Review Jetdino Terbaru 2020

Salah satu provider web hosting yang memberikan berbagai layanan kepada masyarakat adalah Jetdino. Jetdino memiliki berbagai penawaran paket hosting menarik dengan harga yang bervariasi.

Anda dapat memilih paket hosting dengan spesifikasi dan harga yang paling sesuai berasarkan kebutuhan website building.

Jetdino mulai berdiri sejak tahu 2010. Ini artinya pengalaman di industri hosting kurang lebih sudah sekitar 10 tahun. Berkantor di Jakarta, Jetdino menyediakan paket dengan lokasi server di Indonesia dan USA.

Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut review lengkap tentang layanan Jetdino beserta kelebihan dan kekurangannya.

Paket Hosting Jetdino Beserta Harga

Jetdino menawarkan beberapa pilihan paket hosting yang bisa dipilih penggunanya dengan kisaran harga berbeda. hal ini tergantung pada jenis dan layanan yang akan didapatnya.

1. Paket Starter

Paket Personal Starting dari Jetdino bisa Anda dapatkan dengan biaya Rp25.000 per bulan.

Fitur yang tersedia antara lain 1 GB SSD storage, unmetered bandwidth, RAM 1 GB, 1 vCPU, 20 EP, unlimited email account, 2 addon domain, unlimited database, unlimited subdomain, gratis backup harian, dan control panel cPanel.

2. Paket Standard

Paket Standard dari Jetdino dapat Anda pesan dengan biaya sebesar Rp35.000 per bulan.

Fitur yang akan Anda peroleh antara lain 2 GB SSD storage, unmetered bandwidth, RAM 1 GB, 1 vCPU, 3 addon domain, unlimited email accounts, 20 EP, unlimited database, unlimited subdomain, gratis backup harian, no limit IOPS & IO, control panel cPanel.

3. Paket Professional

Paket Professional dibanderol dengan harga Rp40.000 per bulan.

Sedangkan fitur yang akan Anda peroleh antara lain 3 GB SSD storage, unmetered bandwidth, RAM 1 GB, 1 vCPU, unlimited email accounts, unlimited database, 5 addon domain, unlimited subdomain, 30 EP, gratis backup harian, cPanel, no limit IOPS & IO.

4. Paket Advanced

Paket Advanced bisa Anda peroleh dengan biaya Rp50.000 per bulan.

Fitur yang akan diterima antara lain 4 GB SSD storage, unmetered bandwidth, RAM 1 GB, 1 vCPU, unlimited email accounts, 10 addon domain, unlimited database, unlimited subdomain, gratis backup harian, 30 EP, no limit IOPS & IO, cPanel.

Untuk shared hosting, tersedia pula paket Enterprise dengan sumber daya yang lebih besar.

Ada 4 jenis paket Enterprise hosting yang ditawarkan. Paket Bronze seharga Rp72.000 per bulan, paket Silver seharga Rp132.000 per bulan, paket Gold seharga Rp180.000 per bulan, dan paket Platinum seharga Rp300.000 per bulan. Terdapat fitur gratis domain pada satu tahun pertama untuk semua paket.

Simak juga: daftar hosting terbaik Indonesia

Layanan Jetdino Lainnya

Jetdino memiliki jenis-jenis layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggannya. Dengan mendapat layanan ini, tentu kinerja website pengguna akan semakin meningkat.

1. VPS

Bagi Anda yang menginginkan fleksibilitas dalam mengelola Virtual Private Server, tersedia aket-paket VPS menarik dari Jetdino. Anda dapat memilih VPS OpenVZ, VPS KVM, maupun VPS Windows.

Untuk VPS OpenVZ dan Windows, tersedia server Indonesia dan USA. Sementara VPS KVM hanya tersedia server Indonesia saja.

2. Dedicated Server

Jetdino juga menyediakan layanan dedicated untuk memenuhi kebutuhan sumber daya yang lebih besar dengan akses penuh. Website Anda akan tetap stabil dan kinerjanya optimal seiring meningkatnya traffic.

Tersedia dedicated server dengan 4 tipe CPU, yaitu Intel i3-4130, Intel Xeon E3-1231v3, Intel Dual Xeon X5570, dan Intel Dual Xeon E5-2620v3.

3. Colocation Server

Bagi yang telah memiliki server sendiri, Anda dapat menempatkan server Anda di data center milik Jetdino.

Ada 6 macam pilihan paket yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, antara 1U, 2U, 4U, ¼ Rack, ½ Rack, bahkan Full Rack. Jetdino memiliki 5 lokasi datacenter yang bisa dipilih.

4. Reseller Hosting

Jetdino membuka peluang bagi Anda untuk bergabung di reseller hosting.

Ada 4 macam paket reseller hosting dengan server Indonesia dan USA. Keempat paket tersebut antara lain paket Starter seharga Rp150.000 per bulan, paket Standard seharga Rp375.000 per bulan, paket Professional seharga Rp600.000 per bulan, dan paket Advanced seharga Rp800.000 per bulan.

Simak: review Dhyhost

Kelebihan Jetdino

Banyak pengguna Jetdino yang memilihnya karena memiliki berbagai kelebihan. Di bawah ini adalah kelebihan jika menggunakan layanan jasa dari Jetdino.

1. Fitur Daily dan Weekly Backup dengan JetBackup

Salah satu faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih hosting adalah fitur backup yang ditawarkan.

Jetdino menyediakan fitur backup secara harian dan mingguan untuk semua paket hosting dengan teknologi JetBackup. Jadi, data website Anda akan dicadangkan oleh sistem setiap hari dan setiap minggu secara gratis bahkan untuk paket termurah sekalipun.

2. Menawarkan Harga Flat

Harga paket hosting baik unlimited maupun paket enterprise adalah flat. Artinya tidak ada selisih harga meskipun Anda memesan paket 1 bulan saja. Bahkan, jika berlangganan selama satu tahun, Anda memperoleh harga lebih hemat.

Perlu diketahui bahwa harga paket hosting untuk server Indonesia maupun USA berlaku sama.

3. Gratis Migrasi Hosting

Terkadang Anda merasa tidak puas dengan layanan hosting yang saat ini sedang digunakan dan memutuskan ingin memindahkan website ke hosting yang lain.

Jetdino menggratiskan biaya migrasi hosting untuk penggunanya. Sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan jika ingin transfer hosting ke Jetdino.

4. Tersedia Langganan Paket Bulanan

Jetdino memberikan Anda pilihan untuk berlangganan paket hosting mereka dalam 1 bulan, 3 bulan 6 bulan, atau 1 tahun.

Jika masih dalam tahap uji coba performa server Jetdino, Anda dapat mengambil paket 1 bulan dengan harga flat. Sementara beberapa hosting tertentu hanya memberikan pilihan berlangganan minimal satu tahun.

Baca: review e-Padi

Kekurangan Jetdino

Jetdino nyatanya masih memiliki kekurangan yang harus lebih ditingkatkan lagi atau diperbaiki.

Kekurangan di bawah ini akan ditemui penggunanya ketika mereka menggunakan jasa Jetdino.

1. Tidak Ada Garansi

Yang sangat disayangkan, Jetdino tidak memberikan garansi sama sekali kepada penggunanya. Hal ini tentu menjadi kekurangan Jetdino yang perlu diperhatikan.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat memilih paket 1 bulan agar tidak terlalu kecewa jika kualitas yang diberikan ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi.

2. Tidak Ada Free Domain untuk Paket Personal Hosting

Kekurangan lainnya Jetdino tidak menyediakan fitur gratis domain untuk semua paket Personal Hosting.

Untuk mendapatkan domain, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra atau memilih paket Enterprise. Fitur gratis domain di paket Enterprise pun hanya berlaku untuk 1 tahun pertama saja.

3. Tidak Tersedia Paket dengan Unlimited Storage

Jetdino tidak memiliki penawaran paket dengan fitur unlimited storage. Semua paket hosting baik tipe Personal maupun Enterprise sekalipun memiliki batas storage maksimal.

Untuk paket Personal, storage maksimalnya adalah 4 GB. Sedangkan penyimpanan maksimal untuk paket Enterprise yaitu 60 GB saja.

Lihat juga: review Hostnic

Berbekal pengalaman selama kurang lebih 10 tahun, Jetdino menawarkan berbagai macam paket hosting dengan harga relatif terjangkau. Jetdino menjadi salah satu provider hosting yang dapat Anda pertimbangkan. Berbagai penawaran baik paket hosting, VPS, dedicated, colocation, hingga reseller hosting memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.