Spotify Memperkenalkan “Confidence” untuk Membantu Tim Pengembangan Perangkat Lunak dengan A/B Testing

Spotify, platform streaming musik terkenal, telah mengumumkan produk baru mereka yang ditujukan untuk membantu tim pengembangan perangkat lunak dalam melakukan A/B testing. Produk baru ini disebut “Confidence” dan didasarkan pada platform eksperimen internal Spotify.

Confidence dirancang untuk memudahkan tim dalam mengatur, menjalankan, mengkoordinasikan, dan menganalisis uji coba pengguna mereka sendiri sehingga mereka dapat dengan cepat mengoptimalkan ide-ide mereka. Saat ini, Confidence hanya tersedia dalam beta private.

mobile phone 6170575 1280

Dalam sebuah postingan blog, Spotify menuliskan, “Para ilmuwan data dan insinyur Spotify telah mengembangkan dan menyempurnakan metode pengujian produk kami selama bertahun-tahun.

Platform yang kami bangun mampu memperluas praktik dan kemampuan eksperimen kepada semua tim kami, baik dalam mengkoordinasikan uji coba A/B secara otomatis maupun dalam mengatur peluncuran sistem rekomendasi AI di berbagai platform seperti mobile, desktop, dan web.

Segera, platform eksperimen ini akan tersedia bagi perusahaan mana pun yang ingin membangun, menguji, dan mengembangkan ide-ide dengan cara yang kami lakukan di Spotify: dengan cepat, dapat diandalkan, dan penuh percaya diri.”

Spotify mengatakan Confidence dirancang untuk membantu tim pengembangan perangkat lunak yang telah melewati batas pengujian yang ada atau yang mencari cara cepat dan mudah untuk memulai A/B testing.

Upaya eksperimen Spotify dimulai pada awal tahun 2010 ketika beberapa ilmuwan data dan insinyur mulai melakukan uji coba A/B kecil secara internal.

Walaupun uji coba ini masih manual dan rentan terhadap kesalahan, Spotify menyadari pentingnya eksperimen dan ingin menjadi lebih baik di dalamnya. Oleh karena itu, perusahaan memutuskan untuk membangun platform A/B testing dasar mereka sendiri yang disebut ABBA.

Platform ini memiliki fitur penandaan (flagging) dan analisis untuk sejumlah metrik standar. Spotify mengatakan bahwa ini membuka gelombang eksperimen di seluruh perusahaan, dan jumlah eksperimen yang mereka lakukan bertambah dari kurang dari 20 eksperimen prioritas per tahun menjadi ratusan eksperimen per tahun yang dilakukan oleh berbagai kelompok kerja (squad).

Confidence akan tersedia bagi pelanggan dalam tiga cara. Pertama, Confidence dapat dijalankan sebagai layanan yang dikelola, yang berarti Anda dapat mengakses platform eksperimen sebagai layanan web mandiri yang dikelola oleh Spotify. Kedua, Anda dapat menjalankannya sebagai plugin Backstage. Terakhir, Anda dapat mengintegrasikan platform Confidence ke dalam infrastruktur Anda sendiri melalui API.

Sebelumnya, Spotify telah mengungkapkan detail tentang platform eksperimennya, dan sekarang membuatnya menjadi publik. Hal ini menarik mengingat Spotify lebih dikenal sebagai perusahaan yang berfokus pada pengguna konsumen.

Tim pengembangan perangkat lunak sekarang dapat mendaftar dalam daftar tunggu untuk mendapatkan undangan untuk menggunakan Confidence. Spotify belum mengumumkan kapan Confidence akan tersedia secara luas.