7 Aplikasi Belajar Online Gratis

Sejak adanya pandemi COVID-19 yang melanda seluruh negara, akhirnya pemerintah Indonesia membuat suatu kebijakan yang mengharuskan para peserta didik untuk belajar dari rumah. Belajar dari rumah ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penularan di cluster sekolah.

Untuk membuat peserta didik tetap terhubung dengan para pengajar, maka muncullah inisiatif baru mengenai sistem pembelajarannya, yaitu dengan mengandalkan kemajuan teknologi berupa layanan jaringan internet. Selain itu, untuk lebih menambah wawasan lagi, para peserta didik juga bisa turut belajar dari aplikasi belajar online yang saat ini sudah semakin marak, diantaranya sebagai berikut.

Aplikai Belajar Online

1. Ruangguru

Aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan belajar online yaitu Ruangguru. Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini? Apalagi akhir-akhir ini penggagas Ruangguru sering mempromosikan aplikasinya di berbagai channel TV dengan menghadirkan beragam promo menarik untuk memikat para peserta didik.

Fitur yang dihadirkan oleh aplikasi Ruangguru ini juga terbilang sangat variatif. Yang pertama ada fitur latihan soal yang bisa Anda pelajari untuk lebih mengasah otak dan manajemen waktu Anda dalam mengerjakan soal. Latihan soal ini tersedia dalam bentuk bank soal, tryout online, dan juga latihan soal harian.

Kemudian, aplikasi belajar online yang satu ini juga menghadirkan fitur Ruangguru Adventure yang akan membawa Anda belajar sambil bermain petualangan, sehingga bisa membuat lebih semangat untuk belajar bukan? Terdapat pula fitur live teaching, yang mana master teacher Ruangguru akan memberikan tips belajar yang mudah dalam siaran langsung.

Bukan hanya belajar dari live teaching dan mengerjakan soal, namun Anda juga bisa belajar dari video belajar beranimasi dan rangkuman berinfo grafis yang sudah disediakan oleh Ruangguru. Anda juga bisa melakukan diskusi baik dengan pengguna Ruangguru lainnya maupun dengan master teacher yang ada di Ruangguru.

Simak juga: 10 Aplikasi Sticker WA Lucu

2.  Zenius

Beralih ke aplikasi lainnya, Anda juga bisa belajar dari aplikasi Zenius yang menyediakan materi pelajaran dari cakupan SD sampai SMA sesuai dengan kurikulum 2013 revisi. Materi-materi ini bukan hanya berbentuk bacaan, melainkan juga dikemas dalam bentuk visualisasi yang mudah dicerna, seperti video animasi, whiteboard, maupun variasi video lainnya.

Untuk menonton videonya sendiri, Anda tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak kuota, karena semua video tersebut bisa Anda download sehingga Anda bisa menonton dan mempelajarinya secara offline. Selain itu, Zenius juga menghadirkan ratusan ribu kumpulan soal beserta pembahasannya, ada juga soal-soal untuk persiapan UTBK 2021.

Sama seperti aplikasi belajar online yang lainnya, Zenius juga menyuguhkan fitur live class yang bisa mempertemukan Anda dengan guru-guru Zenius dan juga pengguna lainnya. selama mengikuti live class ini, Anda juga bisa langsung mengajukan pertanyaan dan berdikusi langsung dengan yang lainnya. Untuk menggunakan aplikasi Zenius ini, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah disini.

3.  Pahamify

Jika kedua aplikasi sebelumnya bisa digunakan oleh siswa SD sampai SMA, maka berbeda halnya dengan aplikasi belajar yang satu ini. Aplikasi ini bernama Pahamify yang berfokus pada pelajaran siswa SMA. Fitur yang disediakannya pun berbasis pelajaran Saintek dan Soshum.

Pelajaran-pelajaran ini dikemas dalam bentuk video pembelajaran yang mempunyai konsep yang asyik dengan penggunaan animasi dan live eksperimen. Kemudian, ada juga rangkuman atau ringkasan dari konsep materi pelajaran yang akan sangat membantu untuk persiapan ujian. Anda juga bisa berlatih mengerjakan soal di Pahamify ini, yang tentunya akan disertai dengan konsep pembahasannya.

Karena aplikasi belajar online yang satu ini hanya berfokus pada siswa SMA, maka tidak heran apabila dalam aplikasinya juga ada fitur tentang persiapan kuliah. Anda bisa mendapatkan beberapa info mengenai jurusan perkuliahan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Sangat menarik bukan? Nah, untuk mendapatkan aplikasi ini cukup dengan klik disini.

3.  Brainly

Aplikasi yang juga bisa membantu Anda untuk belajar adalah Brainly. Aplikasi yang satu ini bisa dibilang mempunyai konsep yang berbeda dari beberapa aplikasi belajar lainnya. Karena, konsep yang mereka usung adalah belajar dari pertanyaan. Yang mana dalam aplikasi ini akan termuat banyak pertanyaan dari penggunanya, bahkan Anda juga sangat diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan.

Untuk mengajukan pertanyaannya ini sendiri, Anda bisa melakukannya dengan menuliskan pertanyaan secara langsung dan juga bisa melalui format foto. Selain mengajukan pertanyaan, para pengguna juga diperbolehkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Semakin banyak Anda menjawab pertanyaan, maka akan semakin banyak pula poin yang akan Anda dapatkan. Jadi tunggu apalagi? Ayo bergabung di komunitas belajar Brainly.

Mungkin ini yang anda cari: 12 Aplikasi Menggabungkan Foto Terbaik di Android

4.  Media Belajar Online

Beralih ke aplikasi belajar online yang lainnya, yaitu Media Belajar Online. Di aplikasi yang satu ini, Anda bukan hanya bisa belajar dari menonton video pembelajaran, melainkan juga disediakan e-book yang bisa Anda baca hanya dari perangkat telepon Anda. Sangat membantu bukan?

Buku-buku elektronik yang dimuatnya pun bukan hanya tersedia untuk para siswa saja, melainkan juga tersedia untuk para pengajarnya juga. Selain itu, para pengajar dan para siswa juga bisa belajar bersama dengan menggunakan fitur e-learning. Aplikasi Media Belajar Online ini bisa Anda dapatkan dengan mudah, cukup klik disini.

5.  Rumah Belajar

Dalam membuat kebijakan belajar di rumah ini, pemerintah juga mendukungnya dengan menghadirkan aplikasi belajar online yang bisa diakses oleh murid PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan juga SMK. Aplikasi keluaran Kemendikbud ini diberi nama Rumah Belajar, yang mana menghadirkan beragam fitur yang akan sangat menunjang pembelajaran para peserta didik.

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi Rumah Belajar ini antara lain yaitu buku sekolah eletronik, bank soal, sumber belajar, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, dan juga kelas digital. Dalam fitur sumber belajar ini termuat semua mata pelajaran dalam bentuk video yang hadir untuk semua jenjang pendidikan. Anda bisa dengan mudah mendapatkan aplikasinya disini.

6.  Quipper

Aplikasi selanjutnya yang juga bisa Anda gunakan untuk belajar adalah Quipper. Namun, cakupun Quipper ini hanya untuk siswa kelas 9 sampai 12, atau kelas 3 SMP sampai jenjang SMA. Anda bisa belajar dari catatan pelajaran yang bisa Anda download dan juga video pembelajaran dengan menggunakan animasi.

Dalam aplikasi belajar online yang satu ini, Anda bisa membuat kelas dengan guru dan teman-teman sekolah Anda. Sehingga, guru bisa dengan lebih mudah memantau pembelajaran dan tugas yang diberikan kepada Anda. Quipper juga menyediakan banyak latihan soal yang bisa Anda gunakan untuk melatih kemampuan belajar Anda.

Dalam latihan soal ini, Quipper juga menyediakan pembahasan yang lengkap, sehingga apabila Anda mengerjakan soal dengan salah, Anda bisa mempelajari bahasan yang lebih tepatnya. Selain itu, Quipper juga banyak menyediakan soal-soal UN SMP dan UN SMA, bahkan ada juga soal tryout dan prediksi SBMPTN. Dapatkan aplikasinya disini ya.

Baca juga: 8 Aplikasi Galeri Foto Terbaik

Nah, itulah beberapa aplikasi belajar online yang bisa Anda gunakan untuk menunjang proses belajar Anda selama di rumah.