7 Aplikasi Perpustakaan Online Terbaik

Ada banyak cara untuk mendapatkan informasi,  salah satunya adalah dengan membaca. Namun, memang tidak bisa dipungkiri bahwa untuk membeli buku atau pergi ke perpustakaan, membutuhkan banyak alasan, seperti dana, waktu, atau yang lainnya.

Jika hal tersebut menjadi masalah Anda, maka kini Anda telah menemukan jawabannya. Ya, menggunakan aplikasi perpustakaan online, sebenarnya bisa memangkas semua alasan tersebut. Anda juga bisa mengunduh dan membukanya dari ponsel, sehingga aktivitas membaca bisa dilakukan kapan saja.

Aplikasi Perpustakaan Online

Berikut ini, adalah 7 rekomendasi perpustakaan online yang bisa Anda coba, dan dunia membacapun terbuka lebar untuk Anda.

1.  iPunas

Rekomendasi yang pertama aplikasi perpustakaan yang bisa Anda unduh dari Google Play Store, adalah iPunas. Aplikasi ini merupakan hasil kerjasama dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan developer Aksamaraya.

Adapun fitur yang banyak digunakan dan menjadi andalan dari IPunas adalah ePustaka. Dari fitur ini, Anda bisa menjadi anggota di banyak perpustakaan online lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur Feed, yang bisa digunakan untuk memantau aktivitas anggota lain. Fitur eReader juga Anda gunakan agar bisa membaca eBook dengan cepat dan mudah.

Yang tidak kalah menarik, Anda juga bisa menggunakan fitur Media Sosial, hingga Anda bisa berinteraksi dengan anggota iPunas lainnya. Untuk mengunduh IPunas di ponsel, pastikan Anda menyiapkan ruang memori sebesar 24.33 MB.

Baca juga: 8 Aplikasi Membuat Poster yang Direkomendasikan

Agar bisa mengakses iPunas, pastikan Anda mendaftarkan diri terlebih dahulu, dengan menggunakan akun email maupun akun Facebook. Kemudian isi form registrasi yang disediakan dan melengkapi data pribadi termasuk di menyertakan foto diri, baru bisa meminjam buku yang hendak dibaca.

Meminjam buku di iPunas juga bisa Anda lakukan, namun batas peminjamannya hanya akan berlangsung selama 3 hari saja. Dan Anda harus mengembalikannya sebelum batas peminjaman berakhir, atau mengisi form peminjaman untuk memperpanjang. Jika buku tidak dikembalikan tanpa adanya konfirmasi, maka secara otomatis, buku akan kembali ditarik ke ePustaka. Untuk menginstall aplikasinya gunakan tautan ini

2.  ePerpus

Aplikasi perpustakaan yang kedua adalah ePerpus yang dikeluarkan oleh Gramedia Digital Nusantara. Tidak saja buku berlabel Gramedia, Anda masih bisa menemukan buku dari penerbit lain, seperti Elex Media Komputindo, Mizan, dan yang lainnya. Untuk memulai membaca di ePerpus, pastikan Anda telah terdaftar menjadi anggota terlebih dahulu.

ePerpus juga cukup ramah pengguna dan bisa Anda gunakan di ponsel pintar Anda. Untuk memulai membaca ataupun meminjam buku, koran atau majalah, yang disediakan, segera unduh aplikasinya. Gunakan semua fitur yang disediakan untuk menunjang aktivitas membaca Anda dari aplikasi yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 ini.

Di aplikasi ini, Anda bisa menemukan lebih dari 50.000 koleksi buku yang bisa Anda pinjam. Gunakan aplikasi ini, dan Anda bisa terhubung dengan 350.000 pengguna lainnya. Klik link ini untuk mengunduh aplikasi ePerpus.

3.  iJakarta

Berikutnya, Anda bisa menggunakan iJakarta untuk memuaskan keinginan besar Anda untuk membaca. Aplikasi ini telah diunduh lebih 100.000 kali dan bisa memudahkan Anda untuk bisa berinteraksi dengan para anggota lainnya yang sudah terdaftar. Anda juga bisa berdiskusi mengenai buku-buku yang telah Anda baca.

Aplikasi iJakarta yang rilis di tahun 2015 ini, juga dikembangkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta, dengan PT. Woolu Aksara maya, yang dilengkapi berbagai fitur yang cukup lengkap, menyerupai IPunas. Adapun fitur yang bisa digunakan di antaranya adalah, ePustaka, eBook, Feed, Rak Buku Virtual, juga eReader.

Untuk fitur Rak Buku sendiri, merupakan fitur di mana Anda bisa melihat riwayat peminjaman buku. Dan aplikasi ini juga bisa digunakan secara online maupun offline, pastikan Anda mengunduh aplikasinya di sini.

Anda mungkin menyukai ini: Aneka Aplikasi Pengolah Kata Yang Cocok Untuk Setelan Handphone

4.  Biblio

Aplikasi perpustakaan selanjutnya adalah Biblio yang diluncurkan oleh Axiell Media AB. Aplikasi ini memiliki banyak fitur dan Anda bisa menambahkan item baru. Kemudian mengisi detail lainnya seperti, judul, penulis, penerbit, ISBN, tahun cetak, nomor katalog dan nomor indeks, dan sebagainya.

Tidak hanya buku, Anda juga bisa menambah item lainnya seperti kaset, video, CD ataupun DVD. Buku di Biblio juga bisa dipinjam namun jika ada buku yang tidak bisa dipinjam, Anda bisa menandainya sebagai referensi. Kemudian bila Anda juga memiliki catata yang harus diingat, bisa menambahkan pada fitur tab Notebook.

Setiap data dari Biblio bisa dibackup dalam file berbentuk RAR. Fitur lain yang disediakan aplikasi ini adalah tombol kamera (webcam) yang bisa digunakan untuk mendeteksi nomor ISBN. Tertarik untuk mengunduhnya, silahkan klik link ini

5.  iSantri

iSantri juga merupakan aplikasi perpustakaan lainnya, yang bisa memudahkan Anda untuk membaca secara daring.  Dan aplikasi ini juga miliki Kementerian Agama Republik Indonesia yang serupa dengan aplikasi perpustakaan miliki pemerintah lainnya.

Begitu juga dengan developer yang digunakan, masih menggunakan perusahaan yang sama yaitu PT. Woolu Aksara Maya. Dan yang tidak kalah menarik, aplikasi ini juga dibuat disediakan untuk masing-masing wilayah. Adapun yang daerah yang telah menggunakannya seperti iJateng, iJogja, iBandung juga iPekan. Link ini bisa digunakan untuk mengunduhnya.

6.  Buku Sekolah Elektronik (BSE)

Rekomendasi berikutnya adalah Buku Sekolah Elektronik yang memiliki koleksi buku lebih dari 5000 buah. Aplikasi yang dikeluarkan oleh Toto Sugito ini, berisikan buku-buku sekolah dalam format PDF. Kemudian aneka komik pendidikan, buku cerita, buku-buku pengetahuan, juga buku untuk anak-anak pra-sekolah.

Anda juga bisa menggunakan kamus offline hingga konversi antar satuan, seperti panjang, volume, luas, dan lain sebagainya.. Agar bisa menggunakannya, unduh aplikasi Buku Sekolah Elektronik di Google Play Store. Adapun kapasitas memori yang dibutuhkan adalah sebesar 15.22 MB.

Dalam aplikasi yang diluncurkan pada 26 April 2017 ini, Anda juga bisa mendapatkan berbagai soal-soal latihan, rangkuman pelajaran, hingga modul kalkulator. Untuk Anda yang membutuhkan modul berisi trik matematika juga bisa mendapatkannya di Math Trik. Bahkan untuk mengenal butir-butir Pancasila, pasal-pasal dan UUD 1945, bisa juga Anda temukan di modul Pancasila. Gunakan tautan ini untuk menginstallnya.

7.  Eperpusdikbud

Rilis di bulan Desember tahun 2019, ini dia aplikasi perpustakaan online yang juga milik pemerintah. Eperpusdikbud yang dikeluarkan oleh Kemendikbud RI. Dalam aplikasi ini, Anda bisa menemukan ribuan koleksi ebook yang juga dilengkapi dengan eReader.

Dari kategori buku yang telah Anda pilih, berikutnya Anda bisa meminjam dan membacanya kapan saja. Sementara jika ingin mengunduhnya, Anda harus menyiapkan ruang yang cukup besar, karena memang Anda membutuhkan 40.15 MB.

Koleksi yang dimiliki perpustakaan online ini juga cukup lengkap, bahkan Anak-anakpun bisa mendapatkan buku favorit mereka dengan mudah. Meskipun pengguna aplikasi ini belum terlalu banyak seperti aplikasi-aplikasi yang disebut sebelumnya, namun Anda bisa memilihnya untuk diunduh di Android Anda. Ini link yang bisa digunakan untuk menginstall aplikasinya.

Simak juga: 6 Aplikasi Pemotong Lagu Paling Recomended

Itulah rekomendasi 7 aplikasi perpustakaan yang bisa Anda pilih dan digunakan di smartphone. Masih banyak sekali aplikasi sejenis yang tersedia, bahkan tidak sedikit pula yang berasal dari luar negeri. Anda bisa mencoba salah satunya atau jika enggan menggunakan versi websitenya.