Review DJI Phantom 4 Advanced Terbaru 2020, Apa Saja Fiturnya?

Diberi embel – embel “Advanced”, kira – kira apa saja sih hal baru yang ditawarkan drone terbaru milik brand kenamaan ini, DJI Phantom 4 Advanced? Dibanding dengan produk pendahulunya, Phantom 4 Advanced memang jauh lebih unggul, bahkan membikin ngiler penggemar drone jika belum memilikinya.

Kita tahu, bahwa DJI merupakan salah satu produsen drone terbaik dan terbesar di dunia yang selalu menghadirkan produk drone berkualitas tinggi. Setelah meriliskan Phantom 4 Pro, DJI kembali lagi menggoda para penggemar drone lewat produk barunya, Phantom 4 Advanced.

Dalam perilisan drone barunya tersebut, DJI cukup berani mengklaim produknya akan mampu mendatangkan pengalaman baru bagi kreator ketika menerbangkan kamera yang ideal guna memperluas kreatifitasnya.

Review DJI Phantom 4 Advanced Terbaru 2020

Baca juga: review DJI Phantom 3 Standard

Review DJI Phantom 4 Advanced

Pertama kami akan membahas mengenai body DJI Phantom 4 Advanced, drone ini ternyata sedikit lebih bongsor dibandingkan Phantom 4 Pro yang lebih dulu dikenalkan di pasaran. Secara desain, Phantom 4 Advanced masih khas besutan DJI, yang artinya masih serupa seperti seri Phantom yang lain. Meskipun memiliki body lebih bongsor tetapi jagoan baru DJI tersebut bisa diterbangkan hingga 72 km per jam.

Menariknya, DJI bahkan sengaja membuat body Phantom 4 Advanced menggunakan bahan campuran titanium dan magnesium. Tujuannya, untuk menambah kekokohan dan mengurangi berat sehingga membuat drone tersebut lebih ringan dibanding Phantom 4 Pro. Selain itu, salah satu yang menjadi highlight produk drone baru DJI adalah kamera.

Masih sama seperti Phantom 4 Pro, on board camera pada Phantom 4 Advanced ternyata sudah 1 inch dan punya sensor CMOS 20 MP. Phantom 4 Advanced bahkan dilengkapi dengan Shutter otomatis sehingga drone tersebut bisa mengurangi distorsi efek Rolling Shutter, yang biasanya terjadi ketika drone terbang ngebut, atau objek yang dibidik bergerak cepat. Kualitas Phantom 4 Advanced diklaim lebih ciamik dari hasil jepretan kamera tangan.

Kamera pada drone Phantom 4 Advanced ini pun bisa digunakan untuk merekam video 4K H.264, dengan kecepatan hingga 60 fps atau H.265 4K dengan kecepatan 30 fps. Kemudian untuk Bitratenya sendiri sama – sama 100 Mbps. Tidak lupa, Burst Mode pada drone tersebut digunakan untuk foto still dengan kecepatan hingga 14 fps.

Diketahui, performa sensor dan prosesor yang tersemat di dalamnya disebut – sebut tidak akan mengecewakan untuk post production, terutama yang membutuhkan image lebih detail.

Dari segi kualitas, kamera Phantom 4 Advanced memang mirip Phantom 4 Pro, tetapi DJI memastikan Advanced akan mampu menghasilkan image lebih detail dan kualitas perekamannya pun lebih canggih.

Selain itu, pada DJI Phantom 4 Advanced ini juga ada sistem Flight Autonomy yang terdiri dari 5 sensor, ini digunakan untuk positioning, yakni menggunakan GPS dan GLONASS yang berbasis satelit, ultrasonic rangefinders serta redundant sensors. Dengan begitu drone DJI murah ini akan mampu terbang dengan sempurna.

Phantom 4 Advanced bahkan dibekali dengan sistem khusus, untuk menghindarkan rintangan dari radius 15 meter di depan. Dengan begitu Anda pun akan dapat melihat sejauh 30 meter ke depan menggunakan sensor dual Forward Vision tersebut.

Tak heran jika Phantom 4 Advanced ini bisa melayang dengan presisi di lokasi tanpa fitur GPS sekalipun, atau untuk terbang di area yang kompleks berkat VPS. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengereman secara otomatis, baik ketika melayang atau memutar di depan rintangan dengan jarak sekitar 15 meter.

Simak: Aksesoris DJI Spark terbaik

Fitur DJI Phantom 4 Advanced

Draw

Ini adalah fitur terbaru DJI yang disematkan pada Phantom 4 Advanced. Melalui fitur tersebut maka drone ini bisa dikontrol dengan mudah. Anda hanya perlu menggambar rute dan drone tersebut akan terbang sesuai rute yang dibuat dengan mengunci altitudenya. Draw juga membuat Anda lebih fokus mengontrol kamera dan membuat shot yang lebih keren.

Pada drone ini ada dua mode yang bisa digunakan, yakni drone terbang sesuai rute dengan kecepatan konstan dan kameranya selalu menghadap ke bagian depan.

Lalu untuk mode berikutnya adalah terbang sesuai rute yang diinstruksikan tetapi kameranya bisa menyorot ke berbagai arah selama perjalanan.

ActiveTrack

Ini adalah fitur yang membuat drone DJI terbaru tersebut bisa mengenali lebih cepat objek yang bergerak, seperti manusia, binatang atau kendaraan kemudian menguncinya di frame. Lalu sistemnya akan membuat drone terbang dengan mengikuti objek dengan mulus.

TapFly

Ini adalah fitur yang akan memudahkan Anda untuk kendalikan penerbangan hanya dengan tap yang simpel di layar. Cukup dengan satu kali tap saja untuk menggunakan controll stick apabila Anda ingin mengubah arah.

Fitur tersebut bahkan akan memudahkan Anda untuk menentukan arah, memutar drone dan memiringkan gimbal dan kamera tanpa mengubah arah penerbangan yang berlangsung.

Gesture

Ini adalah fitur yang kerap kali ditemukan di HP Android, melalui fitur tersebut Anda bisa mengambil foto selfie hanya dengan beberapa gerakan tangan tanpa remote controll.

Setelah menggerakkan tangan ke kamera, maka sistem akan mulai menghitung mundur 3 detik untuk melakukan pengambilan gambar.

Return to Home

Ini adalah salah satu fitur unggulan Phantom 4 Advanced yang tidak akan dilupakan DJI dan dibuat semakin canggih. Melalui fitur tersebut drone akan secara otomatis memilih rute terbaik untuk kembali berdasarkan kondisi lingkungan yang ada.

Fitur tersebut bahkan akan menyimpan rute ketika berangkat dan menggunakannya untuk pulang apabila sinyal buruk.

Selain itu, fitur ini juga akan menyesuaikan diri untuk menghindari beberapa rintangan yang terlihat selama penerbangan berlangsung berdasarkan altitude sebelum akhirnya sinyal menghilang. Dengan begitu Anda pun tidak perlu cemas ketika sinyal buruk atau hilang.

Lihat juga: perbandingan DJI Mavic Air dengan Mavic Pro

Baterai

Kapasitas baterai drone DJI ini sebesar 5.870 mAh sehingga membuatnya mampu terbang secara terus menerus selama 30 menit. Total lama pengisian daya baterai drone Phantom 4 Advanced dan remote di awal pertama kali menggunakannya adalah sekitar 7 jam.

Tak perlu khawatir, sebab DJI sudah melengkapinya dengan sistem untuk mencegah baterai mengalami over charging sekaligus over draining. Baterai akan secara otomatis memutuskan aliran listrik ketika sudah penuh, sehingga tidak cepat rusak.

Tidak hanya itu, DJI juga sematkan GO 4 Apps yang canggih. Aplikasi ini akan menunjukkan kapasitas baterai dan menghitung cukup atau pun tidaknya untuk rute penerbangan yang dipilih.

Kapasitas Memori

DJI bahkan sematkan penunjang yang sangat memadai. Dimana Anda akan diberi space lebih longgar lewat microSD berkapasitas 128 GB.

Compability

Drone baru DJI ini sangat kompatible dengan OS iOS 9.0 ke atas dan Android 4.4.0 ke atas. Kabar baiknya, Phantom 4 Advanced bahkan bisa live di berbagai platform jejaring sosial. Artinya, Anda pun bisa menyiarkan secara live di Facebook atau YouTube dengan mudah.

Nah, itu dia review DJI Phantom 4 Advanced terbaru 2020 lengkap dengan fitur – fiturnya. Semoga informasinya bermanfaat.