Aplikasi Recovery Terbaik

Kehilangan data-data penting yang tersimpan di harddisk menjadi momok paling menakutkan, terutama bagi mereka yang kerap berjibaku dengan perangkat komputer atau Android. Karena bisa jadi, data-data yang hilang tersebut memiliki nilai kenangan mendalam, atau bahkan data yang bernilai jutaan hingga miliyaran rupiah.

Namun sesungguhnya hilangnya data dari penyimpanan harddisk bukan akhir dari segalanya. Pasalnya, masih ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yakni dengan recovery atau pemulihan. Tindakan recovery data ini bisa dilakukan, berkat dukungan dari aplikasi recovery. Saat ini, Anda bisa menemukan aplikasi recovery di internet dengan cukup mudah. Simak rekomendasi pilihan aplikasi recovery terbaik yang layak di coba berikut ini. 

1. PC Inspector File Recovery

https://pc-inspector-file-recovery.id.uptodown.com/windows

Kebanyakan setelah file yang terhapus berhasil direcovery, aplikasi recovery tersebut langsung saja dihapus. Alasannya tak lain karena ingin menghemat lokasi penyimpanan. Namun, jika PC Inspector File Recovery yang Anda gunakan maka hal tersebut tak perlu dilakukan. Pasalnya aplikasi recovery yang satu ini sangat ringan, bahkan file instalasinya cuma berukuran sekitar 5.83MB saja.

PC Inspector File Recovery ini bisa di install ke semua Windows, dari mulai yang terbaru hingga yang lawas. Sebut saja seperti Windows 2000, XP, Vista, 7, 8,hingga Windows 10 yang terbaru. Hampir semua jenis ekstensi file dari format MOV, MP3, JPG, GIF, HTML, EXE, PDF, bisa dipulihkan dengan aplikasi erecovery terbaik yang satu ini.

2. Glary Undelete

https://www.glarysoft.com/glary-undelete/download/

Setiap orang memang suka yang gratis, maka Glary Undelete sangat direkomendasikan sebagai aplikasi recovery data terbaik yang layak dicoba. Aplikasi ini totally free, bahkan bisajuga digunakan untuk sistem operasi Windows. Selain itu, Glary Undelete juga mendukung banyak format file dengan sistem populer yang kerap digunakan di sistem operasi Windows dari mulai NTFS, EFS, hingga FAT.

Merecovery data atau file memang jadi pekerjaan yang cukup melelahkan, sebab file lama yang jumlahnya bisa ratusan ribu lebih akan dipulihkan kembali. Tapi tak usah khawatir, sebab dengan Gary Undelete semuanya akan lebih mudah dilakukan. berkat fitur-fitur kerennya yang bisa mengelompokan file atau data ber dasarkan nama file, tanggal pembuatan, hingga ukurannya. Sehingga, proses recovery bisa dijalankan dengan lebih cepat serta tak bikin pusing kepala. 

3. Puran File Recovery

http://www.puransoftware.com/File-Recovery-Download.html

Aplikasi recovery terbaik selanjutnya yang jadi rekomendasi ialah Puran FIle Recovery yang tersedia dalam dua versi, yakni versi portabel serta versi installasi. Untuk versi portabel, aplikasi ini lebih cocok untuk Anda yang cuma membutuhkannya sesekali saja. Sedang untuk versi installasi, akan lebih cocok digunakan apabila Anda kerap merecovery file yang terdapat di harddisk lain.

Kedua versi dari Puran File Recovery ini sama-sama bisa digunakan untuk OS dengan 32bit dan 64bit. Puran File Recovery juga mendukung banyak bahasa, dari mulai Inggris, Perancis, Hindi, Punjabi, Jerman, Spanyol, Portugis, Jepang, Rusia serta banyak lagi yang lainnya.

4. Mini Tool Power Data Recovery

https://www.minitool.com/data-recovery-software/

Bukan cuma karena tak sengaja terhapus, file yang hilang bisa saja terjadi karena adanya kesalahan sistem. Baik karena laptop yang kera serangan virus hingga membuat semua data-data dan file hilang, atau mungkin karena muncul masalah sistem yang lainnya. Nah, dengan Mini Tool Power Data Recovery semua masalah anda tadi bisa diselesaikan dengan baik.

Aplikasi recovery terbaik yang satu ini pun cukup kompatibel dengan sistem operasi Windows 10, serta bisa digunakan untuk memulihkan file dari bermacam-macam media. Entah file atau data yang tersimpan di harddisk, SSD, ataupun media penyimpanan yang lainnya seperti kartu SD atau pun flashdisk. Totalnya ada sekitar 70 jenis format file yang bisa dipulihkan kembali oleh aplikasi yang satu ini, termasuk Word, PDF, Excel, PNG, Slides, JPG, dan lain sebagainya. 

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mencari lebih dulu file atau data yang dibutuhkan, baru kemudian Anda bisa menentukan pilihan apakah igin merecovery file tersebut atau pun tidak. Jadi lebih efisien dan menghemat ruang penyimpanan. Untuk versi gratisnya, Anda diperbolehkan untuk memulihkan sebuah file hingga 1GB. Namun, jika masih kurang Anda bisa mendapatkan versi berbeayar dengan membeli lisensinya.

5. Wise Data Recovery

https://www.wisecleaner.com/wise-data-recovery.html

Setiap orang punya alasan berbeda saai ingin memulihkan kembali file yang hilang atau terhapus dari harddisk maupun media penyimpanan yang lainnya. bisa saja file atau data tersebut sangat penting dan tak sengaja terhapus. Atau bahkan, karena dirasa tak terlalu penting maka anda menghapusnya, padahal file tersebut masih sangat penting dan harus dipakai. Tetapi, sayang nya tak semua file ata data yang terhapus bisa dipulihkan kembali dengan kondisi yang “utuh”.

Contohnya saja seperti file atau data yang sudah cukup lama terhapus, karena ada kemungkinan jika file atau data tersebut akan mengalami kerusakan ketika di pulihkan kembali. Hal ini wajar saja, sebab file atau data tersebut kemungkinan terjadi korup atau telah rusah. Disinilah menariknya Wise Data Recovery ini. 

Setelah seluruh file atau data berhasil di pulihkan, aplikasi ini juga akan memberikan informasi di setiap file sesuai kondisinya. Keterangannya tergantung kondisi file tersebut, yakni berupa “Poor”, “Very Poor” “Good”, atau bahkan “Lost”. Good maknanya file yang direcovery kondisinya cukup bagus. Sedang untuk Poor maknanya ada “cacat” di dalam file. Untuk Very poor, maknanya sebagian besar file mengalami kerusakan, dan lost maknanya file tersebut benar-benar tak bisa lagi di recovery.

6. Disk Drill

https://www.cleverfiles.com/disk-drill-windows.html

Sebelumnya aplikasi recovery terbaik ini memiliki nama Pandora Recovery, tetapi karena alasan tertentu sang developer kemudian mengubah namanya jadi Disk Drill. Aplikasi ini sendiri memilliki cara kerja yang sangat mirip dengan aplikasi receovery lainnya yang membolehkan penggunanya untuk bisa mencoba aplikasi ini terlebih dahulu secara gratis. 

Dengan catatan, ukuran file yang ingin direcovery tak lebih dari 500MB. Lalu ketika Anda ingin bisa merecovery file atau data yang tidak terbatas sesuai kebutuhan, maka Anda harus membeli versi berbayarnya. Dalam versi berbayarnya, aplikasi recovery yang satu ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik. Seperti Deep Scan, Quick Scan, Lost Partition Recovery serta masih banyak yang lainnya lagi.

Quick Scan membuat Anda  bisa melakukan pemindaian pada file atau data yang terbilang masih baru terhapus. Untuk fitur Deep Scan, lebih cocok untuk memulihkan file atau data yang telah lama terhapus. Sedangkan fitur Lost Partition Recovery umumnya digunakan untuk memulihkan file yang ada di harddisk dalam format berbeda. Misanya saja sebelumnya Anda menggunakan file sistem berformat FAT, lalu sekarang Anda menggunakan NTFS. 

Demikian tadi rekomendasi tentang aplikasi recovery terbaik yang bisa digunakan untuk merecoveri file maupun data yang hilang atau terhapus, baik disengaja ataupun karena adanya kesalahan sistem. Namun, tak semua file yang terhapus bida direcoveri kembali dengan hasil sesuai harapan karena file tersebut bisa saja telah korup atau rusak. Semuanya tergantung keberuntungan Anda. Selamat mencoba!