Spesifikasi Xiaomi Drone 2020 Beserta Harga

Emang ada drone murah berfitur kelas premium? Tentunya ada dong! Xiaomi Mi Drone adalah jawaban tepatnya. Ini merupakan salah satu drone terbaru milik Xiaomi yang siap bersaing di pasaran Indonesia.

Kita tahu bahwa Xiaomi merupakan salah satu brand ternama sebuah telepon cerdas di dunia. Tak butuh waktu lama, brand sebuah smartphone tersebut begitu cepat mendapat antusias dari peminatnya.

Alasannya, karena produk buatan Xiaomi selalu hadir dengan beragam fitur kualitas kelas premium. Luar biasanya, Xiaomi bahkan cukup berani menjual produk smartphonenya dengan harga sangat murah.

Tentunya kesuksesan tersebut mampu diraih karena Xiaomi juga berani bermain ekonomis tanpa harus mengabaikan kualitas produk. Tidak hanya bermain pada produk ponsel pintar, baru – baru ini Xiaomi juga turut meluncurkan produk drone untuk kali pertamanya.

Penasaran seperti apa spesifikasi Mi Drone? Dan berapa harga Mi Drone milik Xiaomi? Simak selengkapnya di bawah ini.

review xiaomi mi drone

Baca juga: review DJI Phantom 4 Advanced

Spesifikasi Xiaomi Mi Drone 2020

  • Tipe : Quadcopter
  • Merek : Xiaomi
  • Features : WiFi FPV
  • Motor type : Brushless motor
  • Functions : Camera, Forward atau Backward, FPV, Hover, Low Voltage Protection, One Key Automatic Return, One Key Landing, Tap to Fly, One Key Taking Off, Turn Left atau Right, Up atau Down, dan Waypoints
  • Built in gyro : 3 Axis Gyro
  • Material : Karbon fiber
  • Kit types : RTF
  • Remote controll : 2.4 GHz Wireless Remote Controll
  • Channel : Unknown
  • Mode : Left Hand Throttle
  • Controll distance : Above 8000 m
  • Detailed controll distance : About 3000 m
  • Model power : Built In Rechargeable Battery
  • Baterai : 17.4 V 5.100 mAh
  • Flying time : About 27 mins
  • Charging time : About 3.5
  • Video resolution : 1080p
  • Bobot : 1.800 kg
  • Size : 45.00 x 25.00 x 20.00 cm atau 17.72 x 9.84 x 7.87 inch

Meskipun bukan merupakan produk drone terbaru, sebab Xiaomi Mi Drone dikenalkan ke publik pada Mei 2016 lalu. Namun demikian, drone Xiaomi murah ini masih sangat layak untuk Anda beli dan miliki di 2020.

Body Mi Drone

Mi Drone adalah drone terbaik Xiaomi yang dibanderol dengan harga murah. Masuk dalam kategori quadcopter, Mi Drone memiliki 4 motor dan 4 baling – baling. Mi Drone bahkan menggunakan sistem modular, itu artinya pengguna bisa dengan mudah melepaskan satu per satu bagian drone, seperti mesin, kamera, dinamo, baterai dan bagian yang lainnya. Sehingga jika terjadi kerusakan akan lebih mudah untuk memperbaikinya.

Soal fisik atau body, Mi Drone memang lebih mirip dengan huruf “H”. Xiaomi pun bahkan mengklaim produk drone barunya tersebut dibuat dari bahan yang kuat dan ringan. Tak heran jika Mi Drone ini bisa diterbangkan dengan sangat mudah. Berarti, Mi Drone memang pas banget dimiliki oleh pengguna pemula yang masih sangat awam untuk menerbangkan sebuah drone.

Layaknya drone dari brand DJI yang tidak kalah populernya, Mi Drone ini ternyata juga dilengkapi dengan sepasang kaki permanen. Kaki tersebut digunakan sebagai penyangga drone agar bisa berdiri di atas tanah. Selain itu, kaki pada drone ini juga dihadirkan dengan tujuan lain, yakni sebagai pelindung bagian kamera pada drone agar tidak berbenturan dengan tanah secara langsung.

Beruntung, Xiaomi Mi Drone sudah memiliki kualitas profesional meskipun dijual dengan harga sangat murah. Mi Drone bahkan sangat layak disandingkan dengan drone lain yang berkamera modern. Alasannya, Mi Drone dibekali dengan Gyro System, tujuannya agar drone tersebut bisa diterbangkan secara stabil. Tidak hanya itu, Mi Drone bahkan dilengkapi pula dengan fitur GPS System. Lewat fitur inilah pengguna bisa lebih mudah mengetahui posisi drone berada ketika dioperasikan di udara.

Lebih dari itu, Xiaomi juga sudah melengkapi produk drone pertamanya tersebut dengan aksesoris Blade Protector. Ini adalah sebuah aksesoris opsional yang dipasangkan di setiap sisi drone, tepatnya di bagian bawah Propeller. Jadi, ketika drone menabrak dinding, drone tersebut tidak akan langsung jatuh. Sebab yang pertama berbenturan adalah aksesoris Blade Protector tersebut.

Simak: review DJI Phantom 3 Standard

Baterai

Xiaomi telah membekali drone barunya tersebut dengan baterai bertenaga 17.4 volt, yang tentu saja memiliki kapasitas cukup besar, yakni 5.100 mAh. Tak heran Mi Drone mampu diterbangkan dalam waktu sekitar 27 menit di udara. Tak perlu khawatir, sama seperti drone pada umumnya, pada saat menerbangkan drone ini juga ada indikator berupa alarm apabila baterai dalam keadaan lemah.

Jadi, pilot bisa mengantisipasi untuk segera menghentikan penerbangan drone. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengaktifkan fitur Returns Home jika baterai sudah dalam keadaan kritis, dengan begitu drone akan secara otomatis kembali ke tempat semula ia diterbangkan.

Remote Control

Kemudian untuk remote controllnya sendiri, Mi Drone ternyata menggunakan frekuensi 2.4 GHz dengan desain sangat minimalis. Jika dilihat, tampilan remote drone ini memang sangat simpel dan sederhana. Melalui remote controll tersebut pihak Xiaomi mengklaim dronenya bisa diterbangkan hingga radius 3 km. Selain itu, menurut beberapa sumber lewat remote controll inilah Anda juga bisa aktifkan beberapa fitur bawaan dari Mi Drone, seperti berikut ini :

  • Automatic Take Off atau Landing
  • Waypoint Flight Path Planning
  • Tap to Fly On Map
  • Circle an Object On the Ground

Terlepas dari berbagai fitur tersebut, tentunya Anda juga bisa menghubungkan perangkat HP Android ke drone untuk mengaktifkan fitur FPV atau First Person View. Dengan begitu Anda pun bisa mengambil foto atau video dari kamera yang sudah terpasang pada Mi Drone.

Lihat juga: Aksesoris DJI Spark terbaik

Gimbal dan Kamera

Luar biasanya, Xiaomi ternyata memberikan dua pilihan untuk kualitas kamera Mi Drone, yakni kamera kualitas 1080p dan 4k. Tentunya dari segi kualitas kedua kamera Mi Drone ini dijual dengan harga berbeda. Gimbal Mi Drone juga punya 3 Axis gimbal dengan kualitas yang cukup baik. Bisa dibilang, gimbal ini bisa digunakan untuk meredam hingga 2.000 getaran per detiknya. Dengan begitu hasil foto dan video dari Mi Drone ini dinilai sudah cukup memuaskan.

Harga

Jika dilihat sekilas, Mi Drone memang mirip seperti drone buatan DJI. Hanya saja, body Xiaomi Mi Drone ini lebih mirip seperti huruf “H”, sementara itu untuk kamera dan gimbal Mi Drone lebih mirip seperti bentukan Yunecc.

Soal harga, Mi Drone ternyata ditawarkan dengan harga sekitar Rp 5 juta rupiah untuk yang kamera 1080p dan Rp 6 juta rupiah untuk yang kamera 4K.

Nah, itu dia sekilas informasi seputar spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Drone murah terbaik di 2020. Semoga bermanfaat.