Cara Root dan Instal TWRP di Xiaomi Redmi Note 4

Root merupakan salah satu yang dibutuhkan untuk membuat handphone atau smartphone yang kita miliki lebih modern dan canggih dimana dengan melakukan root kita bisa melakukan banyak hal seperti mengaktifkan fitur baru, memodifikasi dan lain sebagainya. Sedangkan TWRP itu sendiri adalah  (Team Win Recovery Project ) terdapat kata recovery yang berarti mengcover ulang yang telah di modifikasi untuk melakukan instal berbagai file zip.

Antara root dan TWRP keduanya termasuk yang diperlukan untuk handphone atau smartphone era sekarang. Dan keduanya tersebut merupakan saling ketergantungan. Karena salah satu fungsi TWRP itu sendiri untuk instalasi file Root Magisk atau SuperSU, tanpa itu anda tidak akan bisa mendapatkan akses root. Jadi keduanya memang sangat dibutuhkan. Redmi Note 4 salah satu smartphone yang memerlukan keduanya.

Berikut Cara Root dan Instalasi TWRP Xiaomi Redmi Note 4 yang bisa anda coba. Tetapi sebelumnya pastikan anda sudah mengetahui syarat yang di butuhkan sebelum melakukan root atau instal TWRP seperti berikut.

Cara Root dan Instal TWRP di Xiaomi Redmi Note 4

Peringatan!!

Gagal dalam melakukan root dapat menyebabkan HP anda error/brick. Pastikan anda mengerti resiko ini sebelum mencoba langkah di bawah

Syarat- syarat yang di butuhkan untuk Root dan Instal TWRP

Cara root dan instal TWRP ini di sediakan hanya untuk Xiaomi Redmi Note 4 dan Note 4X yang telah menggunakan Chipset Qualcomm, jadi untuk handphone atau tipe smartphone lainnya tidak bisa melakukan cara ini.

Baca:   Cara Mengembalikan IMEI dan MEID Yang Hilang Atau Invalid

Redmi Note 4X harus dalam keadaan bootloader nya tidak terkunci.

Bootloader sendiri adalah program yang bisa memberikan aksesibilitas untuk modifikasi sebuah sistem, verifikasi intergritas OS, penyediaan media untuk update suatu perangkat. Jadi jika bootloader nya terkunci, anda harus mengubahnya menjadi unlock bootloader.

Perangkat PC/ Laptop dan Kabel USB juga diperlukan untuk melakukan Root ataupun instalasi TWRP.

Cara Instalasi TWRP di Xiaomi Redmi Note 4

Sebelum anda memulai instal TWRP di Xiaomi Redmi Note 4 yang anda punya, pastikan Toolkit TWRP Redmi Note 4 telah di download terlebih dahulu. Setelah itu juga sudah mengunduh lazyflasher-no-verity-opt-encrypt. Tanpa keduanya, instal TWRP tidak bisa dilanjutkan.

Syarat terakhir untuk root dan instal TWRP diatas adalah perangkat PC / Laptop gunanya adalah untuk mengextract file toolkit TWRP yang sudah di download.

Cara instal TWRP selanjutnya adalah masuk ke Fastboot Mode, caranya sebagai berikut:

  • non aktifkan hp Xiaomi Redmi Note 4 dahulu
  • lalu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawa secara bersamaan sampai tersedia Fastboot Mode
  • nah hubungkan handphone ke komputer/ laptop dengan menggunakan USB.
  • Setelah tersambung klik dua kali Flash- TWRP.bat yang berada di folder TWRP Xiaomi Redmi Note 4. Nanti akan muncul tulisan “press any key to continue” anda klik Enter atau tombol apapun yang ada di keyboard.
Baca:   Cara Mengaktifkan Developer Option di Smartphone Samsung

Dan proses instalasi akan di mulai dan setelah proses tersebut selesai, sistem akan langsung masuk ke TWRP.

Pada saat sudah berada di TWRP, yang harus anda lakukan adalah instal file lazyflasher dengan cara pilih Install lalu pilih file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip lanjut dengan Swipe to confirm flash.

Langkah terakhir Reboot handphone anda.  Nah sekarang TWRP sudah bisa di gunakan.

Cara Root Xiaomi Redmi Note 4 dengan melalui TWRP

Karena TWRP sudah terpasang atau terinstal di Xiaomi anda khususnya Redmi Note 4, anda sekarang bisa melakukan root melalui TWRP ini dengan cara sebagai berikut.

Pastikan anda mendownload terlebih dahulu file root dan setelah itu pilih tool yang akan di gunakan Magisk Root.

Baca:   2 Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara di HP Android

Jika file root sudah selesai di download, anda bisa masuk ke TWRP caranya adalah posisikan kondisi Redmi anda dalam keadaan turn off atau mati dilanjutkan dengan menekan tombol Volume atas  dan Power secara bersamaan tahan sampai logo MI muncul lalu lepaskan. Kalau anda bertanya seberapa lama anda harus menahan tombol tersebut, jawabannya sampai logo MI muncul.

Nah, setelah logo MI muncul pilih install dan file rootnya lalu Swipe to Flash. Tunggu sampai selesai. Jika sudah selesai instal nya seperti biasa lakukan Reboot.

Kalau anda merasa ragu apakah akses root sudah diperoleh, anda bisa mengeceknya dengan menggunakan Root Checker. Kalau aplikasi tersebut tidak ada di Redmi Note 4, anda bisa mendownloadnya via Google Play Store. Dengan begitu anda akan tahu, apakah akses root sudah tersedia atau belum.

Terkadang dalam melakukan cara ini, aplikasi Magisk Manager atau superuser tidak muncul di Homescreen atau kita sebut cara ini gagal dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan cara manual.

Demikian informasi mengenai Cara Root dan Instalasi TWRP Xiaomi Redmi Note 4.

Spread the love
Categories Tips

Lihat juga info berikut ini:

Leave a Comment