Ini Dia Cara Download Video Instagram di HP Android

Banyak sekali warganet yang mencari tahu cara download video Instagram langsung di Android. Hal itu disebabkan platform sosial media terpopuler kedua setelah Facebook tersebut tidak menyediakan opsi simpan sebagaimana jejaring sosial lainnya.

Dalam artikel kali ini akan dibahas cara-cara praktis untuk menyimpan konten video dari Instagram ke perangkat ponsel pintar yang dimiliki.

Website Downloadgram

Bila Anda tidak ingin repot mengunduh aplikasi pihak ketiga karena dirasa memenuhi perangkat, maka solusinya adalah dengan memanfaatkan layanan dari website downloadgram yang memang dikhususkan untuk mengunduh konten video dari Instagram.

Cara untuk mengunduh video melalui Downloadgram adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke aplikasi Instagram, cari konten video yang ingin diunduh. Setelah mendapatkannya, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih opsi copy link.
  2. Kemudian tekan tombol home agar langsung menuju halaman utama ponsel tanpa perlu menutup jendela Instagram.
  3. Jalankan aplikasi browser ponsel, usahakan aplikasi bawaan HP. Cari dan masuk ke situs Downloadgram.
  4. Di kolom link, silakan paste link video yang sudah di-copy tadi dan tekan tombol download.
  5. Tunggu sesaat sampai muncul tombol download video di pojok bawah, tekan. Proses download video akan langsung dimulai dan fail akan langsung tersimpan di ponsel.
Baca:   Cara Mengirim File dari HP ke Laptop dengan SHAREit

Ini Dia Cara Download Video Instagram di HP Android 1

Aplikasi Video Downloader

Cara download video Instagram langsung di Android lainnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa didapatkan secara gratis di Play Store, yakni Video Downloader besutan developer Inshot yang memiliki kredibilitas bagus.

Cara pengoperasiannya pun mudah, yakni :

  1. Silakan unduh, lalu pasang aplikasi Video Downloader terlebih dulu. Pastikan aplikasi dirilis oleh Inshot karena banyak aplikasi dengan nama serupa di Play Store.
  2. Jalankan aplikasi, kemudian tekan tombol home, lalu ganti buka aplikasi Instagram.
  3. Pilih video yang ingin didownload, klik copy link.
  4. Tekan tombol recent apps untuk kembali ke aplikasi Video Downloader.
  5. Masukkan link yang sudah disalin ke kolom dan tekan tombol download video. Seketika proses pengunduhan akan dimulai dan disimpan di dalam perangkat.
Baca:   Cara Mengaktifkan Multi-Window Pada Android 7.0 Nougat

Ini Dia Cara Download Video Instagram di HP Android 2

Download Offline Tanpa Web & Aplikasi

Terakhir, cara download video Instagram langsung di Android tanpa harus masuk ke website maupun mengunduh aplikasi tambahan adalah dengan memanfaatkan fitur file explorer yang selalu ada di setiap ponsel pintar, terutama Android.

Tahapan pengunduhannya juga tidak rumit. Berikut tutorialnya :

  1. Masuk lebih dulu ke aplikasi Instagram.
  2. Pilih video yang ingin diunduh, tonton sampai selesai. Bisa menonton beberapa video sekaligus jika memang yang ingin diunduh lebih dari satu fail video.
  3. Keluar dari aplikasi Instagram atau manfaatkan fitur multi window atau split screen untuk Android 7.0 Nougat, lalu akses file explorer.
  4. Klik ‘penyimpanan internal’, selanjutnya buka folder dengan judul ‘android’ > ‘data’ > ‘com.instagram.android’ > ‘chace’ dan pilih folder ‘video’.
  5. Perhatikan dengan saksama waktu—tanggal & jam—dari deretan fail ‘chace’ yang tertera. Pilih yang terbaru karena itu berarti fail video yang baru saja Anda tonton dari aplikasi Instagram.
  6. Ubah format fail tersebut menjadi format video, contohnya ekstensi .mp4 atau .3gp kemudian simpan.
  7. Coba langsung putar fail yang sudah diubah formatnya tersebut atau buka di pemutar video.
  8. Jika berhasil maka video Instagram tersebut otomatis tersimpan di perangkat Android tanpa perlu mengunduh melalui website atau aplikasi. Namun jika tidak berhasil, maka fail yang diubah ekstensinya bukan merupakan video yang sebelumnya ditonton.
Baca:   3 Cara Reset Ulang HP Samsung Galaxy Agar Seperti Baru Lagi

Ini Dia Cara Download Video Instagram di HP Android 3

Semoga informasi ini berguna untuk anda ya..

Categories Tips

Leave a Comment