Cara Berlangganan Netflix Lengkap

Salah satu alasan kenapa pengguna Netflix masih terbatas di Indonesia adalah cara berlangganannya. Cara berlangganan Netflix dianggap rumit karena memberikan syarat kartu debit dan kartu kredit.

Padahal masih ada banyak cara yang bisa dilakukan jika ingin berlangganan Netflix dengan mudah. Jika Anda ingin mencoba berlangganan Netflix dan bingung caranya, simak tutorial di bawah ini.

cara berlangganan netflix

1. Daftar Netflix Terlebih Dulu

Sebelum memutuskan untuk berlangganan, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk memudahkan proses ini ada baiknya untuk mengunduh aplikasi baik pada Play Store atau App Store.

Selanjutnya lakukan Sign Up seperti biasa dengan memasukkan email dan kata kunci. Setelah terdaftar, Anda belum bisa menggunakan akun ini. Semua film juga terkunci dan butuh berlanggan, berikut cara lengkapnya:

2. Berlangganan dengan Kartu Kredit

Pada beberapa negara, langganan Netflix hanya pakai  kartu kredit saja. Mengapa? Karena prosesnya akan cepat dan aplikasi bisa memperbarui layanan saat sudah habis.

Di Indonesia, sistem itu juga berlaku meski sedikit menyusahkan banyak orang. Jika Anda sudah punya CC, gunakan cara di bawah ini untuk berlangganan.

  1. Buka aplikasi Netflix terlebih dahulu, Anda wajib pakai ponsel agar prosesnya mudah.
  2. Setelah terbuka, Anda bisa langsung menekan Try 30 Days Free. (Hanya berlaku untuk yang baru pertama).
  3. Klik See the Plans. Di sana akan muncul pilihan paket Mobile, Basic, Standard, dan Premium. Setiap plan memiliki harga yang berbeda-beda.
  4. Setelah memilih klik continue.
  5. Jika Anda belum mendaftar, biasanya akan muncul halaman untuk pendaftaran. Lakukan dengan memasukkan email dan juga kata sandi.
  6. Selanjutnya pilih metode pembayaran. Anda bisa memilih kartu kredit atau credit card.
  7. Masukan nama Anda, nomor pada kartu, tahun berakhir kartu, dan CVV pada kartu.
  8. Pastikan lagi jenis paket Netflix, apakah sudah benar atau tidak.
  9. Centang bagian Terms of Use dan Privacy Statements.
  10. Klik Start Membership.
  11. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi akun. Masukkan nomor ponsel yang aktif. Setelah ada OTP, masukkan kode dan aktifkan akun.
  12. Netflix sudah aktif dan Anda bisa berlangganan.

Pada tahap ini, Anda akan mendapatkan gratis 30 hari. Selanjutnya, Netflix akan memotong langsung dari kartu kredit untuk melakukan proses pembaruan. Cara berlangganan Netflix di atas sangat praktis dan Anda masih bisa upgrade akun.

Baca juga: cara mempercepat koneksi internet

3. Berlangganan dengan Kartu Debit

Ada cara berlangganan Netflix tanpa kartu kredit. Anda bisa menggunakan kartu debit khususnya yang berasal dari Jenius. Sebelum menggunakan, pastikan sudah punya Jenius yang aktif dan e-card sudah aktif.

Anda juga sudah melakukan top-up pada e-card tersebut. Jadi, saldo di sana bisa digunakan untuk berlangganan. Selanjutnya, proses berlangganan hampir sama dengan cara kartu kredit di atas. Berikut cara selengkapnya:

  1. Memiliki aplikasi Netflix terlebih dahulu, Anda bisa mengunduhnya melalui store di Android atau Apple.
  2. Setelah terunduh, buka aplikasi dan Anda bisa langsung menekan tombol Try 30 Days Free. (Gratis 30 hari pertama saja, selanjutnya akan autodebet.)
  3. Klik See the Plans. Di sana akan muncul pilihan paket Mobile, Basic, Standard, dan Premium. Harga basic sekitar Rp50 ribu, selanjutnya akan meningkat hingga di atas Rp100 ribu untuk kualitas gambar HD.
  4. Setelah memilih klik continue.
  5. Akan muncul halaman untuk pendaftaran. Lakukan dengan memasukkan email dan juga kata sandi.
  6. Pilih metode pembayaran. Anda bisa memilih kartu debit atau debit card.
  7. Masukan nama identitas, nomor pada e-card Jenius, tahun berakhir kartu, dan CVV.
  8. Pilih jenis paket yang ingin dibeli, apabila ada perubahan bisa segera diganti.
  9. Centang bagian Terms of Use dan Privacy Statements.
  10. Klik Start Membership.
  11. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi akun. Gunakan nomor ponsel yang aktif. Tunggu OTP masuk untuk melakukan  verifikasi. Setelah kode dimasukkan, akun akan aktif.
  12. Netflix sudah aktif dan Anda bisa berlangganan.

4. Berlangganan Via Marketplace

Ada cara berlangganan Netflix tanpa kartu debit. Anda bisa memanfaatkan akun sharing yang ditawarkan oleh beberapa penjual di marketplace seperti Shopee. Harga paket biasanya lebih murah, berikut caranya:

  1. Gunakan salah satu aplikasi marketplace. Anda bisa menggunakan Shopee agar lebih mudah.
  2. Cari penjual akun Netflix dengan metode sharing account. Pilih yang rating-nya paling tinggi.
  3. Pilih salah satu akun sharing, pilih durasinya juga mulai dari 1 bulan sampai 3 bulan.
  4. Lakukan proses pembayaran.
  5. Lakukan konfirmasi pada pembeli untuk diberi akun dan password.
  6. Gunakan akun itu untuk melakukan login.
  7. Selamat melakukan streaming.

Cara bayar Netflix pakai Shopee di atas cukup mudah dan terjangkau. Harganya sekitar Rp28-30 ribu per akun sharing per bulan. Biasanya jika berlangganan sampai 3 bulan harganya lebih murah.

Akun sharing biasanya digunakan sampai 5 orang. Saat masuk ke Netflix, Anda bisa memilih user mana yang akan dipakai. Biasanya penjual akun sharing memiliki aturan tertentu, patuhi agar Anda bisa streaming dengan nyaman.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berlangganan Netflix

Sebelum memutuskan untuk berlangganan Netflix, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik, berikut selengkapnya.

1. Berhati-hati dengan Kartu Kredit

Sistem langganan dari Netflix adalah terus memotong pada kartu kredit saat jatuh tempo. Artinya, jika Anda lupa melakukan pembaruan, proses membership akan otomatis diperbarui setiap bulannya.

Hal ini akan berjalan terus-menerus meski Anda sudah tidak menginginkannya lagi. Itulah kenapa, Anda harus menghentikan langganan jika sedang tidak butuh dan menyalakannya lagi jika sedang menginginkannya.

2. Jangan Salah Memilih Akun Sharing

Akun sharing yang tersedia di Shopee atau sejenisnya memang mudah untuk digunakan dan mudah. Namun, pastikan membeli akun sharing dari penjual yang tepat. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan.

Ada penjual akun sharing yang membagi akun ke lebih dari 5 orang. Efeknya, saat ada pengguna yang memakai profile secara bersamaan, limit layar akan muncul. Jadi, hanya salah satu pengguna saja yang bisa melakukan streaming.

3. Tidak Diperkenankan Pakai VPN

Netflix yang ada di Indonesia dan beberapa negara biasanya memiliki tayangan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki tayangan khusus sehingga tidak semua negara bisa melihatnya.

Beberapa orang menyiasati hal ini dengan menggunakan VPN. Namun, cara ini bisa menyebabkan akun mengalami masalah.

4. Hanya Pakai Aplikasi Resmi Saja

Hanya unduh aplikasi dengan menggunakan Play Store atau App Store saja. Jangan pakai aplikasi mod atau sejenisnya. Apalagi aplikasi itu dipakai untuk membobol akun premium.

Demikian ulasan tentang cara berlangganan Netflix. Dengan menggunakan cara di atas, Anda bisa memilih sendiri mana metode yang dianggap paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan.

Semua bisa digunakan dan resmi. Jadi, akun Netflix yang digunakan tidak akan mengalami hold. Apabila akun terkenal hold, Anda tidak akan bisa menonton meski sudah berlangganan sebelumnya.