5 Aplikasi Akuntansi Di Laptop/PC yang Direkomendasikan Banyak Perusahaan Besar

Mengelola perusahaan tentu bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai hal yang wajib diurus seapik mungkin agar tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Salah satu hal penting yang harus dimanajemen dengan teliti adalah masalah keuangan. Setiap transaksi keuangan baik internal maupun eksternal yang berhubungan dengan perusahaan harus dicatat sedetail mungkin sebagai salah satu proses administrasi perusahaan.

Aplikasi Akuntansi

Seluruh perusahaan dalam bidang apapun baik perusahaan berskala kecil maupun perusahaan berskala besar harus melakukan proses administrasi ini agar setiap perkembangan finansial perusahaan bisa diketahui. Proses pencatatan yang dilakukan juga bisa disesuaikan dengan berapa banyak transaksi yang dimiliki.

Jika transaksi perusahaan Anda masih sedikit, maka pencatatan yang dilakukan secara manual juga sudah mencukupi. Namun jika transaksi keuangan yang ada cukup banyak, maka sebaiknya Anda menggunakan aplikasi akuntansi di laptop/PC yang Anda gunakan.

Penggunaan aplikasi ini juga sudah bisa Anda lakukan meski perusahaan Anda masih berskala kecil atau memiliki transaksi yang sedikit. Aplikasi keuangan ini akan membantu Anda untuk menyimpan berbagai data transaksi dengan rapi dan mempermudah penyusunan laporan keuangan.

Ada berbagai aplikasi yang direkomendasikan untuk membantu pencatatan transaksi keuangan Anda. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya :

1. Accurate

Aplikasi keuangan pertama yang banyak direkomendasikan adalah accurate. Aplikasi keuangan yang satu ini cocok digunakan untuk berbagai bidang perusahaan karena memiliki fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Software aplikasi akuntansi di laptop/PC ini diluncurkan oleh CPSoft yang telah dikenal dengan kualitasnya yang tinggi. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur pendukung seperti penjualan, pembelian, buku besar, persediaan, aktiva tetap, kas/bank, hingga job costing dan RMA (return merchandise authorization).

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa meng-install aplikasi accurate disini.

Simak juga: 13 Aplikasi Edit Video PC Dan Laptop Terbaik

2. Bee Accounting

Selain accurate, aplikasi keuangan lain yang juga banyak digunakan di perusahaan-perusahaan besar adalah bee accounting. Aplikasi keuangan ini dinilai memiliki berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan termasuk untuk mempersiapkan kebutuhan perpajakan.

Menariknya, aplikasi bee accounting ini juga memiliki beberapa versi seperti versi desktop dan cloud yang bisa mempermudah para penggunanya untuk mengakses aplikasi menggunakan berbagai perangkat. Fitur yang disediakan dalam aplikasi ini sebenarnya serupa dengan aplikasi keuangan lainnya.

Namun aplikasi akuntansi di laptop/PC ini memiliki berbagai manfaat yang sangat lengkap mulai dari tersedianya berbagai desain formulir transaksi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan hingga tersajinya laporan keuangan dan perpajakan yang mudah dipahami.

Untuk memiliki aplikasi akuntansi nomor 2 di Indonesia ini, Anda bisa menginstall aplikasi disini.

3. Acosys

Aplikasi keuangan selanjutnya yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merapikan administrasi keuangan adalah acosys. Aplikasi besutan PT. Acosys Global Data ini dikenal memiliki berbagai fitur canggih yang bisa mempermudah proses administrasi.

Mulai dari persediaan barang, arus kas, hingga laporan keuangan bisa Anda dapatkan melalui aplikasi akuntansi di laptop/PC ini. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga dikenal memiliki call center yang fast respon menggunakan fitur live chat sehingga berbagai permasalahan bisa diselesaikan dengan cepat.

Untuk menggunakan aplikasi serba canggih ini, Anda bisa mengunduh dan membaca informasi lebih lanjutnya disini.

4. AbiPro

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi keuangan yang berkualitas tinggi, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi AbiPro. AbiPro sendiri merupakan aplikasi keuangan yang telah diluncurkan hampir 35 tahun yaitu sejak tahun 1985.

AbiPro dikenal sebagai aplikasi keuangan yang memiliki fitur lengkap mulai dari buku besar, persediaan, pembelian, penjualan, hingga utang piutang. Anda juga bisa melihat tampilan laporan keuangan yang lengkap sehingga laporan keuangan perusahaan Anda bisa digunakan dengan sempurna.

Untuk menggunakan aplikasi karya sarjana akuntansi ini, Anda bisa mengunduhnya disini.

5. FINA

Satu lagi aplikasi akuntansi di laptop/PC yang banyak direkomendasikan perusahaan besar, FINA. FINA merupakan aplikasi keuangan besutan perusahaan developer aplikasi ternama yang bertempat di Jakarta yaitu Immatek.

Perusahan yang didirikan sejak tahun 2006 ini berhasil membuat aplikasi keuangan yang mampu memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini diantaranya fitur pembelian, penjualan, persediaan, buku besar, kas bank hingga aktiva tetap.

Dengan fitur yang dimiliki oleh aplikasi akuntansi di laptop/PC ini, Anda akan mendapatkan laporan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Download aplikasi disini untuk mengetahui infornasi lebih jauh.

Baca juga: Cara Screenshot di Laptop dan PC Lengkap

Itulah beberapa aplikasi akuntansi yang paling banyak direkomendasikan perusahaan besar bagi Anda yang ingin segera merapikan laporan keuangan perusahaan Anda. Untuk mendapatkan laporan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda harus melakukan beberapa pertimbangan sebelum memilih aplikasi yang akan digunakan. Pertimbangan-pertimbangan tersebut diantaranya :

Fitur yang Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang wajib dipertimbangkan saat memilih aplikasi akuntansi di laptop/PC adalah fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Pastikan Anda memilih aplikasi dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Jika Anda tidak memilih aplikasi keuangan berdasarkan fitur yang dibutuhkan, maka hal ini bisa membuat laporan keuangan yang dihasiljan tidak efektif. Meski fitur yang disediakan terbatas, namun jika fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan maka hal ini tetap bisa membuat perusahaan Anda memiliki catatan finansial yang lebih rapi.

Aplikasi Mudah Digunakan

Hal selanjutnya yang wajib dipertimbangkan saat memilih aplikasi keuangan adalah kemudahan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Banyak perusahaan yang menyampaikan bahwa aplikasi akuntansi di laptop/PC yang memiliki fitur yang lengkap belum tentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut karena fitur tersebut belum tentu bisa digunakan.

Banyaknya perusahaan yang kurang begitu mengerti mengenai penggunaan berbagai fitur dalam aplikasi membuat aplikasi sebaik apapun tidak bisa digunakan dalam perusahaan jika tidak memiliki fitur user friendly. Pastikan Anda memilih aplikasi dengan cara penggunaan yang sederhana dan mudah dimengerti agar setiap aktivitas pencatatan keuangan perusahaan Anda bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Anda bisa berkonsultasi dengan developer dari aplikasi tersebut untuk mendapatkan pelatihan dan penjelasan lebih lanjut sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi akuntansi di laptop/PC tersebut.

Mungkin anda juga membutuhkan ini: Cara Merawat Komputer Dengan Benar Agar Awet

Pertimbangkan Kebutuhan Perusahaan

Saat Anda mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi keuangan dalam perusahaan Anda maka Anda harus mempertimbangkan kebutuhan perusahaan Anda. pertimbangkan terlebih dahulu apakah kemampuan tim Anda bisa sesuai dengan fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut serta kesesuaian aplikasi tersebut dengan jenis perusahaan Anda.

Pastikan Anda memang benar-benar membutuhkan aplikasi keuangan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi tertentu. Berdiskusilah dengan seluruh team yang Anda miliki untuk memilih aplikasi yang akan digunakan agar aplikasi tersebut bisa memenuhi setiap kebutuhan yang dimiliki perusahaan. Setelah berdiskusi dengan seluruh team, Anda bisa mengetahui kebutuhan dari perusahaan yang Anda miliki.

Mempertimbangkan berbagai hal sebelum memilih aplikasi akuntansi di laptop/PC akan memberikan pengaruh yang baik bagi perusahaan. Pencatatan keuangan yang didukung oleh aplikasi keuangan yang tepat akan membuat membuat perusahaan Anda berjalan dengan lebih baik.