Cara Menggunakan NFC Untuk Berbagai Keperluan

NFC atau singkatan dari Near Field Communication, singkatnya adalah komunikasi device yang berdekatan. Cara menggunakan NFC ini beragam tergantung dari tujuannya.

Untuk saat ini hampir semua ponsel pintar sudah bisa menggunakan NFC, baik perangkat Android maupun iOS.

cara menggunakan nfc

Apa Itu NFC?

Teknologi NFC bukan hanya ada pada smartphone, perangkat lain tablet dan laptop juga terdapat NFC. Fungsi NFC di perangkat-perangkat tersebut intinya sama saja.

Sistem yang digunakan NFC ini merupakan mengembangan dari teknologi radio RFID (Radio frequency Identification). Hanya saja, bila sinyal radio bisa ditangkap dari jarak jauh, NFC tidak bisa.

Jarak maksimal perangkat NFC bisa terbaca oleh reader adalah 4 inchi atau 10.16 cm. Di luar jarak tersebut, perangkat tidak akan terbaca. Apapun proses yang Anda lakukan akan gagal.

Apabila dilihat hanya dari satu sudut pandang, mungkin merepotkan karena harus jarak dekat. Akan tetapi, saat ini NFC lebih banyak digunakan untuk transaksi keuangan. Jadi, daripada kekurangan jarak yang dekat ini justru dianggap sebagai kelebihan karena transaksi bisa lebih aman.

Bagaimana Kerja NFC?

Di atas sudah disinggung bahwa NFC merupakan mengembangan dari teknolofi RFID. Jadi, meskipun hanya bisa dalam jarak dekat seperti bluetooth, sistem kerja keduanya berbeda.

Pada penggunaan NFC, Anda tidak perlu melakukan pairing seperti pada bluetooth.

Masing-masing perangkat akan otomatis mendeteksi kehadiran satu sama lain, setelah masuk radius 10.16 cm. Begitu perangkat keluar dari radius, koneksi juga akan otomatis terputus.

Saat menggunakan NFC, walaupun tidak ada pairing Anda tidak perlu khawatir terjadi salah transaksi. Ada prompt yang akan dikirimkan pada user guna memastikan transaksi tidak ada kesalahan.

Apa Syarat Perangkat yang Dapat Memakai Teknologi NFC?

Ada beberapa syarat atau ketentuan penggunaan teknologi NFC. Pada setiap perangkat atau sistem operasi, syarat dan ketentuan ini berbeda.

1. Android

Khusus perangkat Android, hanya device dengan sistem operasi 4.0 atau lebih tinggi yang bisa memakainya. Untuk ponsel Android ini juga ada fitur beam yang menungkinkan pertukaran file atau halaman website dengan mudah.

2. iPhone

Bagi pengguna iPhone, fitur NFC bisa dinikmati dari iOS 13 ke atas. Sistem operasi dari Apple ini terdapat pada ponsel dan iPad mulai keluaran 2019.

3. Tablet

Pada tablet mengikuti sistem operasi yang digunakan. Apabila tablet iPad berarti iOS 13 dan jika Android di OS 4.0.

4. Laptop

Pada laptop NFC hanya ada di keluaran terbaru, tapi juga tidak semua memiliki fitur NFC pada laptopnya. Untuk mengetahui hal ini, silahkan lihat spesifikasi laptop dan cek secara manual di bagian device.

Cara Menemukan NFC di Ponsel Android, iOS, dan Tablet

Untuk memastikan apakah gadget memiliki teknologi NFC atau tidak caranya mudah.

Untuk Android, iOS, dan tablet bisa Anda bisa masuk ke menu pengaturan, kemudian lakukan hal di bawah ini :

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Buka setting App
  3. Pada bagian search di atas, ketikkan “NFC”

Apabila kemudian dari hasil search muncul NFC, berarti perangkat Anda memiliki teknologi satu ini.

Cara Menemukan NFC di Laptop

Untuk menemukan NFC di laptop caranya tentu berbeda, Anda perlu masuk ke device manager dan ikuti langkah berikut :

  1. Klik start
  2. Ketikan “Device Manager” pada search bar
  3. Pilih device manager
  4. Cari menu “Proximity device” dan lakukan double click
  5. Lihat apakah panah ke bawah atau ke atas di samping “Proximity device”
  6. Apabila panah ke bawah berarti belum aktif dan pilih “Enable” guna mengaktifkannya

Sampai disini Anda sudah bisa menggunakan NFC di laptop sama seperti di ponsel pintar. Apabila tidak ada pilihan “Proximity device” maka tidak ada fitur NFC di laptop.

Cara Menggunakan NFC

Menggunakan NFC sangat mudah, dan fungsinya juga lumayan banyak. Cara menggunakan NFC ini tergantung dari keperluan apa yang kamu butuhkan ya, misalnya untuk :

1. NFC Untuk Mengecek Saldo E-money

Untuk melakukan cek saldo e-money dengan NFC gampang sekali. Cara menggunakan NFC untuk cek saldo adalah sebagai berikut :

  1. Download aplikasi e-money di Playstore atau App Store
  2. Nyalakan NFC pada gawai
  3. Buka aplikasi e-money yang sudah diunduh dan dipasang
  4. Tempelkan kartu e-money ke belakang ponsel

Setelah menempelkan kartu, secara otomatis saldo e-money akan terlihat di layar aplikasi. Biasanya satu aplikasi bisa digunakan untuk melihat berbagai macam saldo dari kartu e-money. Jadi, apabila Anda menggunakan lebih dari satu, caranya mudah dan tidak perlu ganti-ganti aplikasi.

2. Menggunakan NFC untuk Pembayaran

Cara menggunakan NFC untuk pembayaran juga tidak kalah mudah dengan mengecek saldo. Di semua perangkat penggunaanya hampir sama, yang penting NFC sudah dinyalakan.

Berikut cara menggunakan NFC Samsung A51 sebagai contoh, silahkan disimak, ya:

  1. Masuk ke pengaturan ponsel
  2. Pilih Koneksi
  3. Geser ke kanan tombol NFC Payment

Setelah sudah, tinggal dekatkan saja ponsel ke reader NFC, maka pembayaran akan terpotong otomatis. Apabila Anda ingin merubah cara ini, bisa dengan cara memilih pengaturan “Tap and Pay” di dalam menu NFC.

Untuk cara menggunakan NFC di iPhone juga sama saja. Setelah diaktifkan Anda tinggal menempelkan bagian belakang ponsel pada reader.

3. Cara Menggunakan NFC untuk Pembelian Online

Untuk memakai NFC guna pembelian online, di awal cara mengaktifkannya sama seperti biasa. Langkah yang berbeda hanya pada saat akan membayar barang yang dibeli secara online.

Pada pembelian online tidak terdapat mesin reader, jadi Anda bisa menempelkan kartu ke bagian belakang. Bagian menempelkan kartu yang pas adalah di area sekitar kamera, ya.

4. Menggunakan NFC untuk Berbagi file Media

Cara memakai NFC untuk berbagai file media mirip dengan infra merah jika dibandingkan dengan ponsel jaman dulu.

Untuk cara menggunakan NFC di Xiaomi dan ponsel lain untuk berbagi media, sama saja ya, langkahnya :

  1. Buka pengaturan
  2. Cari NFC dan aktifkan
  3. Buka fitur beam yang biasanya ada di bawah menu NFC
  4. Buka file yang ingin di bagi
  5. Tekan kirim dan dekatkan masing-masing bagian ponsel

Catatan kecil, untuk bisa melakukan file sharing dengan NFC, fitur beam di kedua ponsel harus aktif, ya. Apabila salah satunya tidak diaktifkan maka tidak bisa dan tidak terdeteksi juga.

Selain manfaat penggunaan NFC di atas, sebenarnya masih banyak fungsi NFC yang lain. Teknologi ini sudah mulai dikembangkan beberapa tahun yang lalu. Jadi fungsinya tidak terbatas pada pembayaran saja. Fungsi-fungsi NFC yang lain diantaranya adalah untuk :

  • Mengkoneksikan wifi dengan cepat
  • Fungsi alarm yang hanya bisa dimatikan apabila kamu bermain-main dengan ponsel
  • Pengaturan driving mode otomatis di iPhone

Semoga cara menggunakan NFC di atas mulai dari untuk memeriksa saldo e-money hingga pembayaran bisa bermanfaat. Penggunaan NFC ini memang mudah karena tinggal tempel. Akan tetapi, tetap ada password yang memastikan transaksi aman.