Estimasi Biaya Pembuatan Website Tahun 2020

Saat ini, memiliki website milik pribadi sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Bisa untuk keperluan blog pribadi, toko online, website perusahaan, atau hal lainnya.

Hanya saja, kebanyakan orang masih belum tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat website.

Sebetulnya berapa biaya pembuatan website?

Biaya pembuatan website bisa mulai dari Rp 500.000 sampai dengan puluhan juta rupiah. Biaya website tergantung sekali pada jenis website yang akan anda buat.

  • Apakah website untuk kebutuhan blog pribadi? profile perusahaan? toko online? portofolio online? website sekolah?
  • Apakah website anda membutuhkan hal atau fungsi khusus, atau halaman informasi saja?
  • Apakah website anda membutuhkan pengelolaan database khusus?
  • Apakah website anda haruis terintegrasi dengan layanan lain?

Estimasi Biaya Pembuatan Website

Estimasi Biaya Pembuatan Website

Berikut ini estimasi biaya pembuatan website secara dasar. Sebagai catatan, estimasi ini tidak memperhitungkan biaya jasa pembuatan website.

  • Biaya domain mulai dari Rp 110.000/tahun. Domain adalah ekstensi dari nama website anda ( .com, .net. .info, .id, dan sejenisnya). Domain harus diperpanjang setiap tahun. Harganya juga berbeda-beda untuk setiap ekstensi domain.
  • Biaya hosting mulai dari Rp 150.000 – di atas 1 juta per tahun. Harga hosting amat tergantung dari penyedia hosting dan paket hosting yang anda pilih disana.
  • Biaya SSL/Https gratis. Anda bisa menggunakan SSL gratis dari lets encrypt, kecuali jika bisnis anda membutuhkan SSL premium khusus.
  • Biaya theme/template website: gratis – $60. Anda bisa gunakan template website gratis ataupun premium.
  • Plugin/addon tambahan: gratis – $100. Anda bisa gunakan plugin atau addon gratis, baru beli premium jika diperlukan.
  • Biaya pembuatan konten/artikel : Rp 15.000 – Rp 50.000/artikel 1000 kata. Jika anda menggunakan jasa penulisan artikel (tidak menulis sendiri), harga ini adalah harga standar di jasa penulis artikel di Indonesia.

Jadi sebetulnya, biaya untuk membuat satu blog atau website terbilang murah jika dikerjakan sendiri. Dengan total Rp 300.000 – Rp 2.000.000/tahun, anda sudah dapat membuat website atau blog sendiri.

Estimasi biaya pembuatan website ini bisa lebih besar jika anda menggunakan jasa pembuatan website profesional.

Tips Membuat Website Sendiri

Saya ingin membuat website sendiri saja, bagaimana caranya?

Nah jika anda ingin membuat website sendiri, silahkan simak beberapa tips yang kami sajikan disini. Dalam tips ini, kami tuliskan secara garis besarnya saja. Nanti, anda bisa googling tutorial untuk setiap tips yang kami tulis.

Paling tidak, anda sudah punya kisi-kisi apa yang harus dilakukan untuk membuat website atau blog sendiri.

1. Tentukan Jenis Website Yang Akan Anda Buat

Apakah website anda akan berisi halaman informasi saja? 

Misalnya saja anda ingin membuat website personal/blog pribadi. Atau website sekolah, instansi, atau perusahaan yang berisi informasi saja (tanpa integrasi data lain). Atau mungkin membuat web toko online sederhana, portofolio, atau website/blog seperti blog yang anda baca ini.

Jika website yang akan anda buat termasuk dalam kategori di atas, bisa anda buat sendiri dengan cukup mudah. Anda bisa googling dengan kata kunci cara membuat website sendiri, cara membuat website dari nol, dan sejenisnya.

Jenis website di atas tidak terlalu kompleks, dan bisa anda buat dengan mudah menggunakan CMS wordpress.

Apakah website anda membutuhkan fungsi khusus?

Misalnya saja anda mau membuat toko online dengan form pembelian khusus, atau website sekolah dengan database siswa, atau mungkin web bisnis yang menerima pendaftaran online. Intinya website dengan fungsi khusus tertentu saja.

Jika website yang mau anda buat termasuk dalam kriteria di atas, akan lebih baik jika menggunakan jasa pembuatan website profesional saja. Membuat website seperti di atas memerlukan keahlian khusus, dan membutuhkan learning curve yang cukup lama.

2. Gunakan CMS

Saat ini anda bisa membuat website jenis apapun dengan menggunakan CMS (Content management system). Tidak perlu menguasai skill html, php, css dan sejenisnya. Cukup dengan klak-klik setting saja, anda bisa membuat website dengan cepat.

Salah satu CMS yang paling populer di gunakan di dunia dan gratis, adalah CMS wordpress. Proses penggunaannya juga mudah. Selain itu tutorialnya sudah banyak sekali di google ataupun youtube.

Catatan; CMS wordpress disini dari wordpress.org, dan di install sendiri di hosting. Berbeda dengan layanan blog gratis di wordpress.com.

Anda bisa googling tutorial cara membuat website dengan wordpress, cara install wordpress di hosting, cara setting wordpress di hosting, dan sejenisnya.

3. Beli Hosting Sesuai Kebutuhan

Harga hosting saat ini sudah cukup terjangkau. Untuk tahap awal, anda bisa menggunakan hosting yang murah saja dan masuk dalam budget anda. Silahkan simak disini untuk rekomendasi hosting terbaik Indonesia.

Jika website anda semakin berkembang dan membutuhkan hosting yang lebih bagus, anda bisa dengan mudah upgrade paket hosting atau pindah ke hosting lain yang lebih bagus nanti.

4. Gunakan Theme dan Plugin Gratis

Banyak theme dan plugin gratis yang bisa anda manfaatkan.

Theme digunakan untuk setting tampilan website wordpress anda secara keseluruhan. Jika membutuhkan tampilan khusus, anda bisa mempelajari cara membuat tampilan website sesuai keinginan dengan page builder semacam elementor, atau gutenberg (gratis).

Plugin di gunakan untuk menambahkan fungsi tertentu ke dalam website cms wordpress anda. Misalnya saja plugin SEO, contact form, keamanan, backup website, dan lain sebagainya.

5. Cari Tutorial di Youtube

Kemungkinan besar, semua hal yang anda cari seputar cara membuat website wordpress sudah ada di youtube. Hal ini karena CMS wordpress amat populer, sehingga tutorialnya juga sudah banyak.

6. Pelajari Cara Riset Keyword

Pelajari cara riset keyword atau kata kunci. Dengan menguasai hal ini, anda bisa menentukan konten website yan berhubungan dengan bisnis atau topik website yang akan anda buat nanti.

7. Siapkan Anggaran Artikel

Salah satu hal yang menyita waktu cukup banyak adalah pembuatan artikel/konten. Jika anda membuat website untuk keperluan bisnis, dan waktu anda sedikit, ada baiknya menggunakan jasa penulisan artikel saja.

Dengan demikian, anda bisa fokus ke hal lain di bisnis anda.

Kesimpulan

Estimasi biaya pembuatan website tergantung dari jenis website yang akan anda buat. Anda bisa menekan biaya ini dengan membuat website sendiri, jika website tersebut tidak kompleks (hanya berupa informasi saja, tanpa fungsi khusus).

Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk anda!