Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Aplikasi [Tanpa Kabel]

Sudah tahu belum? Kalau ada Cara Menyambungkan HP ke TV tanpa kabel yang pastinya auto simpel! dengan begitu kita bisa menyaksikan layar HP android kita melalui TV, cocok untuk kamu yang ingin nonton video atau film maupun video youtube yang ada di HP agar bisa ditonton juga lewat TV.

Dengan begitu, kita jadi lebih puas karena menonton lewat video lewat TV jelas lebih luas layarnya.

Nah untuk kamu yang punya Smart TV (yang support wifi), kamu bisa pakai beberapa aplikasi smartphone untuk mulai menghubungkan HP ke TV, apa saja aplikasinya? Yuk Simak ulasannya berikut ini.

Perlu diingat ya, hanya untuk Smart TV saja, tidak bisa untuk TV Biasa. Untuk TV Tabung bisa juga sepertinya tapi hanya dengan kabel RCA, tidak bisa via aplikasi bawaan android maupun aplikasi pihak ketiga.

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel

Sebenarnya di Smartphone Jaman sekarang entah itu Oppo, Xiaomi, Samsung dan merk lainnya bahkan sudah ada fitur agar bisa menghubungkan layar hp ke tv langsung tanpa perlu aplikasi tambahan,

Silakan cek di menu “Sambungan/Wireless” di menu Pengaturan HP, terus cari fitur proyeksi layar/Smart View/Miracast/wireless display (tiap HP beda nama menu atau nama fiturnya, tapi intinya fungsinya sama).

Menu atau fiturnya yang seperti ini contohnya (ini di HP Realme 3 Pro):

cara menghubungkan hp ke tv semua merk

Pastikan WIFI di HP kamu nyala agar pengaturan ini bisa diaktifkan, nantinya HP akan melakukan scanning ke Smart TV, jadi pastikan fitur proyeksi layar di Smart TV juga sudah diaktifkan dengan mengaktifkan wifi.

HP dan Smart TV harus terhubung ke jaringan wifi atau router yang sama juga ya.

Simak juga: Alternatif indoxxi terbaru

Cara Menghubungkan HP Ke TV Tanpa Kabel dengan Aplikasi

Nah kalau tidak ada fitur diatas bagaimana? tenang, kamu masih bisa menyambungkan hp ke tv tanpa kabel dengan bantuan aplikasi hp ke tv dibawah ini kok, yuk cek informasinya.

Miracast Wifi Display

cara menyambungkan hp ke tv tanpa kabel dengan miracast

Aplikasi HP yang bisa digunakan untuk menghubungkan HP ke TV salah satunya yaitu Miracast, aplikasi ini bisa banget untuk menyambungkan koneksi dari HP ke TV, untuk penggunaannya juga simpel, kamu cukup mengaktifkan fitur wifi TV agar bisa terdeteksi di aplikasi Miracast.

Link Download Aplikasi: Kesini, Raden!.

Jika sudah terdeteksi, tinggal sambungkan deh melalui Aplikasi Miracast di HP.

Screen Mirroring

Selain Miracast, ada juga aplikasi bernama Screen Mirroring yang mempunyai fitur untuk merefleksikan tampilan HP ke layar HP, sama saja, aplikasi ini juga mengandalkan fitur koneksi nirkabel.

cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel dengan aplikasi

Link Download: Disini, Tuan Besar!

Kamu bisa menampilkan layar HP saat menonton video atau bahkan bermain game ke layar TV Smart.

Castto

Tidak kalah dari kedua aplikasi diatas, aplikasi Castto juga recommended untuk kamu yang sedang mencari aplikasi HP ke TV, untuk penggunaanya prinsipnya sama saja seperti aplikasi lainnya.

cara menyambungkan hp ke tv dengan aplikasi castto

Download Castto App

Alternatif lain, kamu bisa pakai Kabel HDMI untuk bisa menghubungkan atau menyambungkan layar HP ke TV.

Smart TV sendiri kini memang banyak digunakan, ada berbagai macam merk terbaik mulai dari Smart TV Samsung, LG, Sony, Polytron dan masih banyak lagi.

Demikianlah informasi dari admin kali ini untuk kamu yang ingin menikmati layar HP agar semakin puas dengan menampilkannya ke Smart TV yang kamu punya.

Ohya, untuk kamu bisa juga download kumpulan aplikasi menarik lainnya diantaranya:

Jika ada pertanyaan lain seputar cara menyambungkan hp ke tv tanpa kabel bisa komentar dibawah ya, diatas hanya gambaran saja, untuk detail cara penggunaan mungkin akan admin bagikan di postingan selanjutnya ya.