Cara Membuat Label Harga Dengan Microsoft Word

Label merupakan sebuah stiker nama yang menunjukan atau menandai nama barang atau untuk keperluan identitas khusus. Salah satu label yang sering digunakan adalah label harga. Saat Anda berbelanja ke supermarket, pasti pernah melihat label harga barang.

Jika Anda membuat label harga secara manual pastinya sangat melelahkan dan terlalu banyak buang waktu. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Microsoft word bisa dimanfaatkan untuk membuat label harga.

Bagaimana cara membuatnya? Ikutilah beberapa langkahnya di bawah ini.

cara membuat label harga dengan microsoft word

1. Buat daftar barang dan harga di Microsoft Excel

Sebelum masuk ke Microsoft Word, Anda harus membuat dulu daftar barang dan harga melalui Microsoft Excel. Tentunya hal ini dilakukan agar lebih mudah nantinya, caranya bisa dilihat berikut ini:

  • Buka Microsoft Excel lalu, klik File ->New->Blank Workbook.
  • Setelah terbuka, silakan ketik nama barang dan harganya sesuai keinginan.
  • Apabila semua harga dan nama barang sudah dibuat, silakan save terlebih dahulu

Nama barang dan harga yang sudah dibuat tadi akan menjadi landasan dalam pembuatan label harga di Microsoft Word.

Baca juga: Cara Membuka Proteksi File PDF

2. Pembuatan ukuran label harga di Microsoft Word

Nah, setelah Anda membuat nama barang dan harganya di Microsoft Excel, kini lebih fokus pada pembuatan label di Microsoft Word. Langkah-langkahnya bisa Anda bisa lihat di bawah ini:

  • Buka Microsoft Word dan pastikan menggunakan kertas baru. Jika masih belum, silakan buka File->New->blank document
  • Selanjutnya pilih tab Mailings ->Create->Labels.
  • Setelah tab Labels terbuka, masuk ke bagian Options.
  • Di dalamnya akan muncul daftar beragam merk label yang bisa Anda pilih. Jika Anda tidak menemukan merk label yang diingingkan, maka kita harus membuatnya sendiri.
  • Cara membuat label sendiri adalah dengan klik New label.
  • Di dalamnya terdapat ukuran yang bisa Anda isi. Cobalah isi bagian widht, height, margin, pitch, dan lain-lain sesuai keinginan.
  • Jika sudah yakin, langkah selanjutnya adalah klik OK.
  • Kemudian Anda pilih New Document

Sebelum lanjut ke sesi berikutnya, pastikan Anda mencoba print terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan letak label. Jika saat dicetak ada kesalahan, maka Anda harus mengubah lagi tata letaknya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Protected View pada Excel

3. Membuat label dan mengisi daftar nama secara otomatis

Berikutnya adalah membuat label dan juga mengisi daftar nama secara otomatis. Langkah-langkahnya bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Setelah mengeklik New Document sebelumnya, Anda melihat tabel yang masih kosong. Tentunya tabel ini harus diisi dengan data-data yang sudah dibuat pada Microsoft Excel sebelumnya.
  • Untuk mengisi template secara otomatis, silakan masuk ke tab Mailings lalu klik Select  Recipient dan pilih Use an existing List.
  • Selanjutnya pilih file Excel yang sudah Anda buat sebelumnya. perlu diperhatikan bahwa pastikan file excel yang digunakan benar-benar sudha fix atau sudah benar. jika salah memasukan file, maka Anda harus mengulangi dari awal.
  • Kemudian klip open file Excel sebelumnya.
  • Selanjutnya, pilihlah sheet yang berisi daftar nama barang dan juga harganya. Lalu klik OK.
  • Kemudian, silakan pilih kotak label bagian pertama.
  • Lalu klik tab Mailings->Insert Merge Field->nama barang
  • Selanjutnya pilih harga barang atau nama file yang telah Anda buat.
  • Setelah itu, Anda bisa mengatur sendiri tata letak nama barang dan juga harga barang. Anda juga bisa mengubah font, ukurannya, hingga bagian line height sesuai keinginan. Tentunya bertujuan untuk lebih rapi saat akan dicetak nantinya.
  • Setelah mengisi bagian kotak pertama, selanjutnya adalah mengisi kotak kedua. Anda tidka perlu repot-repot mengisi secaa manual karena yang Anda lakukan adalah Copy-Paste dari label sebelumnya.
  • Agar label selanjutnya mengisi tabel berikutnya, maka klik saja di bagian sebelum nama barang.
  • Kemudian, masuk lagi ke tab Mailings->Rules->Next Record.
  • Nanti Anda akan melihat kata “Next Record” sebelum Nama Barang.
  • Dengan begitu, kotak label pertama dan kedua sudah selesai. Selanjutnya adalah masuk ke kotak label selanjutnya.
  • Silakan blok dan salin atau copy semua teks pada label kedua.
  • Kemudian paste atau tempel pada kotak label tang belum terisi. Isilah hingga kotak label terakhir.
  • Jika sudah, pastikan dulu semua kotak label telah selesai diisi
  • Kemudian, masuk lagi ke Mailing dan klik Finish & Merge-> Edit Individual Document.
  • Lalu, pilih All dan klik OK.
  • Secara otomatis, kotak label akan terisi data-data berdasarkan data yang dibuat sebelumnya. Mulai dari nama barang, harga barang, dan nama tambahan yang sudah Anda buat.

Selesai, Anda sudah membuat daftar label harga sesuai keinginan. Pastikan untuk mengeceknya kembali sebelum melakukan print.

Lihat juga: Ukuran Kertas A3

4. Mencetak Label Harga

Sentuhan terakhir adalah mencetak label harga jika Anda memiliki printer. Caranya bisa dilihat di bawah ini:

  • Silakan pilih tab File dan pilih Print. Pada bagian ini, sebaiknya tidak perlu mengubah kertas, ukuran, margin, dan lain-lain.
  • Selanjutnya, silakan coba print satu halaman dulu. Jika sudah OK, Anda bisa mencetak semuanya.

Itulah beberapa poin cara membuat label harga dengan Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.