7 Aplikasi Webinar Terbaik Tahun 2020

Webinar adalah singkatan dari web seminar, merupakan sebuah aktivitas berbentuk seminar online yang memanfaatkan teknologi internet serta perangkat lain dalam pelaksanaannya.

Webinar atau seminar online ini sekarang menjadi marak dilaksanakan karena pandemi Covid-19 tak kunjung selesai dan membuat banyak orang tidak bisa berkumpul untuk mengadakan kegiatan seperti seminar.

Kehadiran webinar ini tentu menjadi salah satu alternatif kegiatan ilmiah yang banyak diminati. Selain mudah karena hanya menggunakan komputer/laptop dan kuota internet stabil, kegiatan webinar ini banyak digunakan karena tidak membutuhkan banyak biaya.

Selain perangkat komputer dan kuota internet, aplikasi yang digunakan untuk seminar tentunya harus diperhatikan.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi webinar terbaik untuk anda yang di rumah saja.

aplikasi webinar terbaik

1. Zoom Meeting

Aplikasi Zoom Meeting tampaknya menjadi aplikasi yang sangat populer akhir akhir ini. Aplikasi besutan Eric Yuan ini menjadi aplikasi meeting dalam jaringan paling banyak digunakan selama pandemi Covid-19.

Zoom menyediakan video dengan kualitas HD dengan audio yang jernih sehingga nyaman digunakan saat kegiatan webinar berlangsung. Aplikasi yang dirilis pada bulan Januari 2013 ini, bisa menampung maksimal 100 peserta seminar aktif sehingga jangkauannya luas.

Yang dimaksud peserta aktif adalah, peserta yang bergabung dengan seminar, dapat turut berkomentar dan menyuarakan pendapat melalui audio sehingga suasananya bisa seperti seminar offline pada umumnya.

Selain dengan mendowload aplikasinya, anda dapat mengakses Zoom Meeting ini melalui website. Jika anda menargetkan peserta seminar lebih dari 100 orang, anda juga bisa menghubungkan link Zoom Meeting anda melalui facebook atau Youtube.

Namun tentunya peserta dari platform lain hanya bisa menjadi peserta pasif yang tidak dapat berkomentar. Meskipun begitu, Zoom Meeting masih menjadi aplikasi yang sangat direkomendasikan sebagai aplikasi webinar terbaik yang dapat anda gunakan.

2. Google Hangouts

Google Hangouts merupakan salah satu aplikasi besutan google yang memiliki banyak fungsi diantaranya messaging, HD video call, voice call dan HD group conferencing. Fitur Google Hangouts yang digunakan untuk webinar adalah HD group conferencing.

Aplikasi ini terintegrasi dengan G suite yang bisa mengumpulkan orang-orang melalui link URL web, laptop, maupun aplikasi pada ponsel. Tentunya, Google Hangouts ini dapat anda gunakan secara gratis.

Seperti aplikasi besutan google lainnya, aplikasi ini dirancang sederhana dan sistematis sehingga mudah dipahami dan digunakan oleh pemula. Seperti halnya Zoom meeting, Google Hangouts juga menyediakan fitur screen sharing ke peserta seminar lainnya.

Dengan banyak kelebihan, Google Hangouts ini menjadi salah satu aplikasi webinar terbaik yang dapat anda gunakan.

3. ezTalks Webinar

Selain dua aplikasi webinar diatas, ezTalks Webinar merupakan salah satu aplikasi webinar terbaik yang bisa anda pilih.

Nama ezTalks Webinar mungkin masih terasa asing di telinga anda. Namun aplikasi ini adalah aplikasi populer yang sudah banyak digunakan untuk melakukan seminar online maupun kegiatan pembelajaran online yang lainnya.

Aplikasi ini dirancang dengan sederhana sehingga mudah digunakan dan juga fleksibel. Saat ini, pengguna terbesar dari ezTalks merupakan perusahaan besar yang banyak melakukan rapat atau meeting online.

Dengan menjanjikan video berkualitas HD serta audio yang jernih, anda dapat melaksanakan webinar dengan nyaman. Selain itu, diakhir seminar anda dapat membuat survei singkat untuk mendapatkan feedback dari peserta seminar.

4. Livestorm

Aplikasi Livestorm dapat menjadi pilihan anda selanjutnya untuk melakukan webinar. Aplikasi ini memang dikembangkan khusus untuk keperluan sekolah online, webinar dan kegiatan yang membutuhkan video conferrence lainnya sehingga fitur-fitur di dalamnya memang diciptakan khusus untuk menunjang fungsi utamanya.

Beberapa keunggulan livestrom adalah anda dapat melihat segmentasi dari audience seminar, mengenkripsi data, dan masih banyak lagi. Untuk mengadakan seminar menggunakan Livestorm, anda harus membeli paket paket yang sudah tersedia didalamnya.

Harganya beragam tergantung lamanya webinar dan banyaknya peserta. Meskipun berbayar, aplikasi Livestorm masih menjadi banyak pilihan bagi lembaga sekolah atau perusahaan yang hendak mengadakan webinar atau meeting dalam jaringan.

5. Click Meeting

Aplikasi webinar terbaik selanjutnya adalah aplikasi Click Meeting. Aplikasi ini banyak digunakan oleh perusahaan luar negeri dan juga kampus-kampus luar negeri untuk menunjang kegiatannya. Daya tampung pesertanya juga banyak yaitu mencapai 250 peserta.

Selain digunakan untuk melaksanakan webinar, aplikasi ini juga banyak digunakan untuk kegiatan kursus online, meeting bisnis, pelatihan dan sebagainya.

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Ada banyak paket yang ditawarkan Click Meeting untuk melaksanakan webinar. Paket terbaik yang banyak digunakan adalah paket dengan harga Rp 372.000 perbulan yang disediakan untuk menampung maksimal 250 peserta.

Tentunya dengan segala fitur unggulan didalamnya, harga ini tidaklah mahal. Namun anda tidak perlu khawatir atau ragu karena aplikasi ini masih dapat anda akses secara gratis selama 30 hari sebagai masa percobaan.

6. GoToWebinar

GoToWebinar sudah banyak dikenal sebagai salam satu aplikasi pertemuan berbasis online. Semenjak pandemi Covid-19, pengguna GoToWebinar semakin banyak karena berbagai fitur handal didalamnya.

Jangkauan peserta dari GoToWebinar sangat luas yaitu mencapai 5000 peserta dalam satu kali pertemuan. Fasilitas terbaik yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah and dapat mengajukan jajak pendapat, survei online setelah webinar berakhir hingga sesi Q&A.

Selain itu, anda juga dapat menyimpan kegiatan webinar anda di perangkat pribadi anda atau  secara online di aplikasi ini dan membagikannya setelah seminar berakhir.

7. Demio

Aplikasi webinar terbaik lainnya yang dapat anda gunakan adalah aplikasi Demino. Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Demino menawarkan banyak fitur menarik yang dapat anda manfaatkan untuk melaksanakan webinar.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis pada masa percobaan. Namun jika anda menginginkan fasilitas lebih dari aplikasi ini, anda dapat melakukan pembayaran sesuai paket yang anda pilih dengan fasilitas yang anda pilih tentunya.

Selain kualitas video yang bagus, Demino juga menyediakan fitur chat yang dapat digunakan peserta untuk berdiskusi tanpa harus mengganggu pembicara yang sedang melaksanakan seminar.

Tips Memilih Aplikasi Webinar Terbaik

Standar ‘terbaik’ dalam menentukan aplikasi untuk webinar tentu berbeda-beda setiap orang, tergantung pada kebutuhan dari seminar itu sendiri.

Berikut ini beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan saat memilih aplikasi webinar terbaik versi anda.

  1. Keamanan. Keamanan data anda dan data peserta webinar tentunya sangat penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih aplikasi. Pastikan aplikasi yang anda pilih dijamin keamanan datanya.
  2. Jumlah Peserta. Sebelum membuat seminar, sebaiknya anda menentukan target dari peserta terlebih dahulu. Karena dalam beberapa platform berbayar, anda harus membeli paket sesuai dengan jumlah peserta yang dapat mengakses aplikasi tersebut. Biasanya, semakin banyak peserta akan semakin mahal.
  3. Keterlibatan Peserta Webinar. Seminar yag pasif dimana peserta tidak dapat berkontribusi dalam diskusi tentu akan menjadi seminar yang sedikit membosankan. Untuk itu, fitur seperti live chat, jajak pendapat dan tanya jawab harus anda pertimbangkan dalam memutuskan aplikasi yang akan anda gunakan.
  4. Perekaman. Fitur ini menjadi cukup penting agar anda dapat merekam kegiatan anda selama seminar. Dengan adanya fitur perekaman, anda dapat meninjau ulang kegiatan webinar dan membagikannya agar dapat dimanfaatkan lebih banyak orang.

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi webinar terbaik untuk anda yang ingin mengikuti atau justru mengadakan seminar berbasis web. Jangan sampai pandemi Covid-19 menghalangi anda untuk menimba ilmu melalui seminar. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.