Cara Print Bolak Balik Supaya Hemat Kertas

Mencetak kertas hanya pada satu sisi adalah pemborosan. Padahal, Anda bisa loh mencetak bolak balik. Cara print bolak balik itu mudah dan bisa lebih menghemat penggunaan kertas.

Banyak orang yang masih belum tahu cara print bolak balik pdf, word, excel dan jenis file lainnya. Jika Anda mencetak bolak balik bisa juga untuk menghemat biaya cetak dan kertas.

Bayangkan saja, jika Anda masih menggunakan cara print biasa harus menghabiskan 100 kertas. Dengan cara print bolak balik hanya perlu setengahnya saja atau 50 kertas.

Ini baru contoh yang sedikit. Jika lebih banyak lagi halaman yang harus Anda cetak, maka bisa Anda hitung sendiri jumlah yang harus dikeluarkan untuk kertas yang digunakan.

Untuk print bolak balik sebenarnya paling mudah jika printer Anda sudah didukung duplex. Printer jenis bisa mencetak bolak balik secara otomatis. Namun, bagi yang belum support duplex ya harus bersabar sedikit.

Nah, cara print bolak balik segala jenis file bisa Anda simak ulasan di bawah ini.

cara print bolak balik

1. Print Bolak Balik Secara Otomatis

Print bolak balik secara otomatis dapat menggunakan printer canon ip2770. Cara print bolak balik canon ip2770 dengan printer ini bisa lebih cepat karena mendukung print duplex.

Namun, supaya Anda dapat mencetak secara otomatis, ada beberapa peraturan printer yang harus di setting terlebih dahulu. Anda bisa mengaktifkanya dengan centang menu “Double-sided Printing”.

Menu tersebut biasanya berada di bagian bawah pada menu setting pada printer Anda. Jika Anda sudah berhasil mengaturnya, maka tidak perlu lagi menekan perintah ‘cetak’ untuk setiap lembarnya.

Proses printer akan berjalan secara otomatis hanya dengan sekali menjalankan perintah mencetak.

Baca juga: aplikasi PDF terbaik

2. Print Bolak Balik Secara Manual

Jika belum support duplex, maka Anda harus mencetak secara manual. Cara print bolak balik manual bisa untuk segala jenis file mulai dari word, excel, ppt dan lainnya.

Pastikan jika printer Anda belum support duplex untuk mengaturnya terlebih dahulu supaya default duplex. Jika tidak di-setting hanya akan capek sendiri. Anda harus mencetak satu persatu dan harus membalik satu persatu.

Namun, ada cara termudah cara cetak bolak balik secara manual. Berikut instruksi yang bisa Anda ikuti:

  • Buka Microsoft Word dan tekan menu Print.
  • Selanjutnya pilih On Both Side dan Anda bisa klik Yes Flip Over.
  • Kemudian lakukan Scroll ke bawah. Lalu, Anda bisa memilih “Manual Duplex”. Jika sudah Anda bisa simpan pengaturan yang telah dilakukan.
  • Kembali ke Microsoft Word. Nanti akan ada instruksi bahwa Anda diminta untuk memasukkan halaman pada sisi kertas yang akan dicetak selanjutnya.

Cara lainnya yang lebih mudah untuk cetak print secara manual,bisa coba langkah di bawah ini. Langkah ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencetak tugas-tugas, makalah, skripsi, jurnal dan lainnya. Berikut cara-caranya:

  • Bukalah Microsoft Word Anda, kemudian pilih menu “Print”.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih menu “Print Odd Numbered Pages”. Jika sudah dilanjutkan dengan Klik “OK” yang berfungsi untuk memerintahkan printer bahwa Anda ingin mencetak halaman yang dituju.
  • Lalu, Anda bisa masukkan beberapa kertas sampel ke printer. Usahakan jangan langsung semuanya dulu. Lakukan uji coba. Jika sudah berhasil baru masukkan kertas yang banyak.
  • Dalam mencetak manual Anda harus bersiap untuk membalikkan kertas yang kosong. Mungkin pertama Anda mencetak pada halaman ganjil. Untuk bagian kertas yang dibalik, cetaklah pada halaman genap.
  • Selanjutnya bisa kembali ke Microsoft Word dan pilihlah pada “Print Even Numbered Pages”. Kemudian Anda bisa klik “OK”. Maka otomatis printer akan segera mulai bekerja.

Ngeprint bukan perkara yang mudah. Bagi pemula untuk ngeprint bolak balik cukup sulit. Diperlukan latihan terus menerus atau uji coba terus menerus sampai pada akhirnya hafal dan terbiasa melakukan print.

Simak: berbagai cara menggabungkan PDF

3. Cara Ngeprint Bolak Balik Excel

Untuk print microsoft excel sedikit berbeda caranya dengan print microsoft word. Berikut cara print bolak-balik Excel:

  • Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P
  • Masuk menu Printer List silahkan pilih printer yang akan digunakan
  • Di Setting nya pilih Print on Both Sides
  • Kemudian pilih Flip sheets on long edge or Print on Both Sides
  • Dan yang terakhir pilih Flip sheets on long edge
  • Keluar menu setting printer lalu cetak dokumen dengan menekan tombol Print.

Berikut cara melakukan print bolak-balik di Excel pada printer yang tidak support Duplex Printing:

  • Silahkan klik CTRL + P pada keyboard Anda. Selain itu Anda bisa klik tab File di Excel dan Klik Print.
  • Coba pilih printer yang Anda gunakan.
  • Pada Pages Box isikan angka 1, kemudian Anda bisa klik tombol Print.
  • Ambil dan masukkan kembali ke printer
  • Isikan angka 2 pada Page Box, kemudian klik Print
  • Langkah ketiga dan seterus bisa Anda lakukan dengan cara yang sama sampai Anda selesai mencetak semua halaman.

4. Cara Ngeprint Bolak Balik untuk dokumen PDF

Anda juga bisa mencetak secara duplex ini dalam file bentuk PDF. Cara mencetaknya tidak sulit, ikuti cara dibawah ini!

  • Pada Adobe Reader Anda bisa klik Tab File. Cara lainnya Anda bisa memanfaatkan tombol CTRL + P pada keyboard.
  • Pilihlah Print On Both Sides Of Paper yang terdapat pada Printer Dialog.
  • Jika sudah, Anda bisa klik Print On Both Sides Of Paper.
  • Langkah terakhirnya, Anda tinggal klik Print. Sekarang tunggu proses print selesai.

Baca: cara mengubah word ke PDF

5. Tips Mencetak Dokumen Duplex

Mencetak secara manual sudah tentu akan membutuhkan waktu yang sangat lama. bisa-bisa untuk menyelesaikan satu tugas saja membutuhkan waktu berjam-jam.

Kerepotan mencetak secara manual dikarenakan Anda harus membolak balikkan dari satu kertas ke kertas lainnya. lain halnya dengan secara otomatis, hanya dengan sekali tekan tombol printer, maka proses cetak berjalan dengan sendirinya.

Sebagai saran, jika Anda belum memiliki printer dan ingin membelinya, usahakan untuk jenis printer harus yang sudah support cetak duplex. Rekomendasi untuk merk printer yang bisa Anda beli diantaranya ada Panasonic, Brother, Canon, Epson dan HP.

Sebelum membelinya Anda bisa tanyakan ke penjual yang bisa digunakan mencetak secara duplex. Hal lain yang bisa Anda perhatikan adalah coba cari jenis printer yang bisa terhubung dengan printer lain.

Baca : Cara membuat tanda tangan di Word

Manfaat dari Anda mencetak secara duplex dapat membantu pemerintah dalam mengurangi limbah kertas. Kayu merupakan bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan kertas. Secara tidak langsung Anda juga akan membantu dalam pengurangan penebangan pohon untuk keperluan kertas.

Nah, sekarang kan Anda sudah tahu cara print bolak balik baik itu menggunakan word, excel atau pdf. Sekarang mulai praktekkan, ulasan diatas ya agar pekerjaan semakin cepat, mudah dan bisa menghemat kertas serta biaya.