Review Dracoola, Hosting Lokal Murah Berkualitas

Untuk memudahkan pengelolaan website, Anda dapat memanfaatkan web hosting yang menawarkan berbagai fasilitas dan fitur canggih. Salah satu pemain web hosting di Indonesia adalah Dracoola.

Dracoola mulai berdiri sejak tahun 2003 dan memiliki server yang berlokasi di Indonesia dan USA.

Jika Anda mengunjungi laman Dracoola, ada yang berbeda dibanding tampilan situs web host pada umumnya. Laman Dracoola memiliki tampilan unik dengan nuansa horror sesuai dengan namanya.

Anda juga tak akan menjumpai highlight yang mencolok seperti hosting termurah, tercepat, dan semacamnya. Sebaliknya, Dracoola menawarkan kualitas dengan harga rasional.

Lihat Dracoola Hosting Disini

Review dracoola hosting

Baca juga: rekomendasi hosting terbaik di Indonesia

Paket Hosting Dracoola Beserta Harga

Terdapat beberapa pilihan paket dengan harga beragam yang ditawarkan oleh penyedia jasa web hosting ini.

Berikut ini adalah beberapa pilihan paket yang ditawarkan dan layanan yang akan didapat pelanggan.

1. Paket DAWN-id

Harga paket DAWN-id Rp12.500/bulan. Jika membeli dalam jangka setahun, maka Anda hanya perlu membayar Rp125.000 saja. Fasilitas yang tersedia antara lain web space 300 MB, 30 GB bandwidth, 1 addon domain, total 2 domain, unlimited subdomain, unlimited FTP, unlimited POP3 email, control panel cPanel.

2. Paket DUSK-id

Paket DUSK-id bisa diperoleh dengan membayar Rp25.000/bulan. Biaya pembelian setahun lebih hemat dengan total biaya 250.000 saja. Fasilitas yang tersedia di antaranya web space 750 MB, bandwidth 75 GB, 4 addon domain, total 5 domain, unlimited subdomain, unlimited akun FTP, unlimited POP3 email, control anel cPanel.

3. Paket NIGHT-id

Paket NIGHT-id dibanderol dengan harga Rp50.000/bulan. Sedangkan harga untuk pembelian setahun hanya Rp500.000 saja. Fitur yang diperoleh antara lain web space 1.5 GB, bandwidth 150 GB, 10 addon domain, total 11 domain, unlimited subdomain, unlimited akun FTP, unlimited POP3 email, control panel cPanel.

4. Paket MIDNIGHT-id

Paket MIDNIGHT-id dibanderol dengan harga Rp100.000/bulan. Jika membeli setahun, Anda bisa lebih hemat dengan hanya membayar Rp1.000.000 saja. Fitur yang tersedia antara lain web space 3 GB, bandwidth 300 GB, 25 addon domain, total 26 domain, unlimited subdomain, unlimited akun FTP, unlimited POP3 email, control panel cPanel.

Keempat paket tersebut menggunakan server Indonesia. Dracoola juga menyediakan paket hosting server USA dengan spesifikasi fitur dan nama yang sama. Paket DAWN, DUSK, NIGHT, dan MIDNIGHT untuk server USA dibanderol dengan harga yang lebih murah. DAWN Rp10.000/bulan, DUSK Rp20.000/bulan, NIGHT Rp40.000/bulan, dan MIDNIGHT Rp80.000/bulan.

Lihat Dracoola Hosting Disini

Simak juga: review Indowebsite

Layanan Dracoola Lainnya

Sebagai pelanggan, siapapun yang menggunakan jasa ini tentu akan mendapat beberapa pelayanan lainnya.

Berikut ini adalah layanan yang dimiliki Dracoola.

1. Reseller Hosting

Untuk Anda yang ingin memiliki penghasilan lebih dengan berbisnis web hosting, Dracoola menyediakan layanan reseller hosting bagi penggunanya.

Paket reseller hosting yang tersedia ada 3 macam yaitu Sanctuary, Obituary, dan Cemetery dengan server Indonesia dan USA. Harga paket reseller hosting milik Dracoola mulai 75.000 hingga Rp250.000/bulan.

2. Web Design

Bagi Anda yang ingin memiliki website namun tidak mengerti bagaimana cara membuat design web yang bagus, Dracoola memiliki layanan pembuatan web design.

Layanan ini sangat membantu bagi pemula karena hanya perlu fokus pada konten website saja. Jadi, Anda tak perlu pusing memikirkan design terbaik untuk situs Anda.

3. Domain

Nama domain memiliki peran yang sangat penting untuk tujuan pembuatan website. Layaknya web host lainnya, Dracoola juga memiliki layanan registrasi domain untuk website baru Anda.

Selain registrasi domain, Anda juga dapat transfer domain. Ekstensi domain yang tersedia antara lain .ac.id, .co.id, .web.id, .sch.id, .or.id, .biz.id, .my.id.

Baca juga: review Dapur Hosting

Kelebihan Dracoola

Dengan beragam fasilitas yang dimilikinya, Dracoola menunjukkan beberapa kelebihan yang dimiliki.

Beberapa kelebihan di bawah ini akan dirasakan pelanggan ketikan menggunakan layanan jasa Dracoola.

1. Memiliki Support yang Sangat Memuaskan

Tidak banyak provider web host yang memiliki layanan dukungan atau support memuaskan bagi user. Namun tidak demikian dengan Dracoola. Dracoola memiliki support yang cepat dan efisien. Alih-alih memberikan link panduan, customer service melayani user dengan cermat dan detail. Bahkan, semua paket hosting didukung layanan emergency support 24/7.

2. Page Load Time Cukup Cepat

Dracoola termasuk web host yang servernya cukup cepat. Server yang cepat akan membuat pengunjung website Anda semakin nyaman saat berselancar. Sayangnya, kecepatan server Dracoola tidak diikuti dengan catatan Uptime memuaskan. Namun speed server yang relatif cepat ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Dracoola.

3. Migrasi Hosting Tidak Dikenakan Biaya

Layaknya sebagian besar penyedia web hosting di Indonesia, Dracoola Multimedia juga menawarkan migrasi hosting secara gratis alias tanpa biaya. Jadi, jika Anda sudah mempunyai hosting lain, Anda dapat beralih ke hosting Dracoola secara gratis. Bahkan, Dracoola mampu memindahkan data Anda dalam waktu relatif cepat.

4. Hosting yang Transparan

Dracoola merupakan hosting yang transparan dan mengutamakan kualitasnya. Tidak seperti hosting lain yang menebarkan harga dan fasilitas menggiurkan, Dracoola lebih memilih menjadi web host yang apa adanya tanpa meninggalkan kepuasan klien. Karakter Dracoola ini menjadi daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki hosting lain pada umumnya.

5. Harga Paket Hosting yang Fair

Hosting pada umumnya menerapkan selisih harga untuk pembelian dalam jangka waktu yang berbeda seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau setahun.

Tapi aturan ini tidak berlaku jika Anda menggunakan Dracoola. Harga yang diterapkan oleh Dracoola flat meskipun Anda membeli secara bulanan.

Lihat Dracoola Hosting Disini

Lihat juga: review Masterweb

Kekurangan Dracoola

Jika dikatakan layanan ini sempurna tentu tidak benar. Karena nyatanya masih ditemukan beberapa kekurangan dari Dracoola seperti di bawah ini.

1. Tidak Tersedia Gratis Domain

Kebanyakan web host memberikan layanan gratis domain untuk paket-paket tertentu. Sayangnya Dracoola tidak memberikan fitur gratis domain untuk paket apapun. Jadi, Anda perlu mengeluarkan budget khusus untuk domain. Namun perlu diketahui bahwa Dracoola memberi fitur unlimited subdomain, FTP, dan POP3 email untuk semua paket bahkan yang termurah.

2. Uptime yang Buruk

Uptime yang stabil rata-rata berkisar di angka 99.9%. Namun sayangnya hosting Dracoola memiliki catatan buruk untuk uptime. Uptime yang tidak stabil otomatis website sering down dan ini tentunya sangat mengganggu.

Meskipun memiliki server dengan kecepatan yang baik, namun uptime tidak stabil tetap menjadi poin minus.

3. Keterbatasan Sumber Daya pada Paket DAWN

Anda dapat memilih paket DAWN dengan harga terjangkau, yakni Rp10.000/bulan. Akan tetapi kapasitas storage yang tersedia sangat terbatas yaitu hanya 300 MB saja. Sedangkan limit bandwidth 30 GB.

Namun jika Anda pemula dalam mengelola personal web atau blog, maka pilihan paket ini bisa menjadi alternatif yang tidak terlalu bermasalah.

4. Garansi Hanya 14 Hari

Dracoola hanya memberikan garansi selama 14 hari saja. Lama garansi ini dirasa masih kurang panjang mengingat rata-rata web host memberikan garansi 30 hari. Hal ini patut menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda dalam memilih hosting untuk membangun website.

Dracoola memiliki pengalaman yang cukup panjang di dunia hosting. Namun pengalaman ini rupanya tidak menjamin kestabilan uptime. Meski begitu, kualitas support, kecepatan server, serta harga yang flat menjadi kelebihan bagi Dracoola. Sebaiknya Anda memperhatikan setiap faktor agar tidak salah dalam memilih hosting.