan per bulan maka perlu membayar $11.95. Sedangkan 6 bulan, akan diberi harga $5,99 per bulannya dan hanya $2.85 untuk satu tahun dengan 2 bulan secara free. Metode pembayaran juga beragam, mulai dari kartu kredit hingga hadiah Starbucks.

9. Hotspot Shield

Rekomendasi VPN terbaik berikutnya jatuh ke perusahaan kecil yang dikenal tidak sebanding besar dengan brand besar sebelumnya. Namun Hotspot Shield menawarkan harga cukup rendah bersamaan fitur dan layanan lebih baik. Mari simak penjelasannya:

Keamanan, Kecepatan dan Banyaknya Server

Hotspot Shield menggunakan enkripsi AES 256 bit yang dikenal sebagai kelas militer sehingga kemampuan dalam memproteksi data tidak perlu diragukan lagi. Selain itu juga memiliki tombol pemutus yang memastikan keamanan secara berlanjut meskipun koneksi sedang terputus.

Kecepatan Hotspot Shield juga bisa dibilang cukup tinggi sebab pada pengujiannya di luar lokasi asal tidak menemukan gangguan dan buffering ketika melakukan streaming. Meskipun perusahaannya masih kecil, namun sudah berhasil mengembangkan layanannya di lebih dari 25 negara.

Kisaran Harga

Kini Hotspot Shield menawarkan tiga pilihan yang bisa dicoba oleh pelanggannya, namun sejauh ini harga paling cocok ketika berlangganan ialah paket selama tiga tahun karena pengguna hanya membayar sebesar $2.99 per bulannya.

Jika ingin membayar per bulannya, pengguna diharuskan membayar sekitar $12.99 sedangkan $5.99 apabila memilih tagihan selama satu tahun. Hotspot Shield juga memberikan layanan garansi kembalinya uang pada 45 hari pertama setelah pembayaran.

10. Strong VPN

Strong VPN mulai beroperasi pada tahun 2005 di Amerika Serikat tepatnya di California. Bahkan sejak awal berdirinya, perusahaan ini sudah memiliki popularitas cukup baik sebagai penyedia layanan VPN terbaik hingga saat ini. Lantas apa saja yang ditawarkan?

Segi Keamanan

Untuk segi keamanan, Strong VPN menggunakan enkripsi AES 256 bit SHA sampai 2048 bit dan didukung oleh banyak protokol mulai dari IKEv2, SSTP, L2TP/IPSec dan OPEN VPN. Fitur tombol pemutus secara otomatis ketika koneksi terhenti juga dimiliki oleh penyedia VPN ini.

Penggunaannya juga memungkinkan banyak perangkat terhubung secara bersamaan. Namun ketika awal pemasangan, pengguna harus menyiapkan usaha lebih ekstra sebab dipercaya persiapan koneksi yang cukup rumit.

Kisaran Harga

Dua paket yang ditawarkan oleh Strong VPN yaitu setiap bulan dan setiap tahun. Jika ingin membayar tagihannya setiap bulan, harga ditawarkan sekitar $10.00. Sedangkan pelanggan akan berhemat 42% jika memilih pembayar per tahunnya, sebab hanya $5.83 per bulannya.

Strong VPN tidak memberikan uji coba gratis bagi pelanggannya, namun masih memberikan garansi uang kembali selama 30 hari. Ini bisa dilakukan apabila pengguna sudah mencoba layanan VPN namun tidak mendapati kepuasan setelahnya.

11. Tunnel Bear

Tunnel Bear dikenal menjadi pemberi layanan VPN berkualitas dan lebih unggul daripada lainnya, sebab terus-menerus melakukan pembaruan pada sistem keamanan serta memaksimalkan performanya demi memberikan yang terbaik. Berikut ulasannya:

Fitur Unggulan

Dalam segi keamanan, Tunnel Bear memakai enkripsi AES 256 bit sebab protokol tersebut dikenal paling aman. Perusahaan di bawah naungan Ryan Dochuk dan Daniel Kaldor ini mempunyai beberapa kebijakan ketat terkait privasi, tidak adanya pencatatan, serta detail-detail lain di peraturan Kanada.

Fitur unggulannya yaitu Vigilant Bear yang secara berkala diperbarui, diuji dan diperiksa. Selain itu terdapat Ghost Bear, memungkinkan penggunanya menyamarkan koneksinya sehingga dapat menembus penghalang ketika mengakses Netflix AS, BBC iPlayer atau layanan luar negeri lainnya.

Kisaran Harga

Tunnel Bear juga merupakan salah satu penyedia VPN yang memberikan garansi uang kembali. Tidak hanya itu saja, mereka menawarkan uji voba gratis bagi pelanggan baru. Paket ini bernama Little Bear dengan kapasias 500 MB per bulannya.

Tunnel Bear menawarkan dua paket yaitu Giant, yang dibayar per bulannya dengan harga $9.99 kemudian Grizzly, pelanggan akan ditarik tagihan selama per tahun hanya $4.99 per bulannya, ini artinya pengguna bisa berhemat hingga 50%.

12. VyprVPN

VyprVPN memiliki keunggulannya yaitu Chameleon yang dirancang agar mengurangi tingkat data dapat dikenal oleh pihak tidak bertanggung jawab, dengan adanya fitur ini banyak pemerintahan otoriter memilihnya sebagai penyedia layanan VPN. Simak penjelasan lainnya:

Kecepatan dan Fitur Unggulan

VyprVPN memberikan layanan cepat sehingga dapat diandalkan, beberapa penggunanya menyatakan bahwa belum pernah mendapati gangguan koneksi apapun bahkan ketika digunakan di beberapa perangkat yang berbeda, baik Android, PC dan Macbook.

Selanjutnya para penggun VyprVPN dapat menembus campur tangan dari pemerintah sambil tetap dipertahankan keamanannya menggunakan OpenVPN serta kemampuannya dalam menerobos blockade VPN.

Kisaran Harga

Seperti pada umumnya, VyprVPN juga menawarkan tiga paket layanan berlangganan yaitu $12.95 untuk setiap bulan, $3.75/ bulan selama satu tahun dan $2.50 / bulan dalam kurun dua tahun. Selain itu juga menyediakan layanan uji gratis mencakup 500 MB.

Jika masih ingin mencoba berlangganan, Anda bisa mencoba layanan uji gratis guna mengetahui kemampuan layanan VPN dari VyprVPN. Untuk yang paling mahal dan fitur terlengkap, disediakan pada pake VyprVPN Pro.

13. Windscribe

Rekomendasi penyedia VPN selanjutnya ialah Windscribe. Perusahaan ini telah menciptakan fitur keunggulannya yaitu antarmuka paling sederhana yang berkemampuan menangani hampir seluruh kebutuhan dari jaringan penggunanya. Simak fitur unggulannya:

Fitur Unggulan

Windscribe telah menawarkan fasilitas terbaik ketika penggunanya sedang terkoneksi dengan internet, baik melalui ponsel, router maupun peramban. Selain itu juga memaksimalkan keamanan data ketika mengakses konten yang diperlukan.

Perusahaan ini sudahmemiliki jaringan lebih dari 534 server pada 52 negara. Dalam menunjang segi keamanan, Windscribe menggunakan enkripsi AES 256 serta kunci RSA 4096 bit sedangkan untuk perambannya memakai TLS. 1.2. Selain itu desktopnya mendukung fitur kerahasiaan pengalihan.

Kisaran Harga

Windscribe menyediakan uji coba gratis bagi pelanggannya yang masih baru mencoba layanan VPN dengan 10 GB per bulannya dan lebih sedikit server. Namun untuk paket berbayarnya, pengguna bisa mengaksesnya tanpa ada batasan penggunaan.

Windsribe menyediakan dua paket tagihan yaitu $9.00 untuk per bulannya kemudian $4.08/ bulan jika ditangguhkan selama satu tahun. Metode pembayaran dapat dilakukan dalam berbagai cara, mulai dari Kartu Kredit bahkan Bitcoin sehingga tidak memunculkan nama pengguna saat membayar.

14. HideMyAss VPN

Rekomendasi penyedia VPN terbaik yang terakhir ialah HideMyAss VPN. Keunggulannya yaitu memiliki sumber daya besar ketika menampung beberapa server di dalamnya. Ada sekitar 760 perangkat bisa dipilih dan sudah tersedia di lebih dari 300 lokasi dengan layanan seperti:

Menu Unggulan HideMyAss

Dengan menggunakan HideMyAss, pengguna dapat mengakses Netflix atau iPlaer di luar negeri tanpa ada batasan sekalipun. Untuk masalah penyiapan awal dan pemasangan, tidak ditemukan masalah yang cukup berarti. Selain itu penggunannya didukung oleh berbagai jenis platform

HMA menyediakan fitur live chat serta sistem tiket dapat diakses selama 24 jam tanpa henti. Namun HideMyAss memiliki kantor pusat di Britania Raya yang dikenal merupakan lokasi dengan penjagaan ketat penggunaan data internet. Oleh karena itu pengguna masih meragukan sistem keamanannya.

Kisaran Harga

HMA menawarkan uji coba selama 7 hari bagi pelanggan barunya dan akan langsung beralih pada paket tahunan apabila tetap berlangganan. Namun waktu satu tahun tidak cukup direkomendasikan sebab mempunyai selisih jauh dengan lainnya.

HMA mematok harga Rp. 34.900 per bulannya baik untuk tagihan dibayar per bulan atau paket satu tahun dengan kata lain harus membayar lunas Rp. 418.800. Sedangkan jika berlangganan 3 tahun, pengguna cukup mengeluarkan Rp. 24.900 per bulan atau Rp. 597.600 secara keseluruhan.

15. Torguard

Pilihan layanan VPN terakhir yang kami rekomendasikan adalah Torguard. Torguard biasanya banyak digunakan oleh pengguna Bittorrent dan layana P2P lainnya. Meski demikian, Torguard juga memiliki banyak fitur unggulan yang layak untuk anda pertimbangkan.


Dengan penjelasan mengenai penyedia VPN terbaik semoga memberikan rekomendasi bagi Anda yang bingung menentukannya. Sebenarnya masih banyak lagi pihak layanan VPN, namun pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga harus lebih teliti ketika memilihnya.

Semoga artikel ini berguna untuk anda!