6 Aplikasi Burning CD di Laptop/PC untuk Memindahkan Data

Menonton film atau sebuah video yang menarik bisa menjadi salah satu hobi bagi seseorang. Hal ini sudah tak asing lagi terutama di kalangan anak muda. Banyak orang yang melakukan banyak hal untuk bisa melakukan hobi ini. Salah satunya ialah dengan memindahkan atau melakukan burning video tersebut pada sebuah perangkat.

Untuk bisa memindahkannya Anda perlu menggunakan CD yang dapat diisi dengan menggunakan PC atau laptop. Dengan melakukan proses pemindahan video tersebut maka Anda bisa memutarnya melalui laptop atau alat pemutar CD atau DVD. Hal ini akan lebih mudah dan hemat dibandingkan harus menonton secara langsung.

Aplikasi Burning Cd

Proses burning yang dimaksud bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi khusus yang dipasang pada perangkat laptop maupun PC. Aplikasi burning CD di laptop / PC bisa dipasang pada perangkat tersebut untuk kemudian melakukan proses pemindahan data. Aplikasi tersebut dapat membantu Anda untuk mengefektifkan hobi tersebut.

Terdapat cukup banyak jenis aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melakukan proses burning. Dengan begitu daftar film atau video favorit Anda bisa dipindahkan ke dalam CD dan kemudian dapat diputar berulang-ulang. Selain itu, beberapa kebutuhan khususnya untuk pekerjaan juga dapat dibantu dengan adanya aplikasi tersebut.

Anda bisa memilih salah satu aplikasi berikut ini untuk melakukan proses burning.

1. BurnAware

Aplikasi burning CD di laptop / PC yang pertama ini merupakan aplikasi gratis yang cukup populer. Didalamnya terdapat menu konteks yang diintegrasikan pada file explorer. Untuk bisa menjalankannya Anda harus menjadi admin terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa mencontreng pilihan fitur atau opsi integrasi.

Di dalamnya terdapat 4 pilihan yang ada pada menu konteks jika anda klik kanan pada file tersebut. Pilihannya terdiri dari membuat data disc, membuat ISO, pilihan untuk menambahkan file pada kompilasi ISO serta pada disc. Pilihan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam proses burning.

Aplikasi tersebut terdiri dari 3 versi yaitu Free, Premium dan Pro. Sebagian besar aktivitas untuk proses burning ini menggunakan versi Free. Contohnya Anda bisa melakukan proses menyalin konten dari DVD ke DVD lainnya. Untuk mengunduh aplikasi burning CD di laptop/PC ini klik tautan berikut.

Simak juga: 9 Aplikasi Gudang di Laptop / PC Banyak Fitur Tambahan Menarik

2. PowerISO

Aplikasi yang satu ini terbilang masih baru karena diluncurkan pada tahun 2018 lalu. Akan tetapi, sejak pertama peluncurannya aplikasi tersebut sudah menjadi favorit untuk digunakan sebagai media melakukan burning. Fitur yang ada di dalamnya sangat beragam sehingga banyak orang yang menggunakannya.

Salah satu kemampuan yang cukup menonjol dari aplikasi ini ialah melakukan proses burning berupa file gambar yang memiliki format NRG, BIN, ISO, atau DAA. Dengan menggunakan aplikasi burning CD di laptop/PC ini Anda bisa melakukan proses ekstrak file ISO dengan sangat mudah. Terlebih hal tersebut cukup banyak dilakukan dalam proses burning.

Dengan menggunakan versi free Anda juga sudah dapat melakukan beberapa proses burning yang cukup lengkap. Itulah mengapa aplikasi ini sering dijadikan aplikasi favorit oleh para penggunanya. Untuk bisa mengunduh aplikasinya Anda bisa klik disini. Setelah itu Anda bisa melakukan proses burning dengan lebih mudah dan lancar.

3. Nero Burning ROM

Aplikasi ini juga tak kalah populernya dengan beberapa aplikasi sebelumnya. Para pengguna sistem operasi Windows tentunya sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Hampir setiap sistem operasi Windows menggunakan aplikasi Nero burning ROM untuk melakukan proses burning menggunakan perangkat laptop maupun PC.

Aplikasi burning CD di laptop/PC ini Anda dapat melakukan proses burning dengan lebih mudah menggunakan dua versi yaitu free download secara gratis dan premium. Untuk menggunakan versi premium Anda dapat menjalankan beberapa fitur seperti rapper, konversi, manager media, burner, maupun back up data dan rescue.

Namun meskipun Anda ingin menggunakan versi yang lebih gratis Anda tetap bisa menikmati beberapa fitur yang cukup lengkap didalamnya. Untuk dapat menikmati setiap fitur di dalamnya melakukan proses pengunduhan melalui sumber ini. Setelah itu, Anda dapat melakukan proses burning untuk data yang Anda butuhkan.

Mungkin anda menyukai ini: 10 Aplikasi Cetak Foto Di Laptop/PC Dengan Berbagai Format

4. Ashampoo Burning Studio

Aplikasi burning CD di laptop/PC yang satu ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Di dalamnya terdapat berbagai fitur yang membuat aplikasi tersebut bersifat fleksibel. Fleksibel yang dimaksud terletak pada segi teknisnya yang sudah melalui proses pengujian yang cukup panjang. Hal ini dapat menjamin kestabilan dan kualitas data.

Anda dapat melakukan beberapa aktivitas burning yang cukup sering dilakukan misalnya burning file berupa audio musik, video, hingga melakukan format terhadap file ISO. Selain itu, Anda juga bisa melakukan backup file jika ditemukan kelebihan pada kapasitas sebuah CD. Hasil dari proses backup tersebut dapat dikompresi.

Anda juga bisa memperoleh proses enkripsi yang sudah dilindungi menggunakan kata sandi untuk dapat mengaksesnya. Beberapa kelebihan dan fitur tersebut dapat Anda peroleh dengan segera mengunduh aplikasinya melalui link ini. Proses backup dan burning data bisa dilakukan dengan lebih lancar dan teratur.

5. ImgBurn

Aplikasi burning CD di laptop/PC yang satu ini memiliki tampilan yang sangat friendly dan unik sehingga membuat setiap penggunanya merasa lebih nyaman. Setiap pengguna dapat memahami setiap fitur dan menunya dengan lebih baik. Menariknya aplikasi tersebut memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak memakan kapasitas memori terlalu besar.

Proses instalasinya juga dapat dilakukan dengan lebih cepat. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa memperoleh file dengan banyak format yang biasa diperlukan. Mode yang digunakan di dalamnya pun sangat beragam dengan memiliki fungsi masing-masing. Mobil tersebut terdiri dari read, build, write, verify dan discovery.

Setiap mode tersebut tentunya memiliki fungsi utama untuk membuat format dan proses burning menjadi lebih mudah. Hal ini tentunya dapat membantu Anda untuk menghasilkan file burning yang lebih berkualitas. Untuk mendapatkan aplikasinya Anda dapat mengunduhnya disini. Dapatkan informasi serta fitur terbaiknya.

6. CDBurnerXP

CDBurnerXP termasuk aplikasi burning CD di laptop/PC yang dibuat langsung oleh perusahaan ternama dari perangkat lunak Windows XP. Untuk menjalankannya Anda bisa menggunakan sistem operasi Windows mulai dari versi 7 hingga versi 10. Fitur di dalamnya cukup lengkap sehingga dapat diandalkan untuk melakukan proses burning.

Anda bisa melakukan proses burning untuk media lain seperti DVD, HD-DVD serta file blue-ray. Aplikasi ini tersedia secara gratis alias tidak berbayar. Menariknya lagi Anda bisa menggunakan fitur konversi file gambar dari nrg/bin menjadi ISO. Dengan begitu, hasilnya bisa sesuai dengan kebutuhan baik untuk pekerjaan maupun sekedar hobi. Unduh aplikasi tersebut pada sumber ini.

Baca juga: 5 Aplikasi Akuntansi Di Laptop/PC yang Direkomendasikan Banyak Perusahaan Besar

Itulah beberapa aplikasi burning CD di laptop/PC yang dapat Anda akses. Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda dapat melakukan proses pemindahan data yang Anda butuhkan. Berbagai kebutuhan dapat terpenuhi dengan menggunakan aplikasi ini. Pastikan perangkat Anda memadai untuk bisa memasangnya.