Fujifilm X-T200, Kamera Untuk Content Creator Terbaik 2020

Di dunia fotografi, nama Fujifilm memang tidak asing lagi, terlebih lagi setelah mereka berhasil dalam perilisan produk kamera terbarunya yang diberi nama sebagai Fujifilm X-T200.

Tak perlu khawatir, sejak Februari 2020 kemarin, kamera Fujifilm tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia. Artinya, Anda bisa mulai membeli kamera yang digadang – gadang punya harga terjangkau ini.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya simak dulu review X-T200 selengkapnya berikut ini.

Review Fujifilm X-T200

Fujifilm X T200 Rekomendasi Kamera Untuk Content Creator Terbaik

Pertama kami akan membahas mengenai ukuran dan body Fujifilm X-T200. Kamera yang ditujukan untuk content creator tersebut memiliki dimensi yang lebih kecil dibanding pendahulunya. Bagaimana tidak, bobot X-T200 hanya 370 gram atay 80 gram lebih ringan dibanding pendahulunya.

Bobot kamera Fujifilm terbaru ini sudah pasti akan sangat berpengaruh bagi Anda yang sering travelling menciptakan konten – konten menarik dan tidak ingin terlalu menanggung beban ketika membawa barang bawaan.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, kamera X-T200 ternyata sudah dilengkapi dengan sensor paling baru, bukan X-Trans beresolusi 24.2 MP, tetapi pada kamera tersebut sudah ada sensor CMOS.

Tentunya yang demikian semakin membuat performa X-T200 lebih cepat dibanding pendahulunya dengan kemampuan mendapatkan gambar hingga 8 fps dalam mode Burst. Tidak sampai di situ saja, Fujifilm juga sudah melengkapi kamera barunya dengan kemampuan pemrosesan data lebih cepat hingga 3.5 kali lipat.

Pastinya kemampuan Autofocus yang tersemat di dalamnya pun juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan sekali berkat hadirnya teknologi Phase Detect On Sensor yang siap gantikan sistem Hybrid di X-T100.

Menariknya, kamera X-T200 bahkan sudah memiliki teknologi AF Face atau Eye Detection. Tak heran pengguna semakin dimanjakan lagi ketika menginginkan ketajaman gambar maupun video yang lebih baik lagi.

Tidak sampai di situ saja, Fujifilm juga sudah menyematkan EVF atau Electronic ViewFinder 0.39 inch dengan resolusi 2.36 juta Dot OLED dengan Coverage hingga 100 persen dan Magnification Ratio hingga 0.62x.

layar lebar di fujifilm xt200

Tombol kontrol juga mengalami peningkatan. Jika dulu kamera X-T100 hanya menggunakan tombol 4 arah saja, tetapi pada X-T200 sudah menggunakan Joystick yang diklaim jauh lebih praktis dan tidak memakan ruang di belakang body kamera.

X-T200 bahkan memiliki rentang ISO mulai 200 – 12.800 dengan sensitivitas yang bisa diekspansi hingga 100 – 25.600 per 51.200. Sementara itu untuk Shutter Speednya sendiri mencapai 1/4.000s dan elektronik 1/32.000, juga ada Bulb Mode yang menawarkan kecepatan lebih rendah hingga 60 menit.

Berapa harga Fujifilm X-T200? Dari segi harga, kamera merk Fujifilm ini memang tidak ditawarkan dengan harga murah. Untuk meminang X-T200 Anda harus menyiapkan budget sekitar Rp 9.5 – 10.9 juta rupiah.

Fitur Fujifilm X-T200

Seperti yang sudah kami singgung di awal, Fujifilm mengklaim kamera barunya tersebut sudah memiliki semua yang dibutuhkan para content creator. Tidak hanya mengenai foto, X-T200 ternyata juga bisa diandalkan untuk kebutuhan video. Melalui kamera baru milik Fujifilm inilah Anda bisa mendapatkan gambar dan video yang jauh lebih bagus.

Lihat saja, video pada X-T200 sudah beresolusi 4K UHD dengan frame rate 30 fps dan Full HD di 120 fps. Lalu untuk LCD Touchscreennya sendiri ada di bentangan 3.5 inch yang bisa ditekuk ke angle mana pun.

Ini pastinya akan semakin memanjakan para vlogger dan pecinta foto selfie. Panel TFT LCD pada X-T200 bahkan mengalami peningkatan yang signifikan. Jika pada X-T100 hanya 1.04 juta Dot, maka pada X-T200 sudah naik menjadi 2.76 juta Dot.

Selain itu, ada mode HDR Video yang bisa dimanfaatkan untuk merekam gambar di situasi dengan kontras tinggi.

Untuk menjaga agar video yang dihasilkan tetap stabil saat proses perekaman, X-T200 sudah dilengkapi dengan teknologi Digital Gimbal Function yang menggunakan sensor Gyro dalam body kamera. Ini nanti akan membantu stabilisasi elektronik ketika merekam video.

Kelebihan Fujifilm X-T200

1. Kamera yang Mantap

Diketahui, kamera X-T200 membawa sensor beresolusi 24.2 MP yang bisa digunakan untuk menangkap objek dengan sangat baik. Performa sensor CMOS yang dibawanya pun memiliki kekuatan yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Kamera X-T200 bahkan bisa diandalkan untuk memotret 8 fps di dalam Burts Mode. Selain itu, pada X-T200 sudah ada fitur Face Recognition yang dibuat semakin pintar untuk menangkap foto wajah dengan sangat baik.

Titik fokusnya pun dibuat lebih banyak lagi hingga 425 titik. Tentunya yang demikian membuat hasil gambar menggunakan X-T200 lebih tajam dari berbagai sisi. Pemrosesan gambarnya pun dinilai menjadi yang tercepat 3.5 kali lipat dibanding seri sebelumnya, X-T100.

Kamera Fujifilm terbaru ini memiliki rentang ISO 200 – 12.800 dan masih bisa diperluas menjadi 100 – 51.200.

2. Layar Sentuh Lebar

Lalu pada bagian ini juga menjadi salah satu yang paling disukai oleh kebanyakan orang, bahkan Anda mungkin salah satu diantaranya, terutama bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan kamera Fujifilm.

layar fujifilm xt200

Layar pada X0T200 memiliki luasan hingga 3.5 inch dengan aspek rasio 16 : 9. Aspek rasio ini sama persis dengan layar HP Android keluaran terbaru di 2020 ini. Layar sentuh tersebut bahkan sangat responsif dengan pengaturan pada kameranya.

Adapun pengaturan yang bisa dilakukan pada X-T200 antara lain seperti Background Blur, Brightness, atau pun perubahan aspek rasio yang akan langsung terlihat di layar.

Layar kamera ini pun bisa diputar hingga 180 derajat dengan mudah. Artinya, Anda bisa melakukan foto selfie sepuasnya. Fitur ini bahkan akan membantu Anda untuk mendapatkan angle yang sulit ketika memfoto objek. Jika Anda menggunakan Viewvinder, maka layar sentuh pada kamera ini bisa dilipat dan ditutup dengan mudah.

3. Pengaturan yang Mudah

Sebenarnya hampir semua kamera merek Fujifilm memberikan ring pengaturan untuk beberapa fitur dan mode di bagian atas kamera, tak terkecuali untuk X-T200. Anda hanya perlu memutar ring di bagian atas jika menginginkan pengaturan yang berbeda.

Pengaturan dari layar kamera digital pun masih bisa dilakukan dengan mudah. Enaknya, X-T200 memiliki joystick di bagian belakang kamera, sehingga semakin memudahkan Ada untuk melakukan pengaturan.

4. Bisa Merekam Video 4K

Kelebihan lain yang dimiliki X-T200 adalah kamera tersebut bisa merekam video beresolusi 4K UHD dalam frame 30 fps. Sementara itu untuk video Full HD, X-T200 bisa merekam hingga 120 fps.

Juga ada mode HDR Video yang akan membantu membuat hasil gambar bisa menjadi sangat kontras. Selain itu, pada X-T200 juga ada panel TFT LCD yang mencapai 2.76 juta titik, sehingga hasilnya pun akan sangat jelas, tajam dan lebih detail.

Demikianlah informasi seputar Fujifilm X-T200, rekomendasi kamera untuk content creator terbaik 2020. Semoga bermanfaat.