Panduan Cara Membuat Twibbon dan Aplikasinya

Twibbon mulai ramai digunakan di Indonesia di lima tahun belakangan, persisnya semenjak aplikasi foto seperti Instagram mulai ramai digunakan.

Ingin tahu cara membuat twibbon yang mudah dipelajari? Ini ulasan lengkapnya buat Anda semua.

cara membuat twibbon

Apa Itu Twibbon?

Twibbon adalah template gambar yang bebas dimasuki foto apa saja, sesuai keinginan penggunanya. Biasanya twibbon digunakan untuk merayakan event tertentu seperti masuk kuliah, perayaan kemerdekaan, dll.

Untuk orang yang masih awam di dunia desain, membuat twibbon tampaknya cukup sulit. Akan tetapi sebenarnya membuat twibbon itu sangat mudah kok, bahkan dengan smartphone saja bisa. Nah, buat Anda yang mau belajar cara mendesain twibbon yang mudah, simak artikel ini sampai akhir ya.

Cara Membuat Twibbon Di Photoshop

Cara desain twibbon pertama yang akan diulas di sini adalah dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Anda tidak perlu takut kesulitan dulu, karena sebenarnya desain twibbon di Photoshop itu sangat mudah dipelajari kok, langsung ikut instruksi berikut ini ya!

  1. Pertama-tama, Anda perlu instal dulu Adobe Photoshop di laptop/notebook Anda, pilih yang versi terbaru supaya pengalaman desain Anda lebih baik.
  2. Sebelum instal, pastikan laptop/notebook Anda memiliki RAM minimal sebesar 2 GB (cara ceknya silakan klik tanda Windows + R, lalu ketikkan “dxdiag”).
  3. Setelah Adobe Photoshop diinstal, silahkan buka aplikasi tersebut dan klik “New”, setelah itu akan ada box format yang muncul.
  4. Buat format twibbon yang diinginkan di Photoshop, misalnya umumnya twibbon berukuran 1:1 atau 1000×1000 px.
  5. Susun twibbon dengan konsep yang Anda inginkan, kalau bisa buat coret-coretan dulu apa saja yang akan dimasukkan ke twibbon tersebut.
  6. Supaya mudah, buka https://freepik.com/ untuk mendapatkan template gratis, tapi ingat ambil yang formatnya PSD.

Baca juga: Daftar situs freelance Indonesia terbaik

Cara Membuat Twibbon Di Coreldraw

Cara membuat twibbon di Coreldraw sebenarnya kurang lebih sama seperti di Adobe Photoshop. Perbedaannya terletak pada beberapa langkah saja, selengkapnya simak berikut ini.

  1. Instal Coreldraw seperti langkah-langkah yang ada di panduan instal Photoshop sebelumnya.
  2. Selama instalasi sebaiknya siapkan coret-coretan konsep, termasuk konsep font dan gambar-gambar yang ingin disematkan.
  3. Setelah itu mulai cari komponen-komponen dari konsep twibbon yang Anda buat, bisa melalui https://freepik.com/.
  4. Buka Coreldraw dan buat dokumen baru dari sana, tentukan ukurannya, ekstrak RAR template/komponen desain yang telah didownload melalui Freepik, lalu masukkan ke dalam dokumen yang baru dibuka.

Cara Membuat Twibbon Twibbon di Picsart

Selanjutnya kita akan membahas cara membuat twibbon dengan menggunakan aplikasi smartphone, yaitu Picsart. Ada dua hal yang akan dibahas di sini, yaitu cara mendesain twibbon Picsart dari nol dan cara memasangkan foto ke dalamnya.

Bagaimana caranya mendesain Twibbon dari nol via Picsart?

Tenang, bisa banget kok dan hasil twibbon desainan Picsart juga bagus, meski pun tidak bisa serumit Coreldraw dan Photoshop.

Tidak perlu lebih lama lagi, berikut ini step-by-step cara membuat twibbon di Picsart:

  1. Download aplikasi Picsart melalui Google Play seperti biasa, buka aplikasinya, lalu tekan tombol “+” di bagian tengah di bar bawah untuk membuat dokumen baru.
  2. Twibbon biasanya berukuran 1:1, jadi setelah tekan “+” silakan pilih button “Pick Canvas” yang tertera pada layar, pilih layer berwarna transparan agar twibbon bisa dijadikan template.
  3. Setelah itu, masukkan bentuk dasar twibbon yang diinginkan, di Picsart bentuk dasar yang paling mudah dibuat adalah persegi atau lingkaran, jadi sebaiknya pakai itu saja.
  4. Setelah bentuk dasar dipilih, seret bentuk tersebut agar memenuhi setengah atau seperempat layar saja (sesuai selera), yang penting ada space untuk menaruh foto tambahan di dalamnya.
  5. Masukkan warna, hiasan, dan tulisan yang diinginkan menggunakan fitur-fitur Picsart, Anda juga bisa menambahkan logo, thumbnail, dll.
  6. Setelah twibbon selesai didesain, klik tanda panah ke bawah di bar atas aplikasi, lalu tekan tombol “Save and Share”, gambar pun tersimpan ke dalam folder HP.

Memasang Twibbon Ke Foto Yang Sudah Ada di Picsart

Selanjutnya bagaimana sih caranya memasangkan foto tambahan ke dalam twibbon yang sudah dibuat?

Caranya gampang kok, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unggah twibbon yang sudah dibuat, atau kalau ingin pakai twibbon lain bisa mendownloadnya dulu.
  2. Masukkan twibbon ke dalam aplikasi Picsart, caranya buka aplikasi, tekan tombol “+”, lalu masukkan background dengan twibbon tadi.
  3. Setelah itu unggah foto yang akan dimasukkan ke dalam twibbon, seret sampai foto berada di tempat yang diinginkan.
  4. Klik fitur “Overlay”, dan foto pun sudah masuk ke dalam twibbon, lalu klik panah download di bar atas dan klik “Save and Share”.

Simak: Tutorial cara membuat Paypal

Cara Membuat Twibbon Di Canva

Selanjutnya kita akan membahas cara membuat twibbon di Canva, salah satu aplikasi desain gratis terbaik yang ada saat ini. Tidak seperti Picsart, Canva bisa diakses baik di perangkat smartphone maupun PC.

Untuk membuat desain twibbon di Canva, Anda dapat mengikuti step-by-step-nya berikut ini.

  1. Kunjungi https://canva.com/ (untuk pengguna komputer) atau instal aplikasi Canva melalui smartphone.
  2. Setelah itu, buat akun terlebih dahulu dengan menggunakan email, Anda juga bisa langsung login menggunakan Google/Facebook.
  3. Di bagian atas situs/aplikasi, klik “Buat Desain”, klik tombol “Ukuran Khusus”, masukkan 1000 X 1000 piksel.
  4. Setelah masuk ke layer, pilih elemen yang Anda butuhkan dengan klik fitur “Elemen” di sebelah kiri layar.
  5. Masukkan elemen-elemen yang diinginkan, bisa juga dengan upload elemen dari komputer/ponsel. Jangan lupa sisakan tempat kosong untuk meletakkan foto nantinya.
  6. Selain menggunakan elemen, Anda juga bisa menambahkan frame yang sudah jadi dari Canva, tinggal klik “Elemen”, lalu ketikkan “Bingkai” di kolom pencarian.
  7. Setelah jadi, klik tombol “Unduh” yang berada di pojok kiri atas, pilih format file PNG agar twibbon Anda kelihatan space kosongnya.
  8. Twibbon PNG di Canva akan otomatis tersimpan secara online, jadi jika ingin memasukkan foto Anda tinggal membuka lagi file twibbon tersebut.

Lihat juga: Rekomendasi situs nonton drama Korea

Itulah penjelasan lengkap tentang panduan cara membuat Twibbon disertai aplikasi-aplikasi untuk membuatnya.

Apakah Anda punya rekomendasi lain untuk membuat twibbon dengan cepat dan mudah? Kalau ya, jangan sungkan-sungkan share ke kami ya!!!