6 Aplikasi Matematika Online Terbaik

Bagi sebagian besar orang, matematika adalah hal rumit bahkan kerap dihindari. Padahal, bila dipelajari dengan cara yang menyenangkan, mata pelajaran ini terhitung cukup menyenangkan. Hanya saja, memang dibutuhkan ketelitian untuk menyelesaikannya.

Hal penting lainnya agar mahir dengan angka-angka, maka sebaiknya Anda rajin untuk berlatih. Begitu juga bila anak Anda yang mengalami masalah ini, Anda bisa mengajak mereka menggunakan aplikasi online yang menyediakan materi ini. Hingga akhirnya Anda berdua bisa sama-sama belajar dan mengerti.

Aplikasi Matematika

Ada banyak aplikasi matematika yang bisa Anda gunakan, dan untuk Anda yang membutuhkannya, berikut ini adalah 6 aplikasi Matematika yang direkomendasikan dan bisa Anda buka dari ponsel.

1.  Photomath-Kamera Kalkulator

Aplikasi matematika yang pertama wajib Anda coba adalah Photomath-Kamera Kalkulator. Aplikasi besutan Photomath.Inc ini bisa membantu Anda menyelesaikan masalah matematika buah hati Anda. Aplikasi ini juga cukup ajaib, karena dengan menggunakan kamera di ponsel dan mengarahkan pada soal matematika yang akan akan diselesaikan, aplikasi akan menunjukkan cara menghitungnya hingga mendapatkan hasilnya.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga sudah memiliki fitur yang bisa mengenali tulisan tangan. Sehingga soal yang ditulis dengan tangan di kertas pun bisa dipindai engan mudah. Anda juga bisa menggunakan fitur premium untuk menggunakan fasilitas yang lebih lengkap. Seperti instruksi yang lebih detail, penjelasan dengan warna, serta pengetahuan tambahan lain berkaitan dengan matematika.

Aplikasi ini juga telah diinstall lebih dari 100 juta kali. Dan untuk Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini, bisa menggunakan tautan ini untuk mengunduhnya.

Anda mungkin menyukai: 10 Aplikasi Edit Suara untuk Berbagai Perangkat

2.  Mathway

Rekomendasi yang kedua adalah aplikasi matematika Mathway. Aplikasi ini telah digunakan lebi dari 10 juta kali dan cara kerjanya hampir mirip dengan Photomath. Yaitu, dengan mengarahkan kamera pada materi kemudian ambil foto, dan Mathway akan membantu Anda menyelesaikan masalah.

Jika tidak menggunakan kamera, Anda bisa mengetik pertanyaan dan kalkulator pintar ini, akan segera membantu Anda, menyelesaikan semua pertanyaan terkait aljabar, kalkulus, grafik, atau yang lainnya. Selain itu, semua matematika dasar atau pra Aljabar sepeti desimal, pecahan, bilangan bulat, dan yang lainya, juga bisa dibantu Mathway.

Aplikasi ini bisa digunakan di Android versi 4.4 atau lebih tinggi. Untuk mengunduhnya, silahkan gunakan link ini.

3.  Rumus Matematika

Rumus Matematika juga bisa Anda gunakan untuk membantu masalah hitung menghitung Anda. Aplikasi buatan anak bangsa, DarAddict ini juga bisa digunakan di smartphone berbasis Android. Dan yang menarik, aplikasi matematika ini terdiri atas rumus dari berbagai tingkatan sekolah, mulai dari Sekolah Dasar, SMP, dan SMA.

Adapun fitur yang bisa Anda gunakan dari aplikasi ini di antaranya adalah, rumus satuan berat, rumus luas bangun datar, hitung bilangan, rumus perbandingan, dan masih banyak lagi. Dan kelebihan lain dari Rumus Matematika adalah bisa digunakan tanpa koneksi internet sekalipun.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan kumpulan rumus dasar, kumpulan trik cepat yang bisa dipraktekkan langsung, untuk berbagai soal matematika. Namun, jika Anda tidak bisa menemukan rumus yang Anda cari, Anda juga bisa melakukan request pada aplikasi tersebut.

Aplikasi matematika ini juga sangat ringan, Anda hanya membutuhkan 3 MB saja dan jika tertarik untuk menggunakannya, silahkan gunakan link ini .

Baca juga: 8 Rekomendasi Aplikasi Nonton Drama Korea Dengan Subtitle Indonesia

4.  Simple Math – Learn Add & Subtract, Math Games

Aplikasi besutan Simple Design, Ltd ini merupakan aplikasi matematika yang menyenangkan. Karena penggunanya akan diajak menyelesaikan matematika dengan cara bermain. Dan pastinya, aplikasi ini juga cocok untuk semua udia, hingga mampu untuk meningkatkan keterampilan logis maupun untuk melatih otak.

Fitur dari aplikasi Simple Math ini juga sangat lengkap, salah satunya adalah fitur Video Tutorial. Di sini Anda hanya cukup mengetuk tombol tips untuk melihat grafik dan tutorial video. Aplikasi ini juga mendukung penggunaan bahasa lain, seperti, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Portugis, Rusia, Spanyol, Cina, Melayu, Vietnam, dan masih banyak lagi.

Yang tidak kalah menarik, aplikasi matematika ini juga akan memberikan penghargaan, bagi siapapun yang berhasil menyelesaikan game matematika. Dan Anda juga tidak perlu khawatir karena tidak akan menemukan iklan satupun pada aplikasi ini.

Anda juga bisa menemukan fitur lainnya, seperti game tambahan, game pengurangan, game divisi, teka-teki, juga kuis dan konten baru akan terus ditambahkan. Aplikasi ini juga cocok digunakan di smartphone ataupun tablet. Untuk mengunduhya, silahkan gunakan link ini.

5.  Belajar Matematika

Dan ini dia aplikasi matematika lainnya yang juga karya anak bangsa, Belajar Matematika. Aplikasi ini merupakan besutan KRC Studio dan bisa digunakan pada ponsel versi 4.1 atau lebih tinggi. Dan untuk mengunduhnya, Anda juga membutuhkan memori sebesar 15 MB.

Pada aplikasi matematika ini, Anda akan disuguhi permainan edukasi yang bisa digunakan untuk anak-anak berusia dini. Matematika yang disajikan dalam bentuk game dengan kalkulator sederhana, membantu anak-anak untuk terus bermain. Sambil bermain, Anak-anak juga bisa melihat efek dan mendengar musik yang pasti mereka sukai.

Fitur yang bisa Anda dapatkan di antaranya adalah, penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, soal acak, yang mudah digunakan. Aplikasi ini juga mudah untuk digunakan dan pastinya murah karena Anda tidak perlu membayar apapun.

Untuk memulai bermain di aplikasi Belajar Matematika ini, Anda bisa menggunakan link ini untuk mengunduhnya.

6.  Microsoft Math Solver

Terakhir, ini dia aplikasi matematika yang menarik untuk dicoba, Microsoft Math Solver. Aplikasi besutan Microsoft Corporation ini telah digunakan lebi dari 5 juta kali. Untuk Anda yang ingin menggunakannya, pastikan Android Anda versi 5.0 atau lebih tinggi.

Aplikasi ini menyediakan banyak bantuan untuk menyelesaikan masalah, aritmatika, aljabar, statistik, kalkulus, trigonometri, dan masih banyak lagi. Untuk memecahkan masalah matematika yang tengah dihadapi, Anda cukup menulis soal di laar ponsel atau mengarahkan kamera untuk mengambil foto soal.

Berikutnya, aplikasi akan dengan mudah mengenali masalah, dan membantu Anda menyelesaikan masalah. Di mana Anda akan mendapatkan penjelasan langkah demi langkah secara detail, dan aplikasi juga bebas dari iklan.

Selain memindai masalah dari kamera, Aplikasi ini juga bisa membaca tulisan tangan, bahkan Anda juga bisa mengimpor gambar dengan persamaan dari galeri di ponsel. Untuk pilihan bahasa juga tidak perlu khawatir, karena Microsoft Math Solver bisa digunakan dalam berbagai bahasa yang ada di dunia.

Untuk menggunakan aplikasi pintar ini, bisa Anda gunakan tautan ini untuk mengunduhnya. Informasi lainnya juga bisa Anda dapatkan di situsnya https://math.microsoft.com.

Simak juga: 6 Aplikasi TV Online dengan Beragam Keunggulan yang Ditawarkannya

ITU dia 6 aplikasi matematika yang bisa Anda coba dan diunduh hanya dengan menggunakan smartphone. Beberapa aplikasi juga menyediakan versi iOS-nya, Anda bisa mencarinya di App Store. Selanjutnya silahkan coba aplikasi di atas untuk menemukan apikasi yang paling tepat. Selamat belajar matematika.