Cara Mengembalikan IMEI dan MEID Yang Hilang Atau Invalid

International Mobile Equipment Identity atau yang sering di sebut dengan IMEI yang terdiri dari 15 atau 16 digit biasanya yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang sudah terdaftar di operator seluler yang akan menjadi perbedaan antara smartphone anda dengan saya.

Sedangkan MEID adalah a Mobile Equipment Identifier yang terdiri dari 14 digit.

Keduanya mempunyai kegunaan yang sama hanya saja kalau IMEI versi GSM nya dan MEID adalah versi CDMA. Peran IMEI atau MEID sendiri memang benar- benar penting. Tetapi terkadang karena kesalahan instal atau salah pencet atau apapun itu, IMEI dan MEID bisa hilang atau invalid.

Ada hp yang memang sangat sensitif dan rentan sekali dan tidak bisa asal- asal saja mengotak atiknya, Hp Andromax Series misalnya.

Untuk mengembalikan IMEI dan MEID yang hilang atau Invalid, anda bisa mencoba beberapa cara berikut.

Baca:   Cara Mengaktifkan Developer Option di Smartphone Samsung

Cara Mengembalikan IMEI dan MEID Yang Hilang Atau Invalid

Temukan dan Catat IMEI atau MEID

Langkah pertama anda harus tau terlebih dahulu nomor IMEI atau MEID. Untuk mengetahui nomor serial IMEI atau MEID handphone anda, bukalah chasing hp. Sebelum anda membuka chasing hp, pastikan handphone anda dalam keadaan mati atau turn off.

Jika sudah di pastikan dalam keadaan mati hp tersebut anda harus mencabut baterai hp nya. Karena posisi nomor IMEI atau MEID tersebut berada di belakang baterai.

Setelah mencabut baterai akan langsung kelihatan nomor serial IMEI atau MEID ponsel anda. Catat nomor serial IMEI atau MEID itu. Berapapun jumlah nya catat semua. Kalau ada dua, catat ke duanya.

Masuk Engineer Mode

Setelah mencatat nomor serial IMEI ataupun MEID, anda harus masuk ke Engineer Mode.

Baca:   3 Cara Reset Ulang HP Samsung Galaxy Agar Seperti Baru Lagi

Untuk masuk ke Engineer Mode, anda bisa melakukannya dengan cara langsung menekan no di dial telepon anda dengan menekan *#*#3646633#.

Kalau cara tersebut tidak juga berfungsi atau bereaksi di hp anda, maka bisa mendownloadnya di Playstore dengan mencari dan menulis mobileUncle.

Setelah tersedia di menu Playstore tersebut, bukalah MobileUncle langsung pilih Engineer Mode. Untuk menghubungkannya pilih conectivity, handphone anda akan langsung berada pada Engineer Mode.

Untuk melanjutkan tahapan berikutnya pilihlah CDS information dan setelah itu pilih lagi Radio Information.

Option Phone

Terdapat dua option yaitu phone 1 untuk SIM 1 dan phone 2 untuk SIM 2. Anda hanya perlu memilih phone 1 terlebih dahulu.

Setelah itu edit kolom kosong yang bertuliskan AT+ dengan menambahkan EGMR=1,7,”No IMEI 1 anda” yang berada di bagian atas sendiri. Klik send command dan pilih back atau kembali serta langsung masuk ke phone 2.

Baca:   Cara Menjadikan HP Android Sebagai Mouse dan Keyboard

Lakukan hal yang sama dengan phone 1 hanya saja editan No IMEI diganti dengan 2. Lalu pilih back dan jangan lupa Restart atau Reboot kembali handphone anda. Nah dengan cara tersebut IMEI atau MEID yang tadi nya invalid akan valid kembali.

Cara tersebut cukup efektif untuk menvalidkan IMEI atau MEID anda ke kondisi semula. Agar sukses melakukan cara di atas, anda bisa mencoba nya sendiri dengan sangat hati- hati dan ikuti petunjuk tersebut agar tidak gagal. Cara di atas efektif untuk beberapa handphone seperti Advan, Andromax Z, Cros dan tipe sejenis lainnya.

Demikian informasi mengenai cara mengembalikan IMEI atau MEID yang hilan atau Invalid. Semoga bermanfaat.

Spread the love
Categories Tips

Lihat juga info berikut ini:

Leave a Comment